Syarat dan Ketentuan Menjadi Pramugari


Apakah Anda ingin menjadi seorang pramugari ? Anda harus memenuhi persyaratan dan ketentuan untuk menjadi pramugari. Persyaratan pendaftaran masuk jadi pramugari Garuda atau pramugari lainnya sebetulnya secara umum saja. Berikut ini Saya tulis beberapa hal yang terkait dengan syarat yang harus dipenuhi oleh seorang yang ingin menjadi pramugari.

Cantik
Agar menjadi seorang pramugari, syarat utama adalah harus tampil menarik dan cantik. Pramugari harus menggunakan make up yang super tebal agar dengan warna eyeshadow yang mencolok. Jangan lupa kuku tangan Anda jangan terlihat panjang dan kotor serta pastikan kulit tangan tidak bersisik. Kulit harus selalu mengkilap dan tidak terlihat noda atau bercak jerawat setitik pun.

Tidak bau badan
Bau badan biasanya timbul dari banyaknya keringat. Jika Anda punya keringat berlebihan maka dipastikan sangat susah untuk bisa menjadi pramugari. Seorang pramugari harus selalu segar dan tidak berkeringat. Coba bayangkan jika pramugari berkeringat dan basah di bagian ketiak. Tnetu bisa jadi bahan olok-olok penumpang. Jadi, calon pramugari sebaiknya menggunakan parfum setiap saat dan menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung bawang.

Sehat dan kuat
Memiliki tubuh yang sehat dan kuat adalah salah satu syarat menjadi pramugari. Beberapa maskapai memberi sejumlah pelatihan yang terkait dengan kesehatan dan kekuatan fisik, seperti membuka dan mengangkat pintu jendela darurat seberat 28 kg dan juga berenang sejauh 50 meter dengan seragam lengkap. Seorang pramugari harus memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, agar tidak mudah sakit setelah perjalanan jauh.

Tidak berkacamata
Seorang pramugari harus memiliki surat keterangan dari dokter yang mengatakan kalau dirinya tidak perlu menggunakan lensa kontak atau kacamata.

Warna rambut
Beberapa maskapai menentukan sendiri bagaimana warna rambut pramugarinya. Contohnya Qantas, kru kabin maskapai ini diharuskan berwarna gelap dan digelung.

Kuat mental 
Seorang pramugari diharapkan bisa memberikan sikap tenang dan menenangkan penumpang dalam kondisi apapun.

Tinggi dan berat badan
Aturan tinggi dan berat badan pramugari, berbeda tiap maskapai. Sebagai contoh, untuk menjadi seorang pramugari Qantas, Anda harus memiliki tinggi antara 163 dan 183 cm. Hal lain yang tak kalah penting jika ingin menjadi pramugari adalah Anda harus bisa duduk di bangku khusus pramugari tanpa sabuk pengaman. Tubuh Anda juga harus bisa masuk melalui jendela darurat.

Tidak menggunakan aksesori yang mengkilap
Seorang pramugari tidak boleh menggunakan aksesoris yang terlalu mengkilap karena bisa mencolok perhatian.

Berpenampilan wajar
Yang ingin menjadi pramugari tidak boleh memiliki tato di bagian tubuh yang terlihat. Tindikan atau gaya rambut yang tidak biasa juga tidak diperbolehkan.

Tidak jorok
Seorang pramugari harus menyadari betapa pentingnya kebersihan sehingga semua kabin pesawat bisa terjaga kebersihannya.

Bersikap ramah
Salah satu tugas pramugari adalah memberikan pelayanan penuh kepada penumpang. Oleh karena itu mreka harus bertanya apa saja kebutuhan penumpangnya dan harus selalu bersikap ramah menghadapi semua karakter penumpang.

Itulah beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh seorang calon pramugari.

Tag : Pramugari
Back To Top