Cara Memilih Nama Blog


Ada tiga aturan sederhana yang harus Anda ikuti ketika memilih nama sebuah blog.
  1. Harus menggambarkan tema blog Anda. Besar kemungkinan bahwa banyak orang yang akan melihat link ke blog Anda sebelum benar-benar membacanya di mesin pencari, misalnya. Coba tebak, jika hanya dengan melihat nama, pengunjung dapat mengetahui apa tema blog Anda, tentu mereka akan lebih cenderung untuk mengunjunginya.
  2. Harus mudah diingat. Jika pembicaraan blog Anda tentang tema seputar memonitisasi blog atau tips menghasilkan uang lewat blogging, maka penamaan blog Anda akan baik jika berjudul "Cara Mendapatkan Uang". Saya kira judul blog Saya ini cukup mendeskripsikan  blog Saya dan juga mudah diingat. Jadi ambillah dengan nama sederhana.
  3. Harus sama dengan nama domain.  Aturan ini sering diabaikan oleh orang-orang, mungkin karena menemukan domain yang cocok yang belum terdaftar  memang agak sulit. Namun jika nama domain Anda tidak cocok dengan nama blog Anda, mungkin Anda akan akan kehilangan beberapa pembaca potensial. Ketika orang mengunjungi blog Anda melalui link, mereka hanya akan membaca nama blog. Ketika mereka memutuskan untuk mengunjungi situs tersebut beberapa hari kemudian, mereka hanya akan mengetik nama diikuti dengan dot com. Jika mereka tidak menemukan blog Anda setelah mereka tekan enter, mereka akan pergi ke situs lain. Seperti blog Saya ini, sepertinya tidak mengikuti aturan ke 3, karena memang saat membuat blog ini, Saya tidak mengetahui aturan SEO dan tujuan utama membuat blog ini hanya untuk cuap-cuap saja. Namun seiring waktu, berdasarkan statistik di webmaster tool, ternyata banyak pengunjung yang tiba ke blog ini menggunakan kata kunci yang berhubungan dengan "cara mendapatkan uang". Akhirnya ya sudah, blog ini dikhususkan untuk tema tersebut, walau nama subdomainnya adalah nama Saya sendiri.

Back To Top