Lambang Koperasi Indonesia yang Baru Beserta Artinya


Saya mengenal koperasi itu ketika SD pas pelajaran IPS, kelasnya lupa lagi, namun kalau tidak salah waktu kelas 5. Sampai-sampai lambang dan artinya sempet hafal, tapi waktu itu. Kalau sekarang ditanya, wah mendingan ngumpet di dalam karung.

Namun biar Anda tidak penasaran, Saya mau perlihatkan bagaimana gambar lambang Koperasi Indonesia yang terbaru beserta artinya atau maknanya, tentu saja dengan keterangannya atau penjelasannya dan juga pengertiannya.


Lambang Koperasi Indonesia yang Baru

Lambang baru Koperasi Indonesia


Arti atau makna/pengertian dari gambar lambang Koperasi Indonesia yang terbaru 

Lambang koperasi Indonesia yang baru berupa :

  • Lambang bunga, menciptakan kesan berupa harus adanya perkembangan, kecemerlangan, variatif, berwawasan luas, produktif, serta inovatif untuk kemajuan yang berarti terhadap dunia perkoperasian di Indonesia serta selalu berwawasan dan berorientasi terhadap keunggulan dan teknologi.
  • Lambang berupa bentuk gambar 4 sudut yang menandakan arah mata angin memiliki maksud bahwa Koperasi Indonesia merupakan badan penyalur aspirasi, sebagai penggerak dasar ekonomi nasional kerakyatan, sebagai penjunjung nilai kebersamaan, keadilan, kemandirian, dan juga demokrasi dan selalu berpandangan dan menuju pada keunggulan dalam hal persaingan global.
  • Teks Koperasi Indonesia memberikan kesan kedinamisan dan kemodernan, menyiratkan kemajuan lembaga koperasi untuk terus berkembang dan mengikuti perkembangan zaman yang berlandaskan pada pendayagunaan sistem perekonomian yang bersemangat juang tinggi. Peletakan teks Koperasi Indonesia yang sejajar rapi dan berkesinambungan memiliki arti adanya ikatan yang kokoh, baik itu pada lingkungan internal koperasi atau pun antara Koperasi Indonesia dengan para anggotanya.
  • Warna pastel memberikan kesan berwibawa dan bersahaja serta menggambarkan adanya sebuah keinginan, ketabahan, serta kemauan yang kuat terhadap peningkatan rasa percaya diri dan kebanggaan yang tinggi terhadap para pelaku aktivitas ekonomi yang lainnya.
Itulah gambar dan arti lambang Koperasi Indonesia yang baru yang berlaku sejak tahun 2012 yang Saya ambil referensinya dari website bangkudepan.com.

Sekarang kita bandingkan dengan lambang Koperasi Indonesia yang lama. Begini lambangnya :




Lambang koperasi Indonesia yang lama berupa :
  • Rantai yang melambangkan kokohnya persahabatan. Semua anggota saling terikat dan bersahabat dengan erat untuk menggapai tujuan bersama yaitu kemakmuran bagi seluruh anggota koperasi.
  • Roda bergigi menggambarkan upaya keras yang ditempuh secara terus menerus seperti roda yang berputar tidak kenal lelah walaupun kadang di bawah kadang di atas.
  • Kapas dan Padi menggambarkan kemakmuran rakyat yang di usahakan oleh koperasi.
  • Timbangan melambangkan keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi
  • Bintang dalam perisai artinya Pancasila sebagai landasan idiil koperasi.
  • Pohon beringin menggambarkan sifat kemasyarakatan dan kepribadian masyarakat Indonesia yang kokoh dan berakar.
  • Teks "Koperasi Indonesia" menandakan lambang kepribadian koperasi rakyat Indonesia.
  • Warna merah putih menggambarkan sifat nasional Indonesi.
Nah, sekarang Anda bisa membedakan gambar tersebut beikut makna yang terkandung di dalamnya.

Tag : Koperasi
Back To Top