Cara Cek Id Pelanggan PLN


Ada beberapa cara cek id pelanggan PLN yakni :
1. melalui kartu pelanggan
2. melalui struk
3. melalui meteran
4. melalui aplikasi
5. melalui website
6. melalui call center PLN

Penjelasannya begini.

Cara Cek Id Pelanggan PLN melalui Kartu Pelanggan Listrik PLN
Yang pertama dan termudah tentu saja mengetahui id pelanggan melalui kartu pelanggan PLN. Kartu tersebut akan mencakup nama pelanggan listrik prabayar, alamat rumah, dan ID pelanggan atau kode token listrik untuk pengisian.

Karena itu, jangan sampai kartu ini hilang, robek, basah, terbuang, hangus dan sejenisnya. Jaga baik-baik dan simpan di tempat yang aman seperti rak kabinet atau lemari. Jika kartu ini benar-benar hilang, maka kita dapat menggunakan metode ke dua.

Cara Cek Id Pelanggan PLN melalui Struk Pembayaran
Cara mudah berikutnya adalah mengetahui id pelanggan melalui tanda terima pembayaran sebelumnya. Jika kita mengisi pulsa listrik melalui counter, biasanya nomor token listrik ditulis di atas kertas kecil tetapi tidak menyertakan ID pelanggan.

Tidak seperti jika kita melakukan pembayaran melalui ATM, e-commerce, atau pasar online seperti Tokopedia, Shoopee, Bukalapak, Gojek, Grab, OVO dan sebagainya, ID pelanggan PLN prabayar akan ditampilkan.

Sebagai contoh :

Cara Cek Id Pelanggan PLN
Kita bisa juga melihat id pelanggan kita lewat struk ATM, jika kita bayarnya lewat transfer via mesin ATM.

Cara Cek Id Pelanggan PLN melalui Meteran Listrik
Yang terakhir adalah melalui meteran listrik yang biasanya dipasang di depan rumah kita. Nomor meteran atau kode pembayaran listrik PLN biasanya dicetak di bagian bawah barcode atau garis bar seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


Ini adalah cara termudah, tetapi jarang diketahui. Tidak banyak orang menyadari bahwa kode numerik yang tercantum pada meteran listrik sebenarnya adalah ID pelanggan atau nomor token listrik PLN prabayar.

Cara Cek Id Pelanggan PLN Melalui Aplikasi PLN
Sebagai satu-satunya BUMN yang mengelola sektor kelistrikan di Indonesia, tentunya PLN harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Itu sebabnya, kini PLN memiliki aplikasi yang bisa diunduh oleh pengguna Android maupun iOS.

Aplikasi PLN ini akan menampilkan data terkait dengan listrik yang Anda gunakan, mulai dari nomor id, nama pemegang akun, jumlah listrik yang digunakan, hingga biaya tagihan listrik. Selain itu, ada beberapa fitur lain yang bisa Anda gunakan. 

Keberadaan aplikasi ini tentu sangat mudah bagi pelanggan PLN, terutama bagi mereka yang ingin memeriksa id pelanggan PLN mereka yang hilang.

Cara Cek Id Pelanggan PLN Melalui Situs Resmi PLN
Selain melalui aplikasi, ada cara lain untuk memeriksa id pelanggan online PLN lain yang juga mudah dilakukan, yaitu dengan mengunjungi situs resmi PLN. Untuk menggunakan metode ini, Anda perlu mengetahui nama pemilik akun listrik yang ingin Anda ketahui nomor id pelanggan.

Jika sudah memilikinya, masukkan nama, dan setelah keluar dari data yang dicari, cocokkan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa data yang muncul sama dengan apa yang Anda cari. Jika datanya cocok, maka Anda dapat langsung mencatat nomor id PLN yang tercantum pada data.

Cara Cek Id Pelanggan PLN Langsung menghubungi PLN
Jika Anda menemui kendala dalam menerapkan metode sebelumnya, masih ada cara untuk memeriksa ID terakhir yang dapat Anda lakukan, yaitu menghubungi PLN secara langsung. Sekarang, selain melalui telepon, Pusat Panggilan PLN juga dapat dihubungi melalui WhatsApp, Email, dan media sosial. 

Yang perlu Anda lakukan adalah memberikan data yang diperlukan seperti nama pemilik tagihan listrik, atau alamat lengkap tempat tinggal Anda. Anda dapat menghubungi Pusat Panggilan PLN melalui;
WhatsApp: 123.
Telepon: (Kode Area) 123.
Twitter: @ pln_123.
Facebook: PLN 123.
Email: Pln123@pln.co.id.

Sumber :

Back To Top