Cara Mendapatkan Uang dari Blog Kita


Seorang blogger tentunya akan merasa belum lengkap jika sehari-harinya belum menulis sesuatu yang dirasakan lewat pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain yang dilihat atau disaksikan sendiri. Lewat blog, rasanya hati ini akan plong jika sudah menulis sesuatu, terlepas apakah tulisannya bagus menurut SEO atau tidak, yang penting bisa berdampak buat dirinya ataupun bisa bermanfaat buat blogger atau pembaca lainnya.

Tentunya sependapat bahwa seorang blogger sejati, tujuan awal menulis di blog adalah untuk menyalurkan hobinya mengungkapkan sejuta perasaan, baik perasaan suka, galau, biasa-biasa saja dan aneka ungkapan lainnya yang bisa di ekspresikan lewat kata-kata. Seiring dengan perkembangan waktu, ditambah sahabat blogger lainnya banyak yang berkunjung ke blog kita dikarenakan pengalaman yang disharing lewat blog kita, maka tidak sedikit dari blogger tersebut memanfaatkan media blognya untuk mendapatkan penghasilan. Orang sastra bilang, sambil nyelam minum air, atau meminjam istilah master blogger yang telah sukses “ngeblog dapat duit”.

Memang, tidak sedikit pula para blogger yang mempertahankan blognya hanya sebagai media curahan hati mereka tanpa dipasang kail untuk mendapatkan penghasilan dari blognya. Namun, menghasilkan uang dari blog dewasa ini bukanlah merupakan rahasia lagi, terbukti tiap tahun, pemilik blog terutama yang bertemakan bisnis online semakin bejubel saja. Ini membuktikan bahwa membuat blog sebagai ladang penghasilan untuk mendapatkan uang, sudah banyak dilirik oleh berbagai golongan.

Ada banyak  cara mendapatkan uang dari blog kita, baik dari cara yang mudah, yang sedang-sedang saja maupun yang cara sulit sekalipun. Pokoknya semua tersedia dengan beraneka warna, hanya kita saja yang mesti panda-pandai memilihnya sesuai dengan bakat dan kemampuan kita.  Oh ya, salah satu kunci kesuksesan dalam mendapatkan uang dari blog kita adalah fokuslah hanya pada satu jenis bisnis saja. Barulah jika bisnis tersebut sudah besar atau malah sebaliknya dari tahun ke tahun penghasilannya kurang memuasakan, maka kita boleh merintis usaha lain yang prospeknya  lebih bagus dan tentu saja menjanjikan. Fokus ini penting, karena seringkali blogger selalu mendapatkan berbagai godaan di tengah  jalan untuk mengganti dengan bisnis lainnya karena seringkali melihat iklan-iklan atau pengalaman blogger lain yang menggiurkan.

Salah satu cara untuk mendapatkan uang dari blog yang kita buat, yang menurut Saya paling mudah adalah bergabung dengan program PPC sebagai publisher iklan. Melalui PPC ini, kita mesti memberi ruang/space di blog kita untuk menyimpan script iklan. Iklan-iklan yang muncul di blog kita, baik dalam bentuk banner ataupun teks, jika mendapatkan klik pengunjung, maka kita berhak mendapat bayaran perklik sesuai harga dari pihak PPC tersebut. Memang kecil bayarannya, namun apabila pengunjung blog kita buanyak dan jumlah kliknya juga banyak, otomatis akan menambah saldo di akun PPC kita. Jadi resepnya, sukses dalam bisnis PPC ini adalah harus pintar-pintar menarik pengunjung alias traffik.

Banyak sekali program PPC, baik PPC lokal maupun luar yang telah terbukti memberikan bayarannya kepada blogger, dan banyak pula blogger yang telah berhasil dan mengandalkan bisnis PPC ini sebagai ladang penghasil uang dari blognya. Kita tinggal pilih-pilih saja sesuai selera kita, mau yang biasa-biasa yang sedikit persyaratannya atau mau yang sedang-sedang saja atau mau yang lebih menantang sekelas Google Adsense. Ya, sesuaikanlah dengan kondisi blog kita, oke ?


Sebagai pengalaman saja, saat ini Saya baru memilih 2 bisnis PPC asli Indonesia, yaitu Adsense Camp dan Klik Saya. Silahkan dikliknya kalau mau daftar. Dan juga Saya sedang mempersiapkan blog untuk didaftarkan Google Adsense. Mudah-mudahan bisa diterima sehingga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari blog kita.



Back To Top