Cara dan Tips Mudah Membuat Buang Air Besar (BAB) Lancar Setiap Hari


Buang air besar atau bab lancar tentunya akan menjadikan tubuh kita sehat karena semua sisa-sisa proses pencernaan maupun metabolisme tubuh yang tidak berguna bisa langsung terbuang. Oleh karena itu diusahakan untuk selalu membuang air besar setiap hari sekali atau dua hari sekali. Jika kita lancar buang air besar secara rutin maka proses bab pun akan mudah tanpa disertai dengan mengejan yang terlalu keras, tanpa rasa sakit dan tanpa ada bercak darah. Sebaliknya, buang air besar tidak lancar ini disebabkan karena kurangnya cairan sehingga kontraksi usus besar menjadi lemah. Tentunya selain cara bab lancar yang akan dijelaskan nanti, bagi Anda yang kebetulan punya gangguan buang air besar, bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi beberapa makanan atau obat tradisional untuk susah buang air besar seperti yang telah diposting pada Blog Acak Kadut ini kemaren.


Cara dan Tips Mudah Membuat Buang Air Besar (BAB) Lancar Setiap Hari


Cara buang air besar lancar seharusnya diketahui dengan segera agar kita khususnya yang punya masalah ini bisa segera mengatasinya sehingga tidak menimbulkan penyakit lain seperti kanker usus dan juga wasir. Agar lancar bab, selain dengan mengkonsumsi makanan atau ramuan tertentu, alangkah baiknya sodara ikuti beberapa tips bab lancar di bawah ini :
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan dan sayuran, detailnya bisa Anda lihat disini
  • Mengimbangi mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein seperti susu, ikan dan daging dengan makanan yang banyak mengandung serat. Jika saudara terlalu banyak makan yang mengandung protein hewani, sementara asupan sertanya sedikit, maka siap-siap saudara akan mengalami gejala susah buang air besar.
  • Minum air putih dengan cukup minimal 1,5 liter sehari. Untuk anak kita, orang tualah yang harus sering mengingatkan atau langsung memberi air minum kepada mereka, karena biasanya minum selalu terlupakan apalagi disaat mereka sibuk main. Inilah yang sedang dialami oleh anak Saya. Saya kira minum air putih merupakan cara lancar buang air besar paling mudah dan murah.
  • Hindari minuman dingin dan es krim yang berlebihan karena bisa mengkerutkan usus dan membuat sulit berkontraksi.
  • Sering beraktivitas dan jangan terlalu banyak duduk, bisa dengan cara olahraga rutin jalan santai, lari marathon, renang, pokoknya kegiatan yang bisa membuat isi perut tidak diam. Dan salah satu tips bab lancar yang paling menyenangkan adalah jalan-jalan sambil menikmati pemandangan. Bisa juga kan, yang penting kan ada aktifitas gerak badan. 
  • Tips lancar buang air berikutnya adalah tidak terlalu banyak meminum minuman yang mengandung alkohol dan kafein seperti kopi, teh dan lainnya. Kok bisa ? Bagaimana kaitannya ? Karena miniman beralkohol dan kafein akan membuat kita sering buang air kecil, sehingga fases pada usus besar menjadi kering karena airnya sudah banyak keluar lewar air seni.
  • Cara lancar bab selanjutnya adalah menerapkan pola atau waktu bab yang rutin. Jika sodara buang air besar waktu malam hari sebelum tidur, biasakanlah pada jam tersebut sehingga menjadi kebiasaan.
Itulah beberapa cara mudah membuat bab lancar agar buang air besar menjadi lancar dan rutin setiap hari. Seandainya artikel ini bermanfaat, tolong dishare ya.


Tag : Kesehatan
Back To Top