Cara Menghemat Pulsa Internet


Pulsa internet merupakan media vital bagi para peselancar dunia maya, ibarat ruhnya lah. Walaupun memang kita bisa internetan tanpa pulsa, semisal di tempat-tempat keramaian seperti mall dan kampus-kampus. Namun apabila kita hanya memburu gratisan, tentunya repot dong masa tiap hari harus pergi ke mall. Cara paling mudah, tentunya harus menghemat pulsa dengan cara bijak dalam menggunakan pulsa. Nah, kali ini Saya pingin sekali share bagaimana cara menghemat pulsa internet ala Saya sehingga dompet Anda tidak nangis tiap bulan dan puyeng mikirin duit buat beli pulsa internet.

Saya pingin cerita dulu yah, sebelum Saya memakai trik hemat yang nanti akan Saya jelaskan, tiap bulan Saya harus ngeluarin duit untuk beli pulsa sekitar 300 ribuan perbulan berdua dengan istri Saya. Buat apa ? Buat segala aktifitas internetan seperti browsing, streaming, download dan juga blogging tentunya.

Oke, sepertinya Anda sudah tidak sabar untuk mendapatkan cara rahasia Saya dalam menghemat kuota internet. Oh ya, Saya pakai simcard 3, karena jaringan three di tempat Saya paling kuenceng, bahkan si merah juga kalah sama si three ini. Operator yang lain nggak Saya pilih, soalnya jalannya kayak siput, kalau Saya browsing sambil makan, cepetan makan daripada loadingnya, parah. Harus diketahui juga, Saya pakai laptop bukan smartphone walaupun triknya juga bisa dijalankan via smartphone.

Inilah beberapa cara menghemat pulsa yang bisa Anda lakukan agar pulsa tetep nggak habis-habis.
Pertama, simpan modem sama kartunya di lemari, lalu kunci, kuncinya dibuang. Dengan cara gini, Anda hanya menyalakan laptop buat ngetik atau dengerin musik yang telah didownload saja, nggak bisa internetan, jadi Anda benar-benar bisa menghemat pulsa. Bener kan ?

Kedua, setelah Anda beli pulsa internetan, segera pergi ke toko komputer, lalu jual laptop Anda, dengan cara gini, diharapkan pulsa internetan Anda tidak akan berkurang.

Ketiga, kalau Anda menganggap Saya gila, jangan pakai cara ke 1 dan 2, pakai cara yang ke 3 yaitu sering berkunjung ke teman atau kerabat yang punya laptop dan pulsa internet. Coba Anda pinjem laptop mereka termasuk modemnya buat download atau browsing. Dengan begitu, mudah-mudahan Anda tidak bingung dengan biaya pulsa internetan bulanan.

Mudah-mudahan Anda sabar dan masih membaca artikel ini, karena Saya sudah mulai serius nih, mau ngasih tahu cara atau trik keempat yang merupakan trik rahasia tapi tidak rahasia lagi. Mengapa Saya pingin share cara ini ? Soalnya Saya kasihan buat sahabat-sahabat pemula yang sedang belajar bisnis internet dan terbelenggu dengan biaya pulsa. Khususnya buat temen-temen yang fokus jadi yutuber. Tentunya buat temen-temen yang fokus disana, butuh banyak kuota internet buat download dan upload video di youtube.

Caranya cukup mudah, Anda hanya membutuhkan simcard yang aktif, apa saja all operator, kalau Saya disini pakai kartu AON three yang masa aktifnya lumayan lama yang setahun. Kartu yang Anda pakai bisa kartu yang sudah terisi pulsa walau pun cuma 5000 atau bahkan yang tinggal 100 perak. Koq bisa ? Bisa, yang penting masih aktif lah. Dalam kasus ini, Saya masih memakai kartu 3 AON yang isinya masih 9,2 GB padahal Saya beli voucher pulsa 3 yang 10 GB sudah lewat sebulan dan sehari Saya bisa habis kuota 1 GB, tapi nyatanya pulsa masih sisa segitu. Koq bisa ?

Baca terus, jangan senang dulu dan ketawa-ketiwi ya. Setelah Anda siapkan simcardnya, pastikan juga laptop sama modemnya bisa dipakai, jangan pernah menggunakan laptop rusak dan modem yang sudah terlindas motor, nggak akan nyambung nantinya.

Laptop siap, modem siap, inilah senjata pamungkas buat menghemat pulsa internet yaitu software Open VPN. Saya nggak akan bahas apa itu Open VPN, karena di sini Anda pasti tujuannya nyari internet hemat, bukan nyari informasi teknik yang memusingkan. Iya kan ? Kalau mau tahu silahkan googling saja sendiri. Saya juga disini ngasih kail saja, bukan ngasih ikan, supaya kita terbiasa dengan proses, bukan dengan hasil.

Banyak sekali software Open VPN yang bisa Anda download gratis di internet, ukurannya pun nggak terlalu besar koq, jadi tidak menguras pulsa internet Anda. Sebagai contoh, yang Saya pakai adalah sofware OpenVPN GUI. Silahkan Anda cari software tersebut di internet dan langsung download saja. Ukurannya sekitar 15 MB, kalau sudah download, silahkan langsung install di laptop Anda. Beres ? Belum, karena di sini Anda baru menyediakan alat penghemat pulsanya saja, dan alat tersebut belum bisa dijalankan karena masih terkunci. Jadi Anda butuh kuncinya. Apa kuncinya ? Kuncinya adalah berbentuk file berisikan kode-kode yang akan memusingkan Anda jika dibaca yang dikenal dengan config.

Saya juga nggak akan membahas panjang lebar tentang config, soalnya pasti akan membuat pusing. Anda cukup tahu bahwa kunci untuk membuka software tersebut adalah file config. Setuju ? Lalu dari mana kita bisa mendapatkan config ? Anda bisa mendownloadnya di situs http://www.vpngate.net/en/. Silahkan kunjungi saja situs tersebut, tapi jangan tutup dulu blog ini, nanti Anda nggak tahu cerita endingnya. He..

Kalau sudah kunjungi situsnya, disitu banyak sekali daftar server yang bisa kita manfaatkan buat internetan hemat. Karena kita pakai Open VPN, maka yang dikasih tanda centang adalah yang Open VPN saja, untuk SoftEther VPN (SSL-VPN), L2TP/IPsec dan MS-SSTP dihilangkan tanda centangnya, lalu Refresh.

Setelah refresh, kita dapat daftar server khusus Open VPN dari berbagai negara. Silahkan pilih mau yang mana terserah Anda mau dari negara mana, scroll ke bawah untuk nyari tahu. Saya biasanya milih yang kecepatannya tinggi, biar nanti kecepatan internetnya juga kuenceng. Kecepatan bisa Anda lihat pada kolom ke 4 bertajuk Line quality. Cirinya pakai satuan Mbps.

Kalau sudah ketemu yang Anda pilih, pada kolom ke 7 ada tulisan "OpenVPN Config file", ini yang akan kita download dan kita sebut dengan istilah kuncinya atau config. Untuk mendownload, klik saja tulisan tersebut, nanti akan terbuka halaman baru yang berisi 4 tombol tulisan OpenVPN. Pilih satu persatu dan download satu persatu, jadi ada 4 file config yang sudah kita download. Jangan sampai lupa kita naruh file download tersebut di direktori mana, karena kita akan import file tersebut. Tidak ada yang dioprek atau diotak atik dengan file tersebut, biarkan saja.

Sampai sini, kita sudah punya software OpenVPN dan juga confignya. Selanjutnya adalah eksekusi. Namun sampai disini, Saya nggak mau dikatakan tukang ngibul. Sebelum eksekusi, cek dulu sisa pulsa internet Anda, lalu tulis berapa sisa pulsa dengan tulisan yang gede di kertas, kalau nggak ada kertas, ya sudah di telapak tangan saja. Tujuannya apa ? Buat bandingkan berapa pulsa sebelum dan sesudah, dan berapa pulsa yang terpakai setelah pakai cara ini. Oke ? Penasaran ?




Lanjut. Sekarang buka aplikasi OpenVPN yang telah diinstal. Mengapa Saya pakai aplikasi ini ? Karena gratis, nggak usah beli.

Sebelum eksekusi, pastikan 4 file config yang tadi, pindahkan ke direktori C komputer kita, tepatnya pindahkan file tadi ke (C:) > Program Files > OpenVPN > config. Jadi copy file tadi, masukkan ke folder config tadi.




Setelah itu, sebelum membuka aplikasi OpenVPN, generate dulu file yang dimasukkan ke folder config tadi. Caranya, pada Start, cari Generate a static OpenVPN key dan klik saja.




Akan muncul jendela dos, lalu tekan tuts apa saja untuk menggenerate. Sekarang apliksi bisa dijalankan dengan membuka OpenVPN GUI di Start lalu klik kanan dan Run as administrator.





Maka di bar sebelah kanan bawah, akan muncul gambar monitor warna abu-abu. Kalau di klik kanan, maka akan muncul file config tadi yang sudah didownload. Silahkan pilih satu persatu lalu konek. Namun sebelumnya pastikan dahulu, modem sudah terpasang dan sudah dikoneksi.





Koneksikan satu per satu dan jika berhasil, maka lambang monitor abu-abu nantinya akan berubah menjadi warna hijau. Itu artinya kita sudah tersambung dan bisa mencoba internet hemat. Bisa dicoba dengan nonton video di Youtube atau nonton tv streaming. Kecepatan internetnya akan mengikuti kecepatan server yang sudah kita pilih.




Jika Anda gagal dengan server pilihan Anda, cari lagi server lain, karena masih banyak. Begitulah seterusnya sampai Anda menemukan file config yang bisa konek. File config yang sekiranya tidak konek dan tak terpakai, silahkan di delete saja dari folder config tadi.

Memang dibutuhkan kerja keras dan waktu agar Anda bisa menghemat pulsa internet. Namun ada cara efektif dalam membuat config yang tokcer, silahkan Anda coba saja browsing di internet yah, masa harus disuapin terus. Insya Allah nanti Saya bikin artikelnya, soalnya kalau bikin sekarang, artikelnya terlalu panjang, mungkin bisa nyampai 5000 kata, Anda akan pusing sendiri soalnya dihadapkan dengan berbagai script dan kode edan. Makanya jangan heran kalau ada orang yang jual config file buat internetan gratis, soalnya bikin config filenya yang ribet setengah mati kalau Anda nggak ngerti. Namun walau dijual, tapi masih lebih murah dibanding harus beli pulsa internetan yang kuotanya terbatas, kecepatannya ngeselin.  Koq buat internetan gratis malah jual confige filenya, jadi nggak gratis dong ? Lha iya, makanya Saya ngasih judulnya pun cara menghemat pulsa internet, bukan cara internet gratis. Karena kalau Anda dipusingkan dengan config, ya sudah mending beli saja, kalau nggak mau, ya silahkan buat sendiri. Jelas ?

Setelah konek dan melakukan internetan, sekarang saatnya compare atau membandingkan pulsa sebelum dan sesudah.


Anda lihat sendiri, Saya internetan mulai pukul 03.47 sore dan dibiarkan nyambung sampai pukul 08.48 malam nonton tv streaming. Pulsa awal dan akhir menunjukkan nilai yang sama yaitu 9214 MB. Jadi Saya hanya menggunakan pulsa 0 MB, artinya tidak ada pulsa yang terpakai sedikit pun. Keren kan ?

Sekarang Anda tinggal prakteknya,silahkan bongkar ilmu buat confignya atau beli pada orang yang jual. Saya sendiri nggak jual, soalnya nanti Saya malah akan ngasih cara bikin config yang keren dan akan membuat Anda terheran-heran bisa internetan seperti kayak kilat wuz-wuz wuz hanya dengan 0 MB. Kapan ? Ntar lah, Saya sekarang masih sibuk dan fokus lagi garap proyek di yutub memanfatkan trik hemat pulsa internet ini buat upload beribu-ribu video untuk mendapatkan dollar.

Kalau berhasil dengan proyek ini, Saya nggak akan sungkan-sungkan ngasih pancing sama kailnya nanti, biar nggak ada pengangguran di bumi Indonesia, biar kita rampok tuh dollarnya Amerika ke Nusantara, kalau perlu kita beli tuh si Google dan si Youtube, sekalian sama si Facebook-nya.

Udah, gitu aja sharing Saya kali ini, nantikan share Saya yang lebih edan nanti ya. Share juga sama temen-temen kalau pingin lebih mudah dapat ilmu baru dan gendeng. Saya juga gitu, kalau pingin punya ilmu baru yang lebih gila, resepnya share semua ilmu yang Saya punya, jangan ditutup-tutup. Kasih semua pancing dan kailnya, nggak perlu bikin ebook tutorial atau video tutorial kayak mastah-mastah lalu dijual mahal, harganya diluar nalar. Oke, see you again.

Back To Top