Pengertian Gaji ke 13


Pengertian Gaji ke 13 - Bagi Pegawai Negeri Sipil alias PNS, mungkin nggak usah lagi nyari-nyari browsing di internet tentang pengertian gaji ke 13. Mereka sudah pada tahu dan faham betul apa itu gaji ke 13 serta seluk beluknya. Soalnya, mereka PNS juga biasanya selalu menantikan kehadiran si gaji ke 13 ini. Nah, kita yang sama sekali bukan golongan PNS, mungkin juga ada yang belum tahu, apa sih sebetulnya gaji ke 13 itu ?

Menurut pemahaman Saya sebagai wong cilik dan jarang bergaul sama PNS, yang namanya gaji ke 13 adalah gaji PNS yang dibayarkan pada bulan ke 13. Lho, kan jumlah bulan setahun cuman 12, kok tega-teganya ngarang atau nambahin bulan jadi 13 setahun ? Yah, sebetulnya sih yang namanya gaji ke 13 itu cuman istilah saja.

Biasanya kan pemerintah ngasih gaji ke PNS itu 12 kali setahun. Nah, karena ada kebijakan baru dari sononya, maka pemerintah saking sayangnya ke para pekerjanya, maka ngasih gajinya menjadi 13 kali dalam setahun.  Nah, dari situlah timbul istilah gaji ke 13.

Di perusahaan swasta sebetulnya ada juga gaji ke 13, cuma mungkin istilahnya bukan gaji ke 13, tapi THR. Cuma mungkin besarannya akan berbeda tiap perusahaan, tergantung kebijakan masing-masing perusahaan. Ada yang setengah dari gaji, ada juga yang full.

THR sendiri kan biasanya dikasihkan menjelang hari raya, nah kalau gaji ke 13, ya tergantung pemerintah sih, kan mereka yang nentuinnya. Orang PNS sih pasti tahu dan bisa menduga kapan gaji ke 13 itu akan cair.

Lalu apa dampak adanya pembagian gaji ke 13 ? Wah, banyak sekali. Bagi PNS tentu saja ini merupakan bentuk perhatian pemerintah atas kesejahteraan mereka.  Bagi negara, jelas biaya APBN akan semakin membengkak untuk mencukupi kebutuhan gaji bonus ini.

Bagi kita orang awam, nggak masalah sih pemerintah mau ngasih gaji ke 13, ke 14, dan seterusnya. Yang penting, para PNS itu harus selalu ingat, bahwa gaji yang dibayarkan buat mereka dikumpulkan dari pajak kita sebagai warga negara yang taat. Oleh karenanya, selayaknya PNS bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai dengan tugasnya masing-masing terutama dalam melayani masyarakat.

Jika Anda seorang guru PNS, maka dermakanlah ilmu yang ada untuk kemjauan anak didiknya yang cerdas taqwa dan terampil. Jika Anda bekerja sebagai peneliti PNS di BUMN, maka gunakanlah ilmu yang dikuasai untuk membuat produk-produk yang sangat berguna bagi masyarakat.

Maka, jika seluruh PNS berjuang untuk kepentingan negara dan masyarakat, maka Kami orang awam pun tidak mempermasalahkan pemberian gaji ke 13 tersebut. Bahkan kalau mau, silahkan usul untuk mengadakan gaji ke 14 dan seterusnya.

Akhirnya, buat PNS, selamat menikmati gaji ke 13. Dan buat pebisnis online, jangan nunggu gaji ke 13, terlalu lama, mendingan menikmati gaji harian Anda tiap hari. Mantap kan ? Makanya, buat rekan sesama blogger, jangan berkecil hati jika Anda tidak ditakdirkan menjadi seorang PNS, toh gaji blogger bisa ngalahin gaji PNS golongan I sekalipun, he... Nggak percaya ? Silahkan googling saja sendiri, yang sudah menghasilkan puluhan hingga ratusan juta pun ada. Bahkan yang sudah bisa menghasilkan 1 milyar pun sebulan, ada tuh orang Indonesia. Mau tahu, silahkan cari tahu tentang Adryan Fitra di Google.

Artikel lainnya yang sering dibaca :
- pengertian gaji 14
- jumlah gaji 13
- apa itu gaji 14
- berapa gaji 13 pns
- apa yang dimaksud gaji 13.dan 14
- komponen gaji ke 13
- besaran gaji 13
- jumlah gaji 13 pns



Back To Top