Cara Membuat File .htacces Pada Spanel


Beberapa hari ke belakang, Saya membeli domain dan hosting di Masterweb. Ketika menginstal wordpress dengan menggunakan Spanel, segalanya berjalan lancar. Namun ketika Saya melakukan pengaturan permalink, muncul beberapa hal yang Saya juga belum tahu solusinya yakni harus mengedit file bernama .htaccess di tempat hosting menyimpan file. Salah satu ke-erroran yang terjadi pada web Saya adalah munculnya Not Found error 404, pada halaman url yang akan dikunjungi, namun  halaman beranda dari web Saya, tetap bisa dikunjungi.

Saat Saya memilih permalink defaultnya, error ini tidak terjadi, cuman sayangnya, alamat dari sebuah artikel jadi tidak ramah seo, bukan url yang mengandung kata-kata pada judul artikel. Namun ketika Saya pilih pengaturan permalink lainnya, akan muncul pesan bahwa Saya harus mengedit atau membuat file .htaccess.

Kalau Anda baru bermain wordpress, mungkin bingung dengan masalah ini, tapi jangan panik, solusinya sangat gampang.  Cuma mesti diperhatikan, karena Saya pakai hosting dengan Spanel, maka tentu panduannya berbeda dengan Cpanel, namun tetap intinya sama.











Langkah 1
Buka Notepad di komputer Anda. Biasanya kalau Anda melakukan setting permalink non default, ada kode-kode dibawahnya yang biasanya muncul. Copy semua kode tersebut lalu paste di halaman notepad tadi. Save dengan nama file .htaccess.txt dan pilih mode ASCI.  Jangan lupa letak alamat folder atau directory peyimpanannya.

Langkah 2
Rubah file .htaccess.txt tadi menjadi file .htaccess. Caranya, buka operasi DOS. Pada  Star, pilih Run dan ketikkan CMD. Setelah terbuka Command Prompt,  cari directory atau drive tempat file .htaccess.txt tadi disimpan. Bisa ditest dengan mengetik dir. Jika ada, ketikan :  ren htaccess.txt .htaccess lalu enter. Silahkan Anda lihat file tadi di drive tempat Anda menyimpanya tadi, maka dia sudah berubah menjadi .htaccess.

Langkah 3
Upload file tersebut di Spanel Anda. Caranya setelah login, pilih File, Kelola File, folder sites/,  folder www.domainAnda.com, folder www/. Nah, setelah itu, silahkan pilih lagi File dan pilih Upload file. Selajutnya pilih file .htaccess tadi dari drive tempat Anda menyimpan dari komputer. Lalu upload dan selesai.

Silahkan Anda coba mengunjungi link dari url artikel Anda, pasti tak akan error lagi.

Tag : Blogging
Back To Top