Tambah Daya Listrik Tanpa Ganti Meteran


Dalam ketenagalistrikan dikenal istilah daya yaitu besaran tenaga listrik yang disuplai. Besarnya daya listrik dilambangkan dengan volt ampere atau VA. Besaran daya listrik untuk kategori rumah tangga yang ada di Indonesia misalnya 900 VA, 1.300 VA, 2.200 VA dan seterusnya.

Ketika penggunaan listrik bertambah, maka seringkali menyebabkan listrik di rumah sering mati karena MCB-nya strip akibat over load. Maka untuk mengatasi hal ini Anda perlu menambah daya listrik.

Satu satunya cara buat tambah daya listrik tanpa ganti meteran yang legal adalah dengan meminta pengajuan tambah daya saja ke pihak PLN, tanpa harus merubah meteran dari sistem pra bayar ke pasca bayar.

Sebab PLN tidak mewajibkan pelanggan yang bersangkutan untuk mengubah status pelanggan dari pascabayar menjadi prabayar, atau bahkan sebaliknya, termasuk penggantian meteran listrik di kavling rumah pelanggan, kecuali jika terjadi kerusakan atau meteran tidak layak pakai.

Dikatakan cara legal karena kita tidak mencuri arus listrik sebelum masuk meteran, tapi kita menambah daya sesuai regulasi yang ada sehingga dengan tambahan daya tersebut, kita bisa mengoperasikan semua peralatan listrik tanpa kelebihan beban yang menyebabkan MCB trip atau ngajetrek.

Adapun cara ilegal yang tidak boleh dilakukan adalah menyalurkan aliran listrik dari kabel PLN langsung sebelum meteran. Disamping dikategorikan sebagai pencurian, cara ini sangat berbahaya, sebab aliran arus listrik yang masuk sangat besar sehingga sangat berbahaya jika terjadi konsluiting di rumah.

Bisa saja terjadi kebakaran atau bisa saja terjadi kematian akibat kesetrum, sebab arus listrik yang terdapat di rumah cukup besar, sebab masuk tanpa menggunakan pembatas arus atau MCB.

Seperti yang Saya singgung di atas bahwa tidak ada cara lain yang legal untuk menambah daya listrik kecuali dengan pengajuan tambah daya listrik ke pihak PLN.

Di sini Anda cukup mengajukan diri untuk tambah daya listrik, dengan datang langsung ke kantor PLN terdekat atau melalui call center PLN 123 atau Twitter @pln_123 dan Facebook PLN 123. Maka hanya dalam beberapa hari, mereka akan datang mensurvei lokasi rumah, untuk mengetahui kelayakannya dan menaikkan daya listrik dengan cara mengganti MCB.

Namun walaupun caranya cukup simpel, bagi mereka yang paham elektro, jangan coba-coba mengganti MCB sendiri, sebab ada aturan mainnya. Apa aturan mainnya ? Anda harus bayar biaya tambah daya dahulu ke pihak PLN, sebab jika membuka segel meteran bukan oleh petugas PLN, maka termasuk pelanggaran hukum, yakni termasuk kategori pencurian juga.

Walaupun memang menguntungkan buat konsumen, tapi tentu saja tidak akan berkah kalau aliran listriknya hasil mencuri. Dikatakan untung secara materi, karena aliran yang masuk lebih besar sehingga mampu mengoperasionalkan semua peralatan tanpa kendala, namun kita membayar dengan taraif daya sesuai kontrak awal.

Sementara bagi PLN jelas merugi sebab aliran arus cukup banyak keluar, namun uang yang harus dibayarkan memakai tarif kontrak awal, karena tidak ada pemberitahuan tambah daya ke pihak PLN.

Misalnya, kalau MCB di rumah kita cuma 2 Ampere, lalu kita ganti sendiri dengan yang 6 Ampere, maka arus yang masuk juga 6 Ampere, namun kita hanya membayar tagihan listrik dengan tarif 2 Ampere, sebab tidak ada perubahan kontrak secara resmi dengan PLN.

Tentu saja dalam hal ini PLN sangat dirugikan oleh konsumen. Maka tidak heran kalau PLN sesekali menggelar razia MCB yang mengakibatkan banyak pelanggan kena denda karena melakukan ganti MCB secara illegal.

Apalagi kalau ganti MCB dengan yang cukup besar, maka jelas ini sangat berbahaya. Kenapa ? Sebab kabel yang dipakai oleh PLN saat instalasi awal merupakan kabel kecil yang teantu saja tidak akan cocok dipakai buat arus yang besar.

Inilah yang kemudian di pemukiman padat di kota-kota besar, sering terjadi kebakaran akibat konsluiting listrik yang umumnya terjadi akibat penampang kabel yang tidak kuat menghantarkan arus listrk yan cukup besar.

Syarat Tambah Daya

Lalu bagaimana prosedur tambah daya listrik ke PLN tersebut ? Anda cukup menyiapkan syarat yang diminta. Apa saja syaratnya ? Siapkan saja dokumen sebagai berikut :

  • Rekening terakhir
  • Copy KTP pemilik rumah, 2 lembar.
  • Copy KTP pemohon, 2 lembar.
  • Materai @6000, 2 lembar.
  • Surat kuasa (dari pemilik rumah ke pemohon) dilengkapi materai. Jadi kalau Anda misalnya penyewa rumah, maka harus membuat surat ini. Surat ini tidak perlu dibuat jika pemohon adalah sekaligus pemilik rumah.
  • Membayar biaya tambah daya. Untuk mengetahui berapa biaya tambah daya, Anda bisa mengeceknya di website simulasi tambah daya PLN, di https://web.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/simulasi-tagihan/simulasi-perubahan-daya.

Disamping itu, kita harus melengkapi persyaratan lainnya agar pengajuan tambah daya listrik dapat segera dilakukan. Berikut ini hal yang mesti diperhatikan untuk proses penambahan daya listrik.

  • Setuju dengan ketentuan Alat Pembatas dan Pengukuran (APP) PLN. Hal itu bertujuan untuk memudahkan petugas PLN melakukan pengecekan dan lebih aman.
  • Pelanggan dapat memelihara Alat Pembatas dan Pengukuran (APP) dan peralatan PLN yang disediakan.
  • Memberikan biaya kompensasi jika terjadi kerusakan atau kehilangan APP karena kelalaian pelanggan atau tindakan yang disengaja. Biaya dan kompensasi diterapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  • Membayar tagihan pemakaian listrik ke PLN tepat waktu.
  • Membayar tagihan tindak lanjut jika ditemukan pelanggaran penggunaan listrik. Tagihan juga berlaku jika ada penggunaan yang tidak terukur sepenuhnya. Biasanya penggunaan disebabkan oleh alat ukur yang tidak normal, bukan karena kesalahan pelanggan.
  • Jika pelanggan ingin memindahkan tiang listrik dan alat pendukung lainnya dengan persetujuan PLN, pelanggan harus menyediakan lokasi, membayar biaya pindah dan mengganti KWh yang tidak didistribusikan.
  • Melaporkan kepada PLN paling lama 7 hari setelah proses dilaksanakan dengan tetap memastikan bahwa prosedur telah dilaksanakan sesuai. Apabila dalam 7 hari tidak ada laporan, maka kegiatan tersebut dianggap tidak sesuai dengan ketentuan Pasal 8 ayat (1) huruf b.

Biaya Tambah Daya Listrik

Sebelum memutuskan menambah daya listrik, perlu Anda ketahui terlebih dahulu berapa biaya yang akan dikenakan, supaya Anda tidak kaget. Berikut daftar biaya yang harus Anda persiapkan untuk menambah daya listrik PLN.

Biaya koneksi

Biaya koneksi adalah biaya untuk mengubah daya yang ada. Jika saat ini Anda menggunakan 450 VA dan ingin menambah ke 1300 VA, maka akan dikenakan biaya untuk perubahan ini. Biaya koneksi akan bervariasi tergantung pada tingkat perubahan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengetahuinya lewat website simulasi yang telah Saya sebutkan.

Penggantian MCB

Saat menambah daya listrik PLN, Anda perlu mengganti MCB atau Miniature Circuit Breaker yang berfungsi sebagai pembatas arus listrik. Penggantian MCB sesuai besarnya daya listrik yang dibutuhkan. Harga peralatan MCB berkisar antara puluhan ribu hingga ratusan ribu, tergantung merk MCB yang dipakai.

Uang jaminan pelanggan

Uang jaminan pelanggan akan dibebankan kepada pengguna Pascabayar saat menambah listrik PLN. Jaminan ini tidak berlaku untuk pengguna prabayar.

Itulah tiga biaya utama yang dibutuhkan saat ingin menambah daya listrik. Total dana yang dibutuhkan bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah, tergantung perubahan daya yang diajukan.

Oh ya, sebelum melakukan penambahan daya, pastikan juga tidak mempunyai hutang kepada PLN, artinya semua tagihan rekening PLN harus sudah dilunasi terlebih dahulu.

Sebagai contoh nih, Saya mau menambah daya listrik dari daya 450 Watt rumah tangga ke 900 Watt. Maka menurut hasil simulasi, Saya harus bayar biaya tambah daya sebesar Rp. 489 ribuan, seperti gambar di bawah ini.


Tentu saja pada saat membaca artikel ini, mungkin tarifnya sudah berubah. Jadi Anda sebaiknya mengunjungi link website yang telah Saya sebutkan tadi.

Jika Anda melakukan tambah daya sekaligus mengganti meteran dari pasca bayar menjadi pra bayar atau sistem pulsa token, maka ada biaya tambahan lain yakni biaya buat isi pulsa. Untuk biaya ini bervariasi, tergantung keinginan kita, bisa yang 50 ribu atau yang sejuta juga bisa.

Adapun jika Anda hanya ingin mengganti meteran dari sistem pasca ke pra bayar, maka tidak ada biaya ganti meteran alias gratis, hanya biaya admin dibawah 5 ribuan dan biaya pulsa awal. Walaupun gratis, jangan lupa juga dikasih rokok dan kopinya juga ya, sebab mereka juga tamu kita.

Memang betul mereka juga digaji, tapi sebagai pemilik rumah yang baik, masa sih ngga ngasih sekedar air minum atau kopi buat tamu. Ya hitung-hitung menghormati tamu sajalah. Keluar uang sedikit nggap apa-apa, buat sedekah, daripada sekarang mau tambah daya listrik lewat calo, malah semakin runyam.

Tambah Daya Online

Penambahan daya dapat dilakukan secara online melalui situs resmi PLN. Berikut alurnya:

  • Buka halaman resmi layanan PLN, lalu klik "ganti daya" yang terletak di sebelah kiri.
  • Anda akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan. Klik Setuju untuk melanjutkan.
  • Setelah diklik, akan muncul form yang perlu Anda isi mulai dari customer ID dan lainnya.
  • Anda akan menerima email yang berisi kode konfirmasi. Kemudian masukkan kode tersebut di website PLN.
  • Setelah itu, PLN akan mengecek apakah sudah memenuhi persyaratan atau tidak. Jadi, pastikan Anda tidak menunggak rekening. Jika ada, maka Anda harus melunasi tunggakan tersebut dan mengulangi aplikasi ganti daya dari awal.
  • Jika Anda memenuhi persyaratan, Anda akan menerima izin instalasi email atau SIP. Di email tersebut akan ada nomor agenda dan nomor registrasi untuk pembayaran. Segera lakukan pembayaran melalui bank, ATM, atau loket PLN terdekat menggunakan nomor registrasi.
  • Segera setelah pelunasan masuk ke PLN, Anda akan diberikan Perjanjian Jual Beli Listrik atau SJBTL.
  • Pengganti meteran juga akan dilakukan oleh petugas PLN. PLN juga akan memperbarui informasi daya listrik Anda.
  • Proses dari mulai membayar biaya tambahan daya listrik hingga petugas PLN datang sekitar 7 hari. Namun, bisa jadi Anda menunggu lebih atau kurang dari itu.

Tambah Daya Tapi Ingin Hemat

Meningkatkan daya listrik berarti meningkatkan potensi biaya penggunaan listrik di bulan berikutnya. Agar tidak terlalu membebani keuangan Anda, diperlukan langkah-langkah untuk menghemat konsumsi listrik.

Menghemat pemakaian listrik bukan hanya soal uang, tapi ada tanggung jawab kita terhadap lingkungan. Seperti diketahui, energi masih menjadi masalah serius di banyak negara, tak sedikit masyarakat yang belum menikmati listrik.

Selain itu, sebagian besar pembangkit masih bertenaga batu bara yang kurang ramah lingkungan. Berikut beberapa tips sederhana agar Anda bisa menghemat listrik:

  • Cabut sakelar yang tidak digunakan.
  • Ketika keluar rumah, hindari meninggalkan perangkat elektronik seperti TV dengan sakelar masih terhubung karena listrik terbuang percuma.
  • Hemat penggunaan lampu dan jangan biarkan nyala sampai tengah hari.
  • Matikan perangkat elektronik saat tidur.

Demikian yang bisa Saya sampaikan seputar bagaimana cara tambah daya listrik beserta info biaya tambah daya listrik. Terkadang PLN menawarkan diskon tambah daya pada saat tertentu, jadi rajinlah mengecek website PLN bagi Anda yang akan melakukan tambah daya listrik.


Back To Top