Warung Kopi Klotok Pakem


Jika Anda bepergian ke Jogja dan ingin menikmati makanan bergaya rumahan, alias makanan pedesaan, tidak ada salahnya mengunjungi Warung Kopi Klotok Pakem.

Meski disebut coffee shop klotok, warung makan yang mengusung konsep desa ini tidak hanya menyediakan kopi. Justru menu yang paling populer dan menjadikan keberadaan warung populer ini adalah sego jangan (nasi sayur).

Dari segi bangunan, rumah joglo tua yang terbuat dari kayu disusun dengan interior yang membuat kesan lama. Termasuk meja dan kursi. Di kedai kopi klotok, pengunjung dapat langsung mengambil makanan dengan prasmanan. Seperti ketika Anda ingin makan dan membawanya di dapur pribadi.

Warung ini memliki menu aneka sayur yang umumnya dimasak di rumah, ada lodeh terong, lodeh kluwih, lodeh tempe lombok ijo, sayur asem, gereh layur, dan sego megono. Selain itu ada juga lauk yang tak kalah ndesonya seperti tahu bacem, pindang goreng, telur krispi, tempe garit, dan sambel dadak.


Pengunjung yang hendak makan di tempat ini bisa makan nasi dan sayur sepuasnya. Nambah berkali-kali juga boleh dan cukup membayar Rp 11.500. Sedangkan untuk lauk akan dihitung sendiri-sendiri.

Merasakan nikmatnya hidangan desa di bangunan yang juga berdesain kampung plus dikasih iringan  musik keroncong tentu aja menjadi kesan tersendiri. Apalagi lokasi bangunannya yang berada di pinggir sawah dan menghadap ke Gunung Merapi semakin menambah suasana perdesaan.

Jika kamu tak ingin makan berat, Warung Kopi Klotok Pakem memiliki satu snack andalan yakni pisang goreng dan jedah goreng. Tidak tahu, pakai racikan apa yang dipakai buat menggoreng pisang ini, pokoknya rasa dan aroma pisang kapok goreng di kopi klotok sungguh nikmat dan renyah.

Sebagai teman makan pisang goreng, kamu bisa memilih kopi klotok, teh tubruk gula batu, teh tawar, teh manis panas, minuman jeruk, atau wedang jahe gepuk. Dijamin kamu akan merasa lebih bahagia dibanding biasanya.

Harga Makanan Warung Kopi Klotok Pakem
Nasi Putih Sepuasnya Rp. 3.500,-
Tahu Bacem Rp. 3.500,-
Tempe Garet Rp. 1.500,-
Telur Crispi Rp. 5.500,-
Pindang Goreng Rp. 2.500,-
Jadah Goreng Rp. 6.500,-
Pisang Goreng Rp. 6.500,-
Kopi Klothok Rp. 5.000,-
Teh Manis Rp. 3.000,-
Es Jeruk Rp. 4.500,-
Wedang Jahe Geprek Rp. 6.500,-
Teh Tubruk Gulo Batu Rp. 6.500,-
Paket Makan Puas Rp. 11.500,-

Warung Kopi Klotok ini rupanya sudah sangat populer. Hal ini ditandai dengan seringnya didatangi oleh tokoh-tokoh penting dan artis ibukota. Jika kamu penasaran dengan siapa saja yang pernah kesana, kamu bisa melihat nama dan tanda tangan mereka yang terpampang di pigura kaca.

Tentunya, warung ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan membuat pengunjung betah. Apa saja? Ada mushola, kamar mandi, area parkir, kursi dan meja kayu, kursi penjalin dan peralatan makan tradisional.

Lokasi Warung Kopi Klotok Pakem
Warung Kopi Klotok Pakem terletak di Jalan Kaliurang Km 16, Pakembinangun, Pakem, Sleman. Dari arah Jogja, Anda cukup mengikuti jalan utama ke Kaliurang. Sesampainya di Km 16, perhatikan arahan yang bertuliskan SMPN 3 Pakem.

Tepat di sebelah penanda arah, belok kanan untuk mengikuti jalan desa, Warung Kopi Klotok berada di ujung jalan yang menghadap ke utara. Wisatawan dapat mampir di warung ini setelah mengunjungi objek wisata di daerah Kaliurang seperti Museum Ullen Sentalu, Museum Gunung Merapi, Tlogo Putri, atau objek wisata lainnya.

Warung Kopi Klotok Pakem


Jam Buka Warung Kopi Klotok Pakem
Warung Kopi Klotok Pakem ini memanjakan konsuennya setiap hari dari jan 07.00 pagi sampai jam 10 malam. Jika kamu datang di jam makan siang, biasanya tempat ini akan sangat penuh dan antrian akan mengular hingga keluar. Harga makanan di sini cukup murah, mulai dari harga Rp 1.000 sampai dengan Rp 11.000.

Lalu siapa yang punya Warung Kopi Klotok Pakem itu ? Menurut pengakuan warga, yang punyanya adalah orang DPR. Orangnya baik, selalu ngasih rezeki ke anak yatim dan janda di sekitarnya. Pemilik kopi klotok sengaja memperkerjakan orang-orang sekitar yang memang perlu dibantu.

Inilah sebabnya kedai kopi klotok tidak pernah sepi dari pengunjung. Karena tidak hanya rezeki buat pemilik kedai kopi, tetapi di sini juga ada rezeki buat anak yatim dan janda yang sudah lanjut usia.

Meskipun beberapa tempat memiliki warung dengan nama serupa seperti Kopi Klotok Jakarta atau Kopi Klotok Seturan, tetapi warung Kopi Klotok Pakem memiliki ciri khas tersendiri. Nantikan juga artikel lainnya tentang :
- misteri kopi klotok
- kopi klotok jakarta
- kopi klotok seturan jogja
- kopi klotok maguwoharjo
- kopi klotok sembego
- cara memesan di kopi klotok

Sumber :
https://www.njogja.co.id/wisata-kuliner/warung-kopi-klotok-pakem-nikmatnya-hidangan-ndeso-di-kaki-merapi/
https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-4162095/wisata-kuliner-tak-biasa-di-yogya-waroeng-kopi-klotok-pakem

Tag : Warung Kopi
Back To Top