Ide Jualan Makanan Online


Di tengah fluktuasi ekonomi yang tidak menentu, berjualan online menjadi salah satu alternatif terbaik untuk berbisnis. Apalagi sekarang semua orang lebih suka menggerakkan jari untuk mencari barang yang mereka butuhkan.

Anda bisa memulai bisnis ini melalui media sosial. Buatlah konten promosi dan bisa disebarkan melalui Facebook atau Instagram. Selain dua platform tersebut, Anda juga bisa berjualan melalui marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee.

Bagi Anda yang memiliki modal awal lebih, Anda juga bisa membuat website toko online sendiri. Dengan begitu toko online Anda akan terlihat lebih elegan dan profesional. Salah satu bisnis online terbaik untuk dijalankan adalah bisnis makanan. Apakah Anda punya ide jualan makanan online?

Berikut ini adalah beberapa jenis bisnis makanan online yang mungkin bisa memberikan inspirasi bagi Anda yang berencana menjalankan bisnis dari rumah.

Menjual Makanan Beku

Makanan beku merupakan salah satu jenis makanan yang disukai banyak orang. Frozen Food merupakan jenis makanan yang paling tepat untuk dijual secara online.

Makanan beku bisa bertahan lebih lama dari jenis makanan lainnya. Selain itu, makanan beku juga sangat mudah dikemas untuk dikirim ke daerah terpencil. Sudah banyak orang yang sukses di bisnis makanan Frozen.

Menjual Jajanan Sehat

Kebanyakan orang tentunya sangat menyukai jajanan. Biasanya jajanan digunakan sebagai teman kerja atau teman nonton TV. Saat ini banyak sekali jajanan yang tidak sehat. Hal tersebut bisa Anda manfaatkan dengan membuat terobosan baru deangan menjual camilan sehat. Hal ini akan disambut oleh orang-orang yang menyukai jajanan.

Menjual Salad Buah

Salah adalah makanan olahan yang terbuat dari buah dengan mayonaise, susu, dan keju parut. Rasanya sangat enak, selain enak juga sangat menyehatkan. Orang yang mengikuti program diet sangat dianjurkan untuk makan salad. Anda dapat menjual semua ini dalam paketan dan menawarkannya secara online.

Menjual Sambal

Ide jualan makanan secara online yang satu ini cukup revolusioner dan sangat cocok dengan pasar Indonesia. Dikatakan cocok karena mayoritas orang Indonesia suka sambal. Dimanapun mereka berada, ketika akan makan mereka pasti menanyakan sambal.

Sehingga Anda bisa menjadikannya bisnis yang menjanjikan. Anda bisa membuat banyak varian sambal sesuai pasaran yang akan dibidik.

Catering

Katering juga merupakan salah satu jenis bisnis yang bagus untuk dijalankan secara online. Di mana Anda dapat menemukan pelanggan dan mempromosikan produk katering Anda di internet. Anda bisa berjualan ke tempat yang lebih luas di kota Anda.

Akan tetapi, memulai bisnis catering membutuhkan modal yang lumayan dan sedikit lebih besar dibandingkan memulai bisnis lain, namun keuntungannya juga cukup besar.

Menjual Makanan Kalengan

Bisnis yang satu ini sangat mirip dengan bisnis makanan beku, bisnis makanan kaleng tidak hanya bisa dijual di Indonesia. Anda bisa menjualnya ke luar negeri dengan mudah secara online menggunakan jaringan internet.

Namun sebelum memulai, teliti terlebih dahulu jenis produk kaleng yang paling banyak dicari orang di internet agar bisa menjalankan bisnis yang sudah memiliki pasar.

Jualan Keripik

Jajanan ini populer dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, apalagi bisa dijual secara online. Keripik dapat disimpan untuk waktu yang lama, menjadikannya usaha yang menguntungkan jika dikelola dengan baik.

Penggemar keripik ini juga sangat banyak. Snack yang satu ini paling cocok untuk ngemil di kantor atau sambil nonton TV. Apalagi jika keripiknya dibuat dalam versi pedas. Rasanya tentu lebih enak dari keripik biasa.

Varian lainnya ada Keripik Pisang Coklat. Ini adalah salah satu jenis makanan paling populer dan kontemporer. Dulu keripik pisang hanya tersedia dalam 1 versi yaitu keripik pisang asin yang gurih. Namun kini, Anda bisa mencoba berbagai olahan pisang lainnya.

Salah satu olahan pisang terbaik untuk Anda jadikan sebagai peluang bisnis adalah dengan membuat pisang goreng goreng.

Jualan Lauk Kering

Meski pada umumnya orang mengonsumsi lauk pauk basah, tidak salah juga jika menjual lauk kering secara online. Saat ini, lauk pauk kering juga semakin dikenal oleh masyarakat, selain bisa disimpan lama juga cukup praktis untuk digunakan.

Bahan yang bisa digunakan untuk lauk kering seperti tempe, daging sapi yang kemudian dijadikan abon. Tentunya dibutuhkan keterampilan memasak agar bisa menghasilkan lauk kering lezat yang disukai konsumen.


Jualan Kue Kering

Makanan kering ini juga bisa dijual secara online dengan waktu penyimpanan yang lama. Apalagi kue selalu menjadi makanan laris di toko-toko.

Jika dipasarkan secara online melalui berbagai media sosial tentunya konsumennya berasal dari berbagai daerah. Keuntungan dari peluang bisnis makanan online terlaris ini lebih dari sekedar menjualnya secara offline.

Menjual Oleh-oleh Daerah

Bisnis ini sangat cocok untuk anda yang tinggal di daerah yang terkenal dengan pariwisatanya misalnya Bogor, Bandung, Jogja, Bali, dan tempat wisata lainnya. Tentunya setiap daerah memiliki keistimewaannya masing-masing, dan wisatawan biasanya mengincar oleh-oleh khas daerah setempat.

Contohnya di Lampung salah satu oleh-oleh khas Lampung adalah keripik, jadi kamu bisa jual keripik secara online. Atau jual kopi Lampung secara online.

Jualan Kue Ulang Tahun

Saat ini banyak juga yang yang bisnisnya sehari-hari membuat kue ulang tahun dan kue buatan sendiri lainnya. Cara berbisnisnya sederhana, dan promosinya pun sederhana. Ia hanya berpromosi lewat Facebook dan mencantumkan nomor WA.

Dengan bisnis online sederhana ini, hasilnya lumayan juga, padahal pelanggannya masih berada di lingkungan sekitar yang mudah untuk disampaikan.

Menjual Kurma

Saat ini banyak juga yang menjual kurma secara online. Anda juga bisa menjadi reseller untuk menawarkan kurma online, baik kurma mentah, setengah matang, dan matang. Untuk tahap awal, Anda bisa membidik orang-orang di sekitar Anda terlebih dahulu, dan sekaligus membuat toko online di Shopee, Tokopedia, Bukalapak.

Jualan Buah-buahan

Jenis bisnis makanan online lainnya adalah menjual buah dan produk olahan buah-buahan. Anda bisa jual buah matang, jual acar buah, jual keripik buah secara online. Jika Anda menjual buah masak, maka pasar Anda yang paling cocok adalah yang ada di kota Anda.

Jualan Makanan Penutup

Belakangan ini banyak sekali online seller yang menjual dessert box. Dessert yang terkenal dengan rasa manisnya ini memang bisa membuat lidah ketagihan. Biasanya di pasaran, kotak pencuci mulut dijual dengan harga sekitar Rp. 25.000 - Rp. 55.000, tergantung bahan dan topping yang digunakan.

Dessert box yang populer adalah dessert box dengan rasa yang unik, seperti red velvet, nutella, regal biscuit, lotus biscuit, salted caramel, bahkan boba. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri untuk ditawarkan kepada teman atau pelanggan lain.

Jualan Permen dan Coklat

Makanan manis ini disukai hampir semua kalangan. Pasalnya, ternyata mengonsumsi makanan manis bisa meningkatkan mood. Jadi, Anda bisa lebih bersemangat menjalani hari.

Variasi manisan dan coklat yang biasanya dijual secara online juga bervariasi. Ada yang menjualnya tanpa berinovasi menjadi menu baru, yakni hanya permen dan coklat biasa, ada yang menjualnya setelah berinovasi.

Misalnya kamu bisa menjual coklat dan permen yang sudah diolah menjadi choco crust dalam toples, atau kamu juga bisa menjual coklat karakter. Dengan mengolahnya seperti itu, pelanggan akan semakin tertarik dengan produk Anda.

Jualan Makanan Tradisional

Meski tergolong kuliner jadul yang masih terjaga dengan baik, makanan tradisional tetap memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan, pelanggan rela antri atau berwisata ke luar kota untuk mencicipi makanan khas suatu daerah.

Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pedagang online untuk membangun layanan jual beli makanan tradisional di internet. Paling tidak, pecinta kuliner tidak keluar rumah untuk membeli makanan karena sudah diantar oleh kurir ke depan rumah.

Memang dari segi harga jauh lebih mahal dari pada datang langsung ke warung atau restoran karena masih ada ongkos kirim. Namun jika dibandingkan dengan rasa nyaman pada diri sendiri apalagi jika makanannya enak, tentunya harga yang mahal tidak menjadi masalah bagi pelanggan.

Jadi tunggu apalagi silahkan terapkan ide jualan makanan online diatas sebelum disita oleh pedagang lain. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga disiplin bisnis dan melayani persaingan yang sehat dan bersahabat.

Lakukanlah bisnis jualan makanan secara online ini dengan selalu mencari tema unik, aktif di media sosial, berpromosi di acara bazar, dan menjajal endorsement. Namun tentunya salah satu hal terpenting adalah selalu rajin menghasilkan makanan yang berkualitas.

Sumber : https://sambalbukam.com/ide-jualan-makanan-online-kekinian/, https://foodin.id/peluang-usaha-jualan-makanan-online/, https://umma.id/post/5-ide-usaha-jualan-makanan-online-agar-laris-manis-1559055?lang=id, https://riniisparwati.com/ide-jualan-makanan-online/, https://blog.halosis.co.id/15-ide-jualan-makanan-online-untuk-pemula/, https://www.edaweb.id/ide-jualan-makanan-online-yang-pasti-menguntungkan/,


Back To Top