Perbedaan Waktu Indonesia dengan Inggris


Artikel kali ini akan bercerita mengenai perbedaan waktu Indonesia dengan Inggris. Untuk informasi, Inggris hanya memiliki satu zona waktu, tidak seperti Indonesia yang memiliki tiga zona waktu. Mungkin informasi ini bukan hal yang baru buat yang tinggal di Eropa atau yang sering berpergian ke Eropa. Tetapi tidak ada salahnya berbagi cerita untuk yang di Indonesia.

Teman saya pernah bertanya, “Berapa perbedaan waktu Jakarta dan London. Waktu Jakarta itu kan GMT+7?”. Ya, benar sekali waktu Jakarta (WIB) itu GMT+7. Namun yang harus diperhatikan apakah waktu London itu sama dengan GMT.

Dari bulan Oktober sampai Maret (atau dari musim gugur sampai musim dingin), selisih waktu Jakarta-London adalah 7 jam berdasarkan peraturan GMT + 7. Jadi kalau di Indonesia jam 8 pagi, maka di London jam 1 pagi.

Namun, pada musim semi sampai musim panas atau tepatnya dari bulan Maret sampai Oktober, perbedaan Jakarta-London akan mengikuti peraturan GMT + 6 atau yang lebih dikenal dengan British Summer Time (BST).

Bagi mereka yang pernah mendengar Daylight Saving Time, ini adalah konsep yang sama, itu hanya nama yang berbeda di Inggris. BST ini terjadi tepatnya di hari minggu yang terakhir pada bulan Maret sampai dengan hari minggu yang terakhir pada bulan Oktober. Adanya sistem BST membuat perbedaan waktu Jakarta dan London hanya 6 jam. Jadi jika di Indonesia pukul 8 pagi, maka di London pukul 2 pagi.

Perbedaan Waktu Indonesia dengan Inggris


Meskipun waktu mengalami perubahan, namun pada umumnya kegiatan rutinitas tidak mengalami penyesuaian. Yang kerja dari jam 9 sampai jam 6 pada waktu GMT juga tetap akan bekerja di jam yang sama pada waktu BST. Begitu pula jadwal kereta. Baru akan menjadi masalah jika kita lupa mengubah waktu pada jam tangan kita. Device yang terhubung via on-line seperti Blackberry, iPhone, atau laptop akan menyesuaikan secara otomatis.

Pada musim semi dan panas, siangnya atau keadaan tersinari matahari cenderung lebih lama. Asumsikan saja, jika menggunakan waktu ‘normal’ GMT pada pada musim semi, matahari akan terbit pukul 6 pagi dan tenggelam pukul 6:30 sore. Dengan pemerintah Inggris yang menganut sistem British Summer Time (BST), maka ‘waktu’ terbit matahari pada waktu yang sama tersebut otomatis menjadi pukul 7 pagi dan tenggelam pada pukul 7:30 malam. BST ini memberikan kesempatan untuk orang-orang menikmati siang atau cahaya matahari lebih lama.

Intinya, jangan lupa bahwa perbedaan waktu Indonesia dan Inggris pada Maret-Oktober adalah 6 jam dan dari Oktober- Maret, perbedaannya menjadi 7 jam.

Itulah perbedaan waktu negara Indonesia (WIB) dan Inggris/England (GMT) seperti di Manchester dan kota lainnya dalam am pm. Baca juga :
- perbedaan waktu antar negara
- perbedaan indonesia dengan inggris

Sumber :
http://www.girinarasoma.com/perbedaan-waktu-jakarta-london/

Back To Top