Cara Membuat Website Jualan


Apakah Anda mencari panduan lengkap tentang cara membuat website jualan secara gratis yang dapat menghasilkan uang ? Saya mengucapkan selamat, karena sekarang Anda berada di blog yang benar.

Pada halaman ini saya akan menjelaskan langkah demi langkah panduan lengkap tentang cara membuat website  toko online sendiri dengan gratis dari pemula hingga mahir. Sebelum membaca panduan lengkap tentang cara membuat website toko online, Saya sarankan Anda berlatih segera tanpa penundaan karena penundaan adalah awal dari kegagalan Anda sendiri.

Saya menulis panduan lengkap cara membuat website jualan ini cukup panjang dan hasilnya akan sangat baik jika Anda langsung paktrek pada PC atau laptop. Jika Anda tidak memilikinya, coba kunjungi warnet atau pinjam kerabat. Jika Anda masih belum memiliki laptop, Anda dapat menggunakan ponsel Anda, tetapi ini tidak disarankan.

Cara membuat website jualan saat ini sangatlah mudah, mengingat berbagai macam fitur yang telah disediakan bagi mereka yang mau nyoba membangun website senidiri. Para pemain bisnis online dan penjual online, menggunakan berbagai macam platform dalam membangun websitenya.

Apa itu platform ? Platform atau sering disebut CMS yang merupakan singkatan dari Content Management System adalah aplikasi untuk mendesain website sehingga dapat ditampilkan di internet.

CMS ini berfungsi untuk merancang website dengan mudah tanpa perlu pengetahuan pemrograman, karena semua yang Anda perlukan untuk membuat situs sudah terpasang di dalamnya. Beberapa contoh platform website adalah WordPress, Jomla, Drupal, oscommerce, Magento, Open cart, dll. Semua situs web platform ini dapat ditemukan di hosting Cpanel.

Untuk membuat toko online, Anda dapat menggunakan Prestashop, OpenCart, LiteChart dan Magento. Untuk membuat elearning, Anda juga dapat menggunakan Moodle. CMS ini dibuat khusus untuk Anda yang tidak dapat berbicara bahasa pemrograman. Selain itu, pengembang selalu merilis versi terbaru untuk menutup beberapa celah keamanan, jadi jangan khawatir tentang masalah keamanan web.

Dengan bantuan CMS atau fitur Instant Deploy, Anda dapat membuat toko online sendiri tanpa harus memahami bahasa pemrograman, tanpa repot, mudah dan cepat. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengkonfigurasi domain dan hosting secara terpisah.

Tetapi di antara begitu banyak platform website, sebanyak 60% orang di dunia menggunakan wordpress untuk semua jenis website, karena wordpress memiliki fitur yang tidak terbatas, gratis, dan banyak plugins dan template yang dapat dimodifikasi wordpress ke dalam website yang kita inginkan dan kabar baiknya adalah hampir semua plugin dan template yang tersedia itu cukup murah dan bahkan gratis.



Cara membuat website toko online berbayar

Riset pasar
Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membuat toko online adalah melakukan riset pasar. Anda tidak dapat membuat toko online tanpa produk. Beberapa orang merasa kesulitan untuk menemukan dan bahkan mendapatkan ide tentang produk apa yang akan dijual.

Tidak mendapatkan gagasan tentang produk atau layanan yang ingin Anda tawarkan kepada masyarakat umum tidak berarti Anda harus berhenti berbisnis online. Sebenarnya, cara mengetahui jenis produk yang akan dijual sangat mudah. Mulailah bertanya pada diri sendiri, produk apa yang dibutuhkan orang sehingga mereka mau membayar sejumlah uang?

Pertama, cari tahu beberapa kebutuhan yang ingin dipenuhi orang. Setelah itu, cari produk yang bertindak sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dari sini Anda akan mendapat manfaat. Saat melakukan riset pasar, fokuslah pada 'kekurangan' yang tidak disadari banyak pihak.

Untuk membuat toko online Anda sukses, jualah produk yang sedang tren. Tidak hanya membawa keuntungan jangka pendek, tindakan seperti ini juga akan membawa kesuksesan bagi toko online Anda dalam jangka panjang. 

Jadi, jangan menawarkan produk atau layanan yang cepat hilang. Cobalah untuk menjual produk yang popularitasnya sedang meningkat. Mari kita bersama-sama mencari topik dan produk yang sedang tren menggunakan beberapa tool di bawah ini.

TrendHunter
Situs ini menampilkan tren terbaru dan akan datang dari berbagai ceruk. Beberapa tren menggambarkan keseluruhan ceruk, sementara yang lain menyoroti produk tertentu. Dengan meluangkan waktu untuk hanya mempelajari beranda, Anda bisa mendapatkan gambaran umum.

Pencarian tren dapat dipersempit dengan menggunakan filter berdasarkan industri, seperti teknologi, budaya, produk ramah lingkungan, kemewahan, mode, dan sebagainya.

Google Trends
Alat lain yang juga sangat berguna untuk riset pasar dan menganalisis dan memprediksi apa yang akan menjadi tren adalah Google Trends. Pilih opsi Top Charts untuk melihat ikhtisar hal-hal yang saat ini populer di berbagai belahan dunia. Di halaman ini, Anda akan melihat topik yang sedang tren di pasar tertentu yang telah terjadi di masa kini maupun di masa lalu.

Google Trends akan memberikan informasi yang sangat berharga, terutama jika Anda sudah tahu produk atau niche yang ingin Anda cari. Alat ini akan mengumpulkan data historis mulai tahun 2004. Dari data ini Anda akan tahu pasar mana yang sedang berkembang dan menjadi populer.

ECOMHUNT
Apakah Anda mencari situs yang hanya merekomendasikan produk eCommerce yang sedang tren? Maka ECOMHUNT adalah jawabannya. Meskipun situs ini menyediakan informasi yang lebih berguna untuk bisnis dropshipping, namun tidak berarti Anda tidak dapat melakukan riset pasar dengan alat online ini.

Pada ECOMHUNT, setiap hari ada daftar produk baru yang sedang tren. Anda akan mendapatkan semua data yang berguna untuk bisnis online, termasuk seberapa populer suatu pasar, berapa banyak laba atau penjualan yang ingin Anda buat dan dapatkan, bagaimana menargetkan pasar, dan banyak lagi.

Untuk saat ini, ECOMHUNT dapat diakses secara gratis. Sayangnya, fitur yang ditawarkan terbatas. Di versi terbaru, Anda akan dikenai biaya.

Influencer di Instagram
Instagram adalah alat lain yang tentunya akan sangat berguna untuk kesuksesan dan keberlanjutan toko online Anda. Sudah banyak perusahaan yang berhasil membangun merek mereka dengan layanan pemasaran yang dilakukan oleh influencer Instagram. 

Selain digunakan untuk mengembangkan toko dan merek, Anda juga dapat menggunakan Instagram untuk menemukan produk yang trendi dan akan datang. Ketika Anda menemukan berbagai hal tentang ceruk di Instagram, Anda secara alami akan menemukan influencer yang terlibat di dalamnya. 

Saat melihat akun influener, cari produk yang sering mereka promosikan. Dari sini Anda akan tahu bahwa produk yang mereka iklankan termasuk dalam kategori populer dan banyak yang tertarik. Anda juga akan mendapatkan gambaran umum produk atau bahkan perusahaan yang dapat 'disalin' untuk toko online Anda nanti.

Selain mencari informasi tentang produk apa yang bisa dijual, ada hal lain yang tidak boleh dilupakan untuk dipertimbangkan dan dimasukkan. Pertama, kemudahan pengiriman. Kemungkinan besar pada awal penjualan, Anda akan mengirimkan semua produk sendiri.

Untuk alasan ini, Anda harus menerapkan faktor kenyamanan dalam manajemen dan pengiriman produk dari rumah atau kantor. Selain itu, apakah biaya pengiriman mahal atau tidak juga harus dipertimbangkan dengan cermat.

Sebagian besar pembeli akan 'lari' begitu mereka tahu biaya pengiriman yang tinggi. Mereka lebih suka jika biaya pengiriman murah atau bahkan sama sekali tidak ada biaya pengiriman. Jadi, dapat disimpulkan bahwa menetapkan biaya pengiriman yang sangat mahal hanya akan membuat pelanggan Anda 'kabur'.

Kedua, jual barang atau produk bernilai tinggi. Sebenarnya, tidak ada salahnya jika Anda ingin menjual produk dengan harga murah. Namun masalahnya adalah, untung atau margin yang didapat kecil. Tentu saja, sebagai bisnis atau startup, mendapatkan keuntungan maksimal adalah tujuan utama Anda.

Karena itu, jual produk bernilai tinggi. Ini tidak berarti Anda harus menjual barang atau produk dengan harga tinggi, tetapi layak untuk ditawarkan dengan harga yang tidak murah. Produk yang dijual juga mampu memenuhi permintaan dan kebutuhan pelanggan sehingga mereka tidak akan ragu untuk mengeluarkan sejumlah uang. Atau dengan istilah lain, USP yang Sobat tetapkan mengarahkan si pembeli ke titik harga yang lebih tinggi.

Setelah mendapatkan ide dan deskripsi bagaimana toko online Anda nantinya, langkah selanjutnya adalah mencari tahu tuntutan dan tuntutan pasar. Ada beberapa cara untuk mengetahuinya, dan salah satunya adalah menggunakan Google.

Suatu kali Anda pasti akan menggunakan fasilitas Google untuk menumbuhkan bisnis Anda, apakah itu dengan memanfaatkan Adwords atau pencarian organik. Dengan Google, Anda dapat menemukan berbagai data apakah orang mencari produk seperti yang Anda tawarkan, atau bahkan kata kunci yang terkait dengan pasar Anda.

Bagi yang punya uang, ada berbagai alat berbayar yang bisa digunakan. Namun, jika Anda ingin menghemat uang atau hanya memiliki sedikit biaya, maka Perencana Kata Kunci Google adalah pilihan terbaik.

Meskipun langkah-langkah untuk menggunakannya jauh dibandingkan dengan alat berbayar seperti KWFinder, Perencana Kata Kunci Google dapat memberikan informasi berkualitas yang dapat Anda andalkan.

Kami berasumsi bahwa sekarang Anda memiliki ide untuk toko online. Tunjukkan kepada orang-orang bahwa ide yang Anda coba tawarkan adalah kualitas, bukan hanya bicara. Produk pertama yang Anda jual tidak harus sempurna.

Kami menyarankan Anda pertama kali membuat produk yang layak. Sasaran atau tujuan dari produk awal ini adalah mewujudkan visi atau apa yang ingin Anda capai. Tapi tentu saja, produk awal ini bukan produk akhir yang Anda tawarkan.

Manufaktur dan pengiriman produk adalah dua dari banyak aspek yang mungkin menguras energi dan pikiran Anda. Namun, jika diteliti lebih dalam, kedua hal ini tidak sesulit yang dibayangkan.

Pada saat ini, kemungkinan besar Anda tidak menghasilkan barang sendiri. Caranya, Anda bisa meminta bantuan dari produsen pihak ketiga untuk membuat dan mengirimkan barang yang dijual. Jadi, Anda tidak perlu memikirkan berbagai aspek teknis terkait produk. Anda hanya mengandalkan produsen berpengalaman.

Perusahaan manufaktur tersebar di seluruh dunia, tetapi sebagai permulaan, gunakan jasa perusahaan manufaktur lokal. Jika Anda menggunakan perusahaan lokal, Anda dapat terlibat dalam pembuatan produk. Selain itu, biasanya perusahaan lokal tidak akan meminta biaya DP dalam jumlah besar.

Setelah berhasil membuat produk atas nama mereka sendiri dan menjual dengan baik di pasar, maka untuk langkah selanjutnya, Anda dapat memperluas bisnis Anda dan bekerja dengan perusahaan yang lebih besar untuk mengurangi biaya produksi.

Selain itu, jangan meremehkan kemasan produk. Sama seperti orang yang menilai buku dari sampulnya, calon pelanggan akan melakukan hal yang sama dengan pengemasan produk Anda. Pengemasan adalah hal pertama yang dilihat pembeli ketika suatu produk tiba di tangan mereka.

Luangkan waktu untuk berpikir dan membayangkan perasaan pelanggan ketika membuka kemasan produk yang mereka beli. Setelah itu, pilih bahan kemasan yang baik dan berkualitas.

Setelah selesai dengan pengemasan, langkah selanjutnya adalah mengirim produk yang dipesan oleh klien atau pelanggan. Untuk pengiriman, Anda dapat menggunakan layanan dan penyedia layanan pengiriman, seperti JNE, J&T, atau Tiki.

Jika bisnis Anda semakin besar dan berkembang, maka solusinya adalah menggunakan perusahaan pihak ketiga untuk memangkas biaya. Penyedia logistik pihak ketiga akan menyediakan gudang untuk produk Anda dan mereka yang bertanggung jawab untuk pengiriman.

Perusahaan seperti ini biasanya membutuhkan jumlah pesanan minimum per bulan sebelum Anda akhirnya menandatangani semacam perjanjian atau kontrak. Penyedia pihak ketiga ini memanfaatkan layanan setelah bisnis Anda laris manis.

Lalu bagaimana cara membuat website jualan dengan wordpress ? Untuk membuat situs dari awal memang membutuhkan keahlian khusus. Anda dituntut untuk dapat bahasa pemrograman seperti PHP, Javascript, HTML, Python dan sebagainya.

Selain itu, pengetahuan tentang hosting, keamanan web, dan beberapa keahlian juga dibutuhkan. Karena dibuat dari awal, waktu yang dibutuhkan juga cukup lama. Karena itu, biasanya biaya pembuatan toko online cukup mahal. Tetapi bagi Anda yang menyukai tantangan, memilih cara ini tidak ada salahnya.

Menggunakan CMS
Cara membuat toko online dengan memakai CMS ini cocok bagi Anda yang tidak ingin ribet, tidak mengerti urusan pemrograman dan tidak butuh waktu lama untuk membuatnya. Anda dapat menggunakan CMS.

Membuat Domain dan Hosting
Tentu saja kita sepakat untuk memiliki domain dan hosting premium kita harus membayar sedikit biaya, tetapi sobat tidak perlu khawatir, karena bagi pemula bisa menggunakan domain dan hosting gratis terlebih dahulu alias tanpa biaya.

Dan jika Anda memiliki uang lebih, akan lebih baik jika Anda membeli domain dan hosting premium. Lalu bagaimana cara mendapatkan domain dan hosting gratis? Saat ini ada cukup banyak penyedia hosting dan domain yang memberikan layanan gratis kepada pelanggan.

Dan harus dipahami bahwa gratis di sini memiliki batasan. Penyedia hosting memberikan gratis bukan tanpa alasan. Ini adalah strategi promosi mereka dalam menjual layanan. Biasanya hosting gratis menyisipkan iklan dari perusahaannya, tetapi ada penyedia hosting gratis yang  tanpa ngiklan seperti penyedia layanan hostinger.

Tetapi saran Saya adalah, agar situs web Anda terlihat lebih keren dan lebih profesional, sisihkan uang saku Anda untuk membeli hosting premium, karena tidak terlalu mahal juga.

Untuk mendapatkan domain, pilih nama domain yang tepat buat Anda. Pikirkan baik-baik sebelum membeli domain. Nama domain harus mencerminkan nama Anda, perusahaan Anda, atau bisnis Anda. Jika ini telah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah menginstal dan memodifikasi situs sesuai kebutuhan.

Dengan fitur Instant Deploy, Anda dapat langsung memilih hosting dan domain. Maka nantinya toko online, domain dan hosting menjadi satu kesatuan. Ini akan membuat konfigurasi dan pembayaran lebih mudah.

Pilih paket Hosting dan lokasi server. Tuliskan nama domain yang diinginkan. Kemudian pilih durasi dan addon domain. Nama domain adalah nama situs web Anda. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan nama yang sesuai.

Pastikan penyedia hosting yang Anda pilih dapat diupgrade seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan bisnis online Anda. Selain itu, penyedia hosting yang dipilih kompatibel dengan WordPress karena kami akan memberikan tutorial untuk toko online menggunakan CMS paling populer ini.

Buat nama dan pilih domain yang benar-benar mewakili reputasi merek Anda. Buat daftar beberapa perusahaan yang menarik minat Anda dan mulailah menganalisis bagaimana mereka membuat produk yang orisinal dan tidak mudah dilupakan.

Menginstal WordPress
Setelah membeli domain dan hosting web, langkah selanjutnya adalah menginstal WordPress. WordPress adalah platform dasar dan utama untuk situs web dan toko online Anda. Sampai saat ini web sebenarnya sudah online, hanya isinya masih kosong karena belum diinstal di wordpress.

Untuk dapat diakses oleh pengguna lain dari domain yang Anda buat sebelumnya, Anda harus menginstal CMS wordpress.

Mendesain Website
Selanjutnya adalah merancang web toko online sesuai dengan keinginan Anda. Pada tahap ini tampilan situs web masih standar, tetapi jangan khawatir kita dapat mengubah tampilannya menjadi lebih menarik. Tergantung pilihan, apakah kita mau bikin website semi atau full.

Untuk mendesain toko online, gunakan opsi penyesuaian dalam tema WordPress. Karena WooCommerce adalah plugin WordPress yang memiliki banyak penggemar, sebagian besar tema kompatibel dengan perangkat lunak ini. Hanya saja Anda ingin membuat toko online. Oleh karena itu, pilih tema yang khusus untuk WooCommerce.

Berbagai tema di WordPress dibuat untuk memaksimalkan potensi dan kinerja WooCommerce. Akan selalu ada tema yang sesuai dengan situs toko online Anda dengan biaya berapa pun.

Masukkan Produk Pertama
Untuk menambah atau memasukkan produk pertama yang akan dijual, buka Produk dan Tambah Baru melalui bilah sisi di sebelah kiri. Jika Anda terbiasa dengan WordPress, maka bentuk dan tampilan halaman ini hampir mirip dengan halaman editor Pos atau Halaman standar.

Saat menggulir ke bawah, Anda akan menemukan area di mana Anda dapat memasukkan harga produk dan menambahkan deskripsi produk. Di sebelah kanan halaman produk, ada area di mana Anda dapat menambahkan foto produk atau bahkan membuat galeri foto.

Jika sebelumnya Anda telah mengirim foto stok Anda sendiri, pilih opsi Unggah File, lalu seret dan drag foto atau gambar ke pengunggah.

Anda dapat menambahkan produk sebanyak mungkin di WooCommerce. Namun, pada awal bisnis online, kemungkinan Anda hanya akan memasukkan satu produk. Ini tidak masalah, tetap membuat daftar produk dan segera online toko Anda.

Perkenalkan Toko Online Anda dan Lakukan Penjualan terlebih dahulu
Jika semua langkah di atas telah berhasil dilakukan, maka inilah saatnya bagi Anda untuk mulai menjual produk pertama. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ada banyak hal terkait dengan pembuatan toko online yang harus diperhatikan.

Pertama, periksa ulang situs web eCommerce Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan, dan proses pemesanan berjalan dengan lancar. Selanjutnya, kita akan membahas rencana sebelum dan sesudah situs eCommerce online.

Dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin dalam membuat rencana dan situs web bisnis online, Anda akan dapat menciptakan momentum terbaik dan tepat untuk penjualan produk pertama Anda. Inilah saatnya untuk membuat orang lebih sadar akan merek dan toko online Anda.

Beberapa hal yang harus dilakukan agar situs eCommerce Anda berhasil daring dan menarik perhatian banyak orang adalah membuat Halaman Pendaratan 'Segera Hadir'. Menampilkan halaman arahan 'Segera Hadir' berarti memberi situs web Anda peluang untuk menarik sebanyak mungkin traffic, bahkan jika situs tersebut belum sepenuhnya dibuat.

Bahkan dengan halaman arahan ini, Anda dapat membuat daftar atau daftar email pelanggan sehingga mereka dapat melakukan penjualan setelah situs eCommerce siap digunakan. Inputkan data yang dibutuhkan dan halaman 'Coming Soon' bakal dengan otomatis bisa dibikin. Halaman ini akan pertama kali dilihat oleh pengunjung ketika mengakses toko online Anda.

Beberapa hal ini di halaman arahan yang harus disertakan adalah foto produk. Memiliki foto produk akan membantu dan memudahkan pelanggan untuk mendapatkan gambaran umum tentang produk atau layanan yang ingin Anda tawarkan.

Selain itu, nama perusahaan, adalah hal pertama dan dasar yang harus Anda atur sejak awal untuk membuat toko online. Jadikan halaman arahan sesederhana mungkin. Batasi informasi produk yang terlalu detail. Fokus utama Anda adalah untuk mengetahui apakah produk yang dijual memiliki daya tarik yang kuat atau tidak.

Selain itu, Anda dapat menggunakan media sosial untuk menarik lalu lintas sebanyak mungkin sebelum situs eCommerce online. Platform yang paling bisa Anda andalkan adalah Instagram. Di Instagram, Anda dapat mengunggah foto produk beresolusi tinggi, gambar yang relevan, dan bahkan testimoni pelanggan untuk menciptakan resonansi dengan bisnis Anda.

Cukup lampirkan tautan yang mengarah ke situs di bio profil akun Instagram Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui berapa banyak orang mengunjungi toko online Anda dengan mengklik tautan yang diposting di bio.

Atau, tawarkan insentif kepada orang-orang yang bersedia bergabung dengan daftar yang Anda buat. Misalnya, berikan insentif dalam bentuk diskon 10% untuk pelanggan potensial yang bergabung sebelum toko online Anda beroperasi secara resmi.

Cara yang dapat Anda terapkan untuk membangun dan mengembangkan merek dan toko online Anda:

Menggunakan Layanan Pemasaran Influencer
Sebagian besar perusahaan eComerce menggunakan Instagram untuk membangun merek mereka. Bagi mereka yang tidak terbiasa, metode pemasaran influencer berarti membayar orang-orang yang memiliki banyak pengikut di Instagram untuk mempromosikan suatu produk.

Meskipun pemasaran influencer hanya berlaku untuk ceruk tertentu, metode ini masih bisa menjadi alternatif terbaik untuk meningkatkan popularitas produk dan merek Anda.

Promosi Besar-besaran di Media Sosial
Tidak hanya untuk meningkatkan kesadaran pelanggan atau kesadaran akan merek, media sosial juga merupakan 'sarana' untuk membangun hubungan dan komunikasi dan mengirimkan lalu lintas ke situs toko online Anda.

Pasar yang dimaksud atau pasar akan membantu Anda dalam menentukan media sosial mana yang tepat untuk digunakan. Facebook, Instagram, Twitter, dan Pinterest adalah media sosial yang memiliki pengikut terbanyak dan tentu saja Anda dapat menggunakannya.

Ada banyak cara untuk memperkenalkan bisnis online Anda ke setiap platform yang disebutkan di atas. Neil Patel menulis sebuah artikel yang mengeksplorasi lebih banyak tentang bagaimana mendapatkan lebih banyak penonton melalui berbagai platform media sosial.

Untuk strategi konten, Pinterest adalah pilihan terbaik. Alih-alih menampilkan produk untuk dijual, buat dan unggah konten yang sedang tren di Pinterest, lalu sematkan pos untuk mengarahkan lalu lintas ke toko online Anda.

Menggunakan Layanan Iklan
Jangan takut untuk menggunakan layanan iklan jika Anda ingin lebih serius dalam mengelola dan mengembangkan toko online. Salah satu bentuk periklanan paling efektif adalah PPC, atau iklan bayar per klik, seperti Google Adwords, atau iklan Facebook.

Untuk beriklan di internet, Anda harus mengandalkan kata kunci. Kemudian Anda membuat iklan yang muncul dalam hasil pencarian dan mengarahkan orang untuk memasuki halaman produk atau beranda utama situs web.

Jika Anda menggunakan iklan Facebook, iklan toko online Anda akan muncul di umpan pengguna atau di bilah sisi. Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan iklan, lakukan penelitian dan periksa semua hal yang berkaitan dengan bisnis online.

Tentu saja, yang ingin Anda lakukan adalah iklan yang dapat membawa manfaat. Mulailah dengan menggunakan layanan iklan murah. Setelah memastikan bisnis bisa berkembang pesat, maka buatlah iklan yang akan menambah konversi.

Iklan berbayar menawarkan fitur canggih yang disebut penargetan ulang. Dengan fitur ini, Anda dapat menampilkan iklan kepada orang-orang yang mungkin sudah membuka situs eCommerce Anda atau yang ada di daftar email. Karena mereka akhirnya tahu siapa Anda dan bisnis online apa yang Anda coba hadirkan, pelanggan akan datang dan berbelanja lebih sering.

Buat Strategi Konten Jangka Panjang
Situs ECommerce identik dengan kegiatan bisnis dan pembelian dan penjualan. Namun, itu tidak berarti bahwa eCommerce tidak dapat dimaksimalkan untuk konten sama sekali.

Misalnya, Anda dapat membuat konten berdasarkan kata kunci yang terkait dengan niche, meningkatkan peringkat di mesin pencari, dan mengarahkan lalu lintas ke situs Anda. Anda bahkan dapat membuat dan memaksimalkan konten yang didedikasikan khusus untuk media sosial (seperti Pinterest yang telah disebutkan di atas).

Selain itu, Anda juga dapat membuat konten dalam bentuk deskripsi singkat suatu produk sehingga pelanggan dapat memutuskan apakah mereka akan membeli produk atau tidak.

Strategi konten adalah cara yang paling tepat untuk meningkatkan kesadaran merek Anda dan juga menjaga reputasi merek untuk waktu yang lama sementara situs terus mendapatkan banyak lalu lintas. Salah satu metode untuk mewujudkan strategi konten adalah membuat blog.

Cara membuat website toko online dengan wordpress

Langkah pertama yang akan Saya tulis di sini adalah membuat website jualan dengan menggunakan platform wordpress. Dalam wordpress, ada 2 jenis website jualan yakni yang semi toko online dan full toko online. Apa perbedaanya ?

Website semi toko online dirancang tanpa plugin keranjang belanja, sehingga tidak ada fitur BELANJA yang sering kita temui di beberapa toko online di internet.

Konsep ini menggunakan landing page yang ditambahkan ke formulir pemesanan di sebelah kanan (sidebar), kemudian juga menambahkan info kontak untuk memudahkan orang yang ingin menghubungi kita.

Untuk membuat website jualan macam ini, dengan 10 item produk pun sebenarnya sudah cukup sebagai displaynya dan dapat ditambahkan seiring dengan jumlah produk yang akan dijual nantinya.

Mengenai tata letak atau struktur situsnya, contohnya dapat diatur sebagai berikut, namun tentu tidak harus sama. Halaman depan atau Home, dapat diisi dengan halaman pengantar atau latar belakang mengapa pembaca harus menggunakan produk Anda.

Halaman Tentang Kami, dapat diisi dengan profil singkat bisnis Anda. Halaman Produk, diisi dengan foto-foto produk dan deskripsi produk disertai dengan formulir pemesanan. Halaman Blog, dapat diisi dengan artikel yang berkaitan dengan produk atau kegiatan di sekitar bisnis yang dijalankan.

Dan menurut Saya, setiap website penjualan masih harus memiliki halaman blog untuk mendukung kemudahan manajemen SEO sehingga situsnya mudah ditemukan oleh GOOLGE atau mesin pencari lainnya.

Halaman Cara memesan, diisi dengan instruksi tentang cara memesan produk, termasuk metode pembayaran. Halaman Kontak diisi dengan info yang lebih lengkap tentang penjual atau pemilik produk, seperti alamat toko, nomor kontak, dan tentu saja formulir kontak.

Bagian sidebar atau sisi kanan yang kolomnya lebih kecil, dapat diisi dengan formulir pemesanan cepat, nomor ponsel, dan tombol akun media sosial. Juga dapat ditambahkan dengan link artikel terbaru atau tautan produk sehingga orang juga dapat langsung mengklik info tersebut.

Untuk membuat situs web jenis ini Anda bisa menggunakan TEMA dan beberapa PLUGIN yang dapat kita temukan secara gratis di Katalog Plugin WordPress.org. Diantaranya adalah Tema BUENO, Formulir Kontak 7, Paket SEO All-in-One atau WordPress SEO by YOAST, Jetpack, W3 Total Chache dan Supercache WordPress. Khusus untuk tema, Anda bisa menggunakan yang lain sesuai dengan selera Anda.

Plugin SEO Yoast berfungsi mengelola SEO dengan mudah. Yoast SEO adalah plugin yang populer dalam membuat situs wordpress agar muncul di halaman pertama Google. Walaupun plugin gratis namun fitur-fiturnya tidak gratis atau sangat kuat buat SEO. Jika situs web Anda ingin disukai oleh Google dan muncul di halaman Google, Anda harus menginstal plugin ini.

Plugin total cache W3 itu sendiri sangat berguna untuk meningkatkan kinerja situs. Dengan bantuan plugin ini, akan memuat situs toko online Anda sangat cepat dan ini sangat berguna dalam proses pencarian Google. Sementara plugin Jetpack pun memiliki banyak fungsi.

Lalu bagaimana dengan toko online lengkap? Jika ingin yang lebih lengkap, kita bisa menggunakan plugin WordPress online store yang banyak tersedia. Dengan plugin, kita dapat menambahkan fitur keranjang belanja, katalog produk, dan sebagainya.

WooCommerce merupakan salah satu plugin toko online yang amat terkenal buat platform WordPress. Jika Anda memilih WooCommerce, Anda memiliki kendali penuh atas desain dan tampilan toko online. Selain itu, WordPress dan WooCommerce tidak mengharuskan Anda membayar sejumlah biaya atau gratis. Untuk mengaktifkan dan menggunakannya, Anda hanya perlu membeli nama domain dan hosting.

Cara Membuat Website Jualan


Shopify banyak digunakan karena kesederhanaannya. Namun, platform ini tidak selalu merupakan pilihan terbaik untuk membuat toko online. Alasan pertama, opsi desain terbatas, dan pilihan tema di Shopify tidak sebanyak di WordPress.

Selain itu, desain dan temanya juga berbayar. Bagaimana Anda bisa menghabiskan uang untuk menggunakan platform yang bahkan Anda tidak memiliki kendali lebih besar? Alasan kedua, meninggalkan Shopify berarti Anda harus memulai semuanya dari awal.

Shopify dan WooCommerce menawarkan bantuan pelanggan yang dapat Anda andalkan. Hanya saja, pada akhirnya tetap akan menjadi platform yang memberikan kontrol penuh dan peluang untuk upgrade adalah pilihan terbaik.

Spesial buat Sobat yang mentarget konsumen Indonesia, Sobat pun bisa memakai tema WordPress yang sudah mendukung toko online yang telah disesuaikan untuk konsumen Indonesia.

Pada plugin seperti itu, fitur lengkap dari toko online telah dimasukkan ke dalam tema WordPress. Bahasa juga telah disesuaikan dengan bahasa Indonesia, sehingga memudahkan pengunjung untuk memahami situsnya.

Sebagian besar tema dari toko online ini adalah PREMIUM, yang berarti Anda harus membelinya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Namun mengingat kemudahan dan dukungan purna jual yang diberikan oleh masing-masing produsen, Saya pikir ini masih menarik untuk dipertimbangkan.

Demikianlah bagaimana cara membuat website toko online dengan html atau php yang juga artikel di atas bisa dipakai sebagai info mengenai cara membuat website jual beli bagi mereka yang akan membuatnya. Adapun cara membuat toko online dengan blogspot atau di facebook lewat hp, insya Allah akan Saya bahas di lain kesempatan.

Back To Top