Bagian Tubuh Sapi Yang Bisa dan Jangan Dikonsumsi


Sapi merupakan hewan yang sangat bermanfaat bagi manusia. Bagian-bagian tubuh sapi dari kulit, daging dan tulang serta jeroannya pun banyak dimanfaatkan atau dikonsumsi manusia.

Lalu bagian tubuh sapi yang manakah yang sebaiknya kita konsumsi dan sebaiknya kita hindari memakannya ? Tentunya hal ini tergantung kondisi setiap orang. Bagi orang yang kurang lemak, maka tak mengapa mengkonsumsi jeroan sapi yang banyak mengandung lemak. Namun sebaliknya bagi orang yang tubuhnya sudah kaya akan lemak alias gembrot, maka memakan jeroan sapi merupakan suatu kesalahan dan harus dihindari agar tidak menjadi pemicu timbulnya berbagai macam penyakit.

Berikut ini akan Saya tuliskan tentang bagian tubuh dari sapi beserta manfaatnya yang  bisa kita konsumsi atau kita hindari.




Kulit sapi
Biasanya kulit sapi dijadikan sebagai bahan kerupuk kulit. Mengandung banyak protein, lemak dan mineral. Jika kulit sapi dijadikan kerupuk kulit yang digoreng, maka komposisi lemak akan semakin berkali lipat karena dia menyerap minyak. Sehingga kerupuk kulit goreng ini  sebaiknya jangan dikonsumsi bagi mereka yang sudah punya kandungan minyak/lemak dalam tubuhnya berlebih.

Daging sapi
Yang saya maksud disini adalah daging sapi berwarna merah. Daging sapi ini mengandung banyak zat yang sangat penting bagi tubuh diantaranya zat besi, asam lemak, protein, seng dan berbagai vitamin. Daging sapi ini sangat cocok dikonsumsi terutama bagi mereka yang menderita anemia.

Hati sapi
Hati sapi juga banyak mengandung zat-zat penting yang diperlukan oleh tubuh, diantaranya zat besi, vitamin, fosfor, seng, protein, lemak dan kalsium. Sangat cocok dikonsumsi bagi mereka penderita anemia atau yang punya nilai hemoglobin rendah. Sangat dianjurkan bagi mereka yang baru sembuh dari sakit atau wanita hamil. Namun pastikan dalam memilih hati sapi, pilihlah yang masih fresh serta cucilah sampai bersih sebelum melakukan tindakan pemasakan.

Jeroan sapi
Jeroan sapi banyak mengandung lemak, protein, karbohidrat, berbagai mineral dan vitamin. Sangat cocok dikonsumsi bagi penderita darah rendah (anemia) serta ibu hamil. Jeroan juga dipercaya bisa  bermanfaat dalam menambah kekebalan tubuh dan menambah kecerdasan otak.

Lidah sapi
Sangat cocok dikonsumsi bagi penderita anemia, karena mengandung zat besi, seng dan vitamin B12.

Iga sapi
Walaupun kandungan kolesterolnya tinggi, iga sapi juga berguna untuk  mencegah dan mengatasi anemia, menyehatkan otat, baik bagi ibu hamil serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.




Tag : Makanan
Back To Top