Cairan Pembersih Kerak Mesin Motor


Lagi nyari cairan pembersih kerak mesin motor yah. Yah, karena memang mesin motor sering ditempati oleh kotoran. Seiring waktu, kotoran akan sulit dihilangkan dan bisa menjadi pemicu korosi pada mesin.

Penyebab timbulnya kerak adalah seringnya motor melewati medan berat sehingga noda di sekitar jalan berpindah ke seluruh bodi motor tanpa kita sadari. Apalagi ketika kita membersihkan motor, kadang tidak bisa menghilangkan noda yang sudah bandel dan tidak mau meninggalkan motor. Akhirnya, noda yang terkumpul menjadi kerak yang sulit dibersihkan dengan pembersihan standar.

Kerak yang muncul pada motor cenderung kusam dan berwarna hitam jika dilihat dengan cermat. Kerak merupakan campuran noda atau bahkan jamur seperti kuman yang menempel pada mesin untuk waktu yang lama.

Selain itu, kerak juga bisa berasal dari sisa minyak oli yang mengering untuk waktu yang lama dan tidak sempat dibersihkan. Kemungkinan lain dapat datang dari ketika Anda membuka blok mesin sepeda motor, tapi Anda tidak terlebih dahulu membersihkan kotoran yang mengendap pada mesin yang akhirnya berubah menjadi kerak.

Untuk menghilangkan kerak pada motor tidak bisa digosok begitu saja, sebab hasilnya akan kurang maksimal karena noda yang sudah mengeras biasanya sulit diangkat. Apalagi ketika sudah mulai musim hujan, maka motor akan lebih cepat kotor. Selain mencuci motor, bagian-bagian mesin harus dibersihkan secara khusus dengan cairan pembersih ajaib.

Di toko online Indonesia banyak sekali yang menawarkan cairan pembersih mesin motor paling ampuh, menurut klaimnya. Pada postingan kali ini, Saya akan melist beberapa merk pembersih kerak mesin motor tersebut dan mungkin juga nongol lewat iklan di blog ini.

All Quick Clean
All Quick Clean adalah salah satu merk pembersih kerak berbentuk cairan berkualitas tinggi yang bisa membersihkan kerak atau karat yang menempel pada bagian-bagian mesin kendaraan dengan cepat dan mudah, dan menjaga kendaraan Anda agar selalu bersih.

Produk ini berupa cairan siap pakai untuk perawatan mesin motor yang dapat digunakan untuk:
-  menghilangkan kotoran di mesin
-  menghilangkan kerak di mesin
-  menghilangkan karat pada mesin ATW pada besi
-  menghilangkan kotoran pada badan motor
-  membersihkan roda sepeda motor

Produk ini cukup unggul, sebab tidak seperti pembersih yang dijual secara umum yang hanya menghilangkan kerak atau karat pada mesin. Tapi produk ini secara bersamaan dapat memoles mesin Anda seperti mesin yang baru dan memberikan perlindungan aktif dari kerak.

Produk ini diperkaya dengan polimer premium untuk melindungi cat dan menjaga motor Anda tetap bersih. Karena produk ini adalah produk jadi, maka pelanggan tidak perlu repot lagi harus mencampurnya dengan bahan lain.

Produk dengan harga 25 ribuan di Shopee dan Tokopedia ini juga aman untuk mesin, cat dan paking pada mesin. Dapat digunakan untuk semua jenis sepeda motor serta dapat digunakan untuk membersihkan karat pada besi, velg dan kerak pada aluminium. Di Bukalapak, produk ini dijual di kisaran Rp 32 ribu sampai Rp 65 ribuan.

Cara pemakaiannya mudah, Anda tinggal tuangkan cairan ke dalam wadah lalu oleskan menggunakan kuas atau sikat gigi ke bagian mesin yang ada kotorannya. Setelah dioleskan, harus didiamkan selama 1-2 menit. Selanjutnya gosoklah bagian mesin yang udah di oleskan lalu dibilas dengan air bersih.

All Quick Clean


Aer Sulap
Produk berbentuk cairan ini merupakan cairan pembersih kerak pada crankcase, velg, knalpot untuk motor. Di Bukalapak, cairan ini dijual pada kisaran Rp. 57 ribuan per 1 liter.

Cairan Pembersih Kerak Mesin Motor


Engine Flush
Merupakan cairan pembersih mesin pembersih kerak bagian dalam mesin. Di Bukalapak, harga jual untuk isi 300 ml adalah Rp. 24 ribuan.

Engine Flush

Dazzle Guard
Hati-hati dengan produk imitasi dengan harga lebih murah, sebab produk ini memprioritaskan kualitas. Produk aslinya hanya dimiliki oleh produesen "DAZZLE AUTO DETAILING"

Merupakan produk inovatif yang menggabungkan degreaser dan dressing dalam satu langkah. Fungsi degreaser non-asamnya berfungsi sebagai detail ruang engine, membersihkan permukaan ruang mesin kendaraan dari oli bekas dan debu yang sulit dihilangkan.

Dazzle Guard Engine Degreaser juga dilengkapi dengan kondisioner yang mampu menghitamkan plastik, karet, dan selang pada permukaan ruang mesin Anda sehingga bersih dan terlihat seperti keluar dari salon.

Cara penggunaannya cukup mudah, cukup gunakan alat seperti kain atau sikat untuk membersihkan, dan kain microfiber untuk finishing dengan hasil terbaik untuk panel plastik, karet dan selang. Tidak perlu dibilas dan tidak lengket. Di Bukalapak, harga produk ini dijual pada harga Rp 50 ribuan.

Dazzle Guard


Cara Membuat Cairan Pembersih Blok Mesin

Lalu bagaimana kalau lagi boke ? Jangan bingung, cairan pembersih ajaib ini bisa disiapkan sendiri dari bahan-bahan yang ada di dapur. Anda dapat membuat cairan pembersih menggunakan air, pasta gigi, sabun cuci piring dan cuka. Cairan ajaib ini efektif menghilangkan noda yang membandel dan sulit dibersihkan di area mesin.

Caranya adalah dengan mencampur air, pasta gigi, sabun cuci piring dan cuka dalam satu wadah. Setelah itu, cukup gunakan cairan yang sudah diformulasikan tadi untuk membersihkan area yang kotor. Gunakan juga sikat gigi atau sikat cuci untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau menggunakan kain.

Dalam membersihkan mesin motor dapat dilakukan dengan berbagai cara, ada yang dilakukan dengan mudah dan ada yang perlu menggunakan alat khusus. Sebelum mulai membersihkan motor mesin tentunya kita perlu mengetahui jenis kotoran yang menempel pada blok mesin motor.

Hal ini penting dilakukan karena dengan mengetahui kotoran / kerak yang menempel, tentu saja kita tahu bahan dan alat apa yang dibutuhkan nantinya untuk menghilangkan kotoran dan menjadikan motor ramping seperti baru lagi.

Jenis kotoran yang sering ditemukan adalah karat dan kerak. Ini terjadi karena lokasi mesin luar yang berinteraksi dengan udara bebas sehingga kotoran dapat menempel langsung di permukaan mesin. Apalagi ada rembesan oli di permukaan mesin yang tersisa akan membuat kotoran lebih cepat menempel.

Sementara karat akan terjadi akibat reaksi antara zat besi dan air. Ini terjadi jika motor tidak dirawat untuk waktu yang lama. Untuk alasan ini perlunya penanganan yang baik.


Tips Membersihkan Kerak Mesin Motor

Berikut ini adalah tips ampuh lainnya untuk membersihkan dan mencuci motor dari kerak dan karat, yaitu:

Gunakan air deterjen
Langkah pertama adalah membersihkan permukaan mesin dari debu dan kotoran. Ini bertujuan untuk bisa memilah kerak yang bisa dibersihkan dengan mudah. Pada langkah ini, pembersihan diperlukan untuk menyiapkan air yang telah dicampur dengan deterjen atau cairan pembersih piring. Siapkan kain juga.

Caranya adalah dengan hanya membasahi waslap dengan air deterjen yang tersedia, lalu bersihkan pada permukaan mesin dengan kain sampai noda seperti noda tanah dan noda minyak hilang.

Membersihkan mesin motor dengan solar
Bensin atau solar selain cepat terbakar juga memiliki sifat pembilasan. Dalam artian bahan bakar itu bisa mengangkat kotoran, terutama noda oli antar mesin dengan mudah.

Cukup mudah melakukannua, hanya menyiapkan bahan bakar dalam wadah dan koas atau sikat gigi beka sebagai media pembilasan. Lakukan pembersihan di area mesin menggunakan sikat cuci atau  sikat gigi. Langkah ini cukup baik karena kotoran akan segera terbawa oleh molekul bahan bakar.

Menggunakan cairan pembersih kerak kamar mandi
Penggunaan pembersih wastafel atau pembersih toilet telah terbukti efektif dalam menghilangkan noda membandel pada permukaan mesin. Anda perlu menyediakan cairan pembersih toilet dalam wadah dan sikat kasar atau sikat gigi atau sikat kawat bulu.

Cara melakukannya, cukup celupkan sikat ke dalam cairan pembersih lalu gosok sikat pada permukaan mesin yang kerak sampai kotoran terangkat. Setelah dibersihkan menggunakan cairan pembersih wastafel, dapat dilanjutkan dengan membersihkannya menggunakan deterjen untuk membuatnya lebih bersih.

Menggunakan larutan asam cuka
Larutan asam cuka juga terbukti menghilangkan karat dari permukaan besi. Asam dalam cuka akan menghilangkan karat akibat oksidasi besi menggunakan oksigen.

Cara untuk melakukan langkah ini hanya dengan membasahi permukaan mesin yang memiliki karat menggunakan cuka dan menggosoknya dengan kuas. Namun, larutan asam cuka ini memiliki efek merusak cat pada bodi motor. Untuk itu pastikan tidak ada cuka yang menetes ke bodi motor.

Menghaluskan bagian yang berkarat
Langkah ini bisa dilakukan jika mesin dalam kondisi karat yang parah. Karat sendiri terbentuk dari reaksi air yang terkandung dalam blok mesin berbentuk besi. Karenanya, karat pada permukaan blok mesin dapat diampelas untuk menghilangkannya.

Anda dapat menggunakan amplas halus jika permukaan karat berada dalam kategori lebih ringan dan Anda dapat menggunakan amplas kasar jika karat sudah memiliki ketebalan besar.

Mengecat ulang mesin sepeda motor
Langkah ini dilakukan jika kondisi mesin terlalu parah alias karat dan kerak menempel hampir sepenuhnya di mesin. Namun, pengecatan ini hanya mengkaburkan warna blok mesin. Jadi warnanya mungkin terlihat lebih baru tetapi permukaannya tetap sama.

Karena itu, sebelum mengecat ulang blok mesin, disarankan untuk melakukan pembersihan yang baik seperti mencuci hingga mengamplas sehingga hasilnya terlihat lebih baik.

Dalam pengecatan harus membongkar semua bagian mesin dan teknik mengecat mesin, karena pengecatan jangan sampai terkena bagian dalam mesin. Jadi harus ada penutup yang rapat (kertas) agar cat tidak tergelincir di dalam area permukaan mesin.

Menggunakan shampo motor
Anda bisa gunakan sampo khusus untuk mencuci motor, kemudian gosok dengan lembut. Anda dapat membeli sampo khusus ini ini di bengkel sepeda motor. Penggunaan shampo ini bisa melembutkan kerak yang sudah mengeras sehingga saat Anda mengoleskannya, noda pun hilang.

Menggunakan biang gula
Kita bisa juga menggunakan bahan kimia yakni natrium siklamat atau yang biasa disebut sebagai biang gula. Cara melakukannya mudah, siapkan seperempat pak natrium siklamat yang dikombinasikan dengan sedikit air panas.

Setelah itu, tambahkan juga setengah sendok deterjen dan kemudian aduk sampai larut. Cukup oleskan campuran tadi ke bagian motor berkerak, lalu tunggu beberapa menit. Setelah selesai, bilas dengan air putih lalu keringkan sampai benar-benar kering.

Menggunakan pembersih keramik
Membersihkan mesin motor dengan Vixal misalnya, bisa Anda coba. Caranya adalah mencampur pembersih keramik tersebut dengan air panas yang kemudian diaduk secara merata dan kemudian dimasukkan ke dalam ember.

Kemudian siapkan sikat gigi untuk mencapai kerak yang sempit atau celah kecil di motor yang sulit dijangkau. Setelah itu, cukup gosok bagian keras hingga terlihat bersih. Kemudian tunggu sekitar 10 menit sampai terlihat busa.

Kemudian Anda segera bilas langsung dengan shampo motor khusus. Untuk menyelesaikan proses ini, bersihkan sampo dan pembersih keramik menggunakan air bersih. Jika kerak masih belum hilang pada motor, ulangi proses ini terus menerus sehingga motor Anda dapat terbebas dari kerak yang membandel.

Demikian yang bisa Saya sampaikan seputar cairan sabun pembersih kerak dalam blok mesin sepeda motor. Semoga bermanfaat.

Sumber :

Back To Top