Tips Meningkatkan Penghasilan Google Adsense


Tips meningkatkan penghasilan Google Adsense - Saya telah menggunakan Google AdSense untuk meng-uangkan blog Saya mungkin sekitar 2 tahunan, sebelumnya Saya mencoba menjadi publisher PPC lokal namun hasil yang didapat tidak sesuai dengan pengorbanan. Walaupun jumlah pengunjung sudah ribuan, hasil dari PPC lokal masih jauh dari harapan, bahkan yang terjadi malah blog Saya kena hapus gara-gara terlalu banyak masang script iklan lokal.

Untungnya, google masih kasihan sama Saya dan blog yang dibanned akhirnya bisa kembali dan alhamdulillah masih menelurkan dollar hingga saat ini yang hasilnya lebih dari 10 kali lipat dari waktu Saya memasang program PPC lokal.

Dalam artikel ini saya ingin berbagi dengan Anda tips dan trik yang Saya gunakan untuk melipatgandakan penghasilan AdSense Saya. Silhkan baca sampai tuntas dan share jika sekiranya bermanfaat buat orang banyak.

Memasang dan menambah unit iklan untuk blog utama
Seorang blogger pastinya punya blog utama dan beberapa blog cadangan. Blog utama biasanya mempunyai jumlah pengunjung yang cukup besar mungkin bisa jutaan page view tiap bulannya. Jika Anda masih baru mengikuti program adsense, coba maksimalkan blog Anda dengan menambah unit iklan sesuai dengan peraturan.

Kita bisa memasang maksimal 3 unit iklan adsense regular dan 2 unit iklan pencarian. Anda juga bisa menyandingkan program periklanan lain yang metodenya tidak sama dengan adsense seperti affiliasi an CPM atau metode periklanan langsung dengan menawarkan space iklan buat para pemasang iklan. Namun yang harus diperhatikan juga, jangan sampai kenyamanan pembaca terganggu akibat tampilam iklan yang terlalu banyak. Intinya jika para pembaca setia kita tidak ada yang mengeluh tentang pemasangan iklan, berarti lanjutkan saja.

Memasang unit iklan di blog kecil
Maksud blog kecil disini adalah blog yang pengunjungnya tidak sebesar blog utama dan mungkin tidak punya pengunjung setia. Setiap blogger pastilah punya blog-blog kecil, mungkin ada yang dibuat di blogger dengan hosting gratisan, namun ada juga yang dibuat dengan domain sendiri dan hosting berbayar. Walaupun jumlah tidak sebanyak blog utama, namun jangan dianggap remeh, karena tetap memberikan potensi penghasilan apalagi jika jumlah blognya anak beranak. Jadi tetaplah pasang unit iklan adsense di blog kecil Anda walaupun jumla pengunjungnya tak seberapa.

Menggunakan unit iklan besar
Jika Anda ingin membuat uang dengan AdSense, maka Anda pasti pernah mencoba menggunakan salah satu unit iklan berukuran :
- 336 × 280
- 300 × 250
- 120 × 600
- 728 × 90

Setiap kali saya mencoba menggunakan unit yang lebih kecil dari ukuran tersebut, maka hasilnya sangat mengecewakan. Semua empat unit iklan yang disebutkan di atas memberikan hasil yang cukup baik, tapi yang terbaik adalah ukuran 336 × 280 persegi panjang besar, dan itu adalah yang saya digunakan untuk meningkatkan penghasilan saya.

Meletakkan unit iklan di akhir artikel
Percobaan pertama yang saya lakukan adalah menempatkan iklan ukuran 336 × 280 persegi panjang di antara akhir postingan dan bagian komentar. Hasilnya OK. Saya kemudian memutuskan untuk mencoba menempatkannya lagi di bawah judul postingan dan CTR-nya pun melejit. Namun Saya berhenti memasang iklan besar di bawah judul artikel karena pernah diberi peringatan bahwasanya iklan Saya mengganggu kenyamanan pengguna samrtphone dan disarankan memasang iklan yang kecil di area atas di bawah judul.

Fokus mencari lalu lintas organik
Saya berfikir bahwa jika Saya menambahkan unit AdSense di bawah judul postingan pasti akan mengganggu pembaca atau pelanggan setia, namun dugaan Saya melesat karena pembaca setia tidak melihat iklannya tapi artikelnya yang otomatis tidak akan menambah pundi-pundi dollar. Oleh karena itu, untuk mendapatkan banyak uang maka sebaiknya kita lebih fokus untuk menarik pengunjung organik yang berasal dari mesin pencari.

Selain itu, agar pembaca setia bisa melirik iklannya, maka untuk mengatasi masalah ini Saya memutuskan untuk menampilkan iklan persegi panjang yang besar hanya di akhir postingan saja dan tenyata cara ini cukup mempesona.

Gunakan pula AdSense for Search
Memang, dollar yang didapatkan dari AdSense for Search tidak begitu besar, tapi putuskanlah untuk mencobanya pula.memasang di blog Anda. Seandainya saja saat ini Anda menghasilkan $ 10 per bulan dari AdSense for Search. Tapi kalau kita hitung dalam satu tahun, tentunya lumayanlah buat membeli domain dan hosting.

Pengujian warna dan font yang berbeda 
Jika Anda mengaktifkan gambar dan teks pada unit iklan, maka Anda harus dapat menyesuaikan warna dan font. Saya melakukan beberapa pengujian pada kedua faktor ini, dan hal ini membantu untuk meningkatkan dollar. Tidak ada hasil yang instan dan Anda perlu waktu seminggu untuk melacak berhasil atau tidaknya sebuah unit iklan. Jika gagal, ubah lagi warna atau font dan lacak hasilnya seminggu lagi, bandingkan nilai CTR-nya apakah bisa mengalahkan yang sebelumnya atau tida, terus lakukan eksperimen sampai menemukan kombinasi yang optimal. Di blog Saya, hasil yang terbaik berasal dari unit iklan yang font-nya menyatu dengan tampilan situs, tetapi pada beberapa blog lain, warna kontras justru tampil lebih baik. Jadi sampai disini pengujian adalah suatu keharusan buat Anda karena masing-masing hasilnya berbeda.

Saya kira itulah sedikit tips yang bisa Saya sampaikan untuk meningkatkan penghsilan adsense Anda. Semoga bermanfaat. Baca juga cara mendapatkan pengunjung organik.

Tag : Adsense
Back To Top