Siapakah Niki de Saint Phalle ?


Kalau Anda membuka situs Google hari ini, Anda akan melihat gambar doodle di bawah ini.

Niki de Saint Phalle

Gambar tersebut sebagai bentuk penghormatan terhadap Niki de Saint Phalle yang hari ini berulang tahun ke 84.

Emangnya siapa sih Niki de Saint Phalle itu ? Kok, Google membuat doodle penghormatan kepadanya ? Kenapa ngga bikin doodle Saya saja ya ?

Niki de Saint Phalle yang terlahir dengan nama Catherine-Marie-Agnès Fal de Saint Phalle pada tanggal 29 Oktober 1930 dan meninggal pada tanggal 21 Mei 2002 ini adalah seorang  pematung, pelukis, dan pembuat film dari Perancis.

Saint Phalle lahir di Neuilly-sur-Seine, Hauts-de-Seine, dekat Paris, hasil perkawinan antara  Count André-Marie Fal de Saint Phalle (1906-1967), seorang bankir Prancis, dan istrinya seorang Amerika, Jeanne Jacqueline Harper (1908-1980).  Dia memiliki empat saudara kandung, dan dua sepupu pertama  adalah novelis Perancis yang bernama Thérèse de Saint Phalle (Baroness Jehan de Drouas).

Niki de Saint PhallePada saat sedang mengalami Depresi Besar (Great Depression), keluarganya pindah dari Perancis ke Amerika Serikat pada tahun 1933, di mana ayahnya bekerja sebagai manajer bank keluarga Saint Phalle cabang Amerika. Saint Phalle terdaftar di sekolah bergengsi yakni Brearley School di New York City, namun dia dikeluarkan karena membuat lukisan daun ara merah pada patung-patung sekolah. Lalu dia pindah sekolah di Oldfields School di Glencoe, Maryland, di mana ia lulus pada tahun 1947. Selama usia remajanya, Saint Phalle adalah seorang model, pada usia delapan belas tahun, ia muncul di sampul majalah Life (26 September 1949) dan tiga tahun kemudian pada November 1952 dia muncul di sampul majalah French Vogue.

Pada umur delapan belas tahun, Saint Phalle kawin lari dengan penulis Harry Mathews, yang dia kenal sejak usia dua belas tahun dan pindah ke Cambridge, Massachusetts. Ketika suaminya belajar musik di Harvard University, Saint Phalle mulai melukis, bereksperimen dengan media dan gaya yang berbeda. Anak pertama mereka, Laura, lahir pada bulan April 1951.

Saint Phalle menolak dengan halus terhadap nilai-nilai konservatif keluarganya, yang mendikte posisi seorang istri dan aturan perilaku tertentu. Penyair John Ashbery mengatakan bahwa jiwa seni Saint Phalle itu ditolak oleh anggota keluarga Saint Phalle. Namun, setelah menikah muda dan menjadi seorang ibu, ia mendapati dirinya hidup berada dalam gaya hidup borjuis yang sama dimana  ia telah berusaha untuk menolak gaya itu, adanya konflik internal, serta mendapat kenang-kenangan dari perkosaan oleh ayahnya sehingga menyebabkan dia menderita gangguan saraf. Sebagai bentuk terapi, ia mendesak untuk membuat lukisan.

Ketika di Paris pada tugas pemodelan, Saint Phalle diperkenalkan kepada pelukis Amerika Hugh Weiss, yang menjadi  teman sekaligus mentornya. Dia mendorongnya untuk terus melukis dalam gaya otodidaknya.

Dia kemudian pindah ke Deia, Majorca, Spanyol, di mana anaknya, Philip, lahir pada bulan Mei 1955. Ketika di Spanyol, Saint Phalle membaca karya Proust dan mengunjungi Madrid dan Barcelona, di mana ia menjadi sangat dipengaruhi oleh karya Antoni Gaudí. Pengaruh Gaudí menghasilkan banyak karya yang tak terbayangkan sebelumnya untuk Saint Phalle, khususnya yang berkaitan dengan penggunaan bahan yang tidak biasa dan benda-benda-trouvés sebagai elemen struktur pada patung dan arsitektur. Saint Phalle secara khusus disambar Gaudí "Park Güell" yang membujuknya untuk membuat karya seni  yang menggabungkan elemen artistik dan alami.

Saint Phalle terus melukis, terutama setelah dia dan keluarganya pindah ke Paris pada pertengahan tahun 1950-an. Pameran seni pertamanya diadakan pada tahun 1956 di Swiss, di mana ia menampilkan gaya naifnya pada lukisan cat minyak. Dia kemudian mengambil pekerjaan kolase yang sering menampilkan gambar dari instrumen kekerasan, seperti senjata dan pisau.

Pada akhir 1950-an, Saint Phalle sakit  hipertiroidisme, yang akhirnya dirawat dan dioperasi pada tahun 1958. Pada awal 1960-an, ia ditinggalkan suami pertamanya.

Saint Phalle menciptakan "Shooting Painting" di awal 1960-an berupa seni potongan kantong plastik yang dicat dalam bentuk manusia yang ditutupi plester putih.

Setelah "Shooting Painting" datang masa ketika ia menjelajahi berbagai peran perempuan. Dia membuat boneka perempuan, seperti pengantin dan ibu melahirkan yang terbuat dari kerangka kawat dan mainan plastik, kemudian  semuanya dicat putih.

Terinspirasi oleh kehamilan temannya Clarice Price, istri seniman Amerika Larry Rivers, ia mulai menggunakan karya seninya untuk dapat mempertimbangkan sosok perempuan dalam kaitannya dengan  posisi perempuan dalam masyarakat. Ekspresi artistik dari perempuan biasa diberi nama 'Nanas'.

Pada tahun 1966, Saint Phalle berkolaborasi dengan  artis Jean Tinguely dan Per Olof Ultvedt (sv) pada instalasi patung besar-besaran, "hon-en Katedral" ("dia-katedral") untuk Moderna Museet, Stockholm, Swedia.  Selama pembangunan "hon-en Katedral," ia bertemu seniman Swiss Rico Weber (de), yang menjadi asisten penting dan kolaborator untuk de Saint Phalle dan Jean Tinguely. Selama tahun 1960, ia juga merancang dekorasi dan kostum untuk dua produksi teater. Pada tahun 1971, Saint Phalle dan Tinguely menikah.

Saint Phalle pindah ke California pada tahun 1994. Pada 17 November 2000 ia menjadi warga kehormatan dari Hannover, Jerman, dan menyumbangkan 300 buah karya seni nya ke Museum Sprengel. Pada tahun 2001, ia membuat sumbangan lain dari 170 buah untuk seni moderne Musée d'et d'Art Contemporain Nice. Saint Phalle meninggal di California pada 21 Mei 2002.

Nah, sekarang sudah tahu kan, mengapa dia dihormati Google ?

Tag : Internet
Back To Top