Usaha warung kopi yang sukses - Tidak ada rahasia tersenbunyi dari sebuah warung kopi yang bisa sukses. Sebagian besar rahasia sukses dalam bisnis adalah kerja keras, pengalaman yang luas, atau keberuntungan atau kombinasi dari ketiganya.
Ada oramg yang telah mendidirikan dan mengelola belasan warung kopi dengan berbagai tingkat keberhasilan. Aada ratusan alasan mengapa sebuah warung kopi bisa sukses berhasil termasuk juga faktor keberuntungan. Ini dia beberapa faktor yang menunjang usaha warung kopi bisa sukses.
Melayani konsumen secara konsisten dengan racikan terbaik
Sangat jarang dalam bisnis menemukan sebuah produk yang secara konsisten menawarkan produk berkualitas 100%. Tapi jika sebuah racikan kopi rahasia milik Anda yang merupakan salah satu racikan langka di mana bisa konsisten 100% dalam hal kualitas, maka ini adalah kunci kesuksesan buat Anda. Pelanggan pastinya akan berjalan melewati sepuluh pesaing warung kopi lainnya untuk mendapatkan aroma terbaik, itulah dengan sebab faktor ini saja berarti Anda tidak perlu sangat terlihat atau menonjol dari segi tempat, tidak harus di lokasi yang paling mahal. Jadi belilah mesin kopi yang terbaik, hanya membeli kopi berkualitas dan ciptakan racikan rahasia Anda.
Ergonomi itu penting
Ergonomi disini maksudnya desain dan tata letak antara penerima order, peracik kopi, pengantar pesanan dan pemesan tidak terlalu berjauhan sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuat secangkir kopi spesial. Ingat bahwa tingginya volume penjualan kopi adalah fondasi dari suksesnya setiap waung kopi. Jadi pastikan penataan ruang dilakukan secara sempurna, sehingga akses antara pemesan dan pelayan sangat begitu mudah.
Kasih kartu diskon
Tidak ada yang lebih baik daripada melihat pelanggan baru dengan wajah menyala ketika Anda memberi mereka kupon diskon, misalnya datang ke warung kopi 7 kali (7 cangkir), dapatkan satu cangkir gratis pada datangan ke kedelapan. Cara yang lain, silahkan pikir saja sendiri.
Mempromosikan penjualan produk sampingan
Sebuah warung kopi mungkin tidak akan pernah membuat cukup uang dari penjualan kopi saja. Kopi dapat menjadi motivator utama bagi pelanggan datang ke warkop, tetapi usahakan mereka juga harus melakukan beberapa pebelian produk lainnya jika Anda ingim sukses. Sebagai contoh, pastikan ada produk lain yang menyertai kopi semacam muffin, cookies, kue, minuman dingin, atau makanan panas dan lainnya.
Batasi produk
Banyak pemula yang bisnis warung kopi berpikir bahwa adanya aneka macam penawaran produk yang banyak adalah kunci keunggulan dalam bersaing. Mereka lupa bahwa pelanggan hanya lapar atau haus atau keduanya, dan justru dengan adanya berbagai pilihan bagi kebanyakan orang akan menciptakan penderitaan. Jadi ambil kategori yang diperlukan dengan penawaran terbatas dan strategis. Misal tiga rasa saja sudah cukup, tiga ukuran juga sudah cukup, tiga jenis makanan atau minuman juga sudah cukup.
Margin keuntungan yang wajar
Harga jual harus sesuai dengan nilai yang dirasakan pelanggan. Untuk beberapa item terkenal, Anda akan perlu memberikan harga normal atau bahkan di bawah harga pasar, dan kerugian ini harus diambil dengan margin tinggi pada barang-barang lainnya yang termasuk eksklusif di warung kopi Anda. Jadi jangan menambahkan markup harga yang sama secara keseluruhan.
Dapatkan strategi daya tarik
Mendapatkan daya tarik di pasar yang kompetitif seperti warung kopi sangatlah penting, dan Anda perlu memiliki pemahaman yang jelas tentang bagaimana mendapatkan pelanggan untuk kembali ke warung kopi dan merujuk temannya untuk bergabung di kafe Anda.
Layanan counter
Layanan counter adalah sistem pelayanan yang termurah, paling efisien dan efektif untuk kedai kopi, dan diterima sepenuhnya oleh pelanggan, berkat keberhasilan sistemnya McDonalds. Layanan ini dilakukan dengan cara, pelanggan memesan dan membayar dimuka, memberi mereka nomor pada meja mereka, dan menunggunya sampai order sudah siap.
Memahami apa yang Anda jual
Pemilik coffee shop tidak sepenuhnya memahami kebutuhan pelanggan, sehingga harus selalu belajar apa keinginan setiap pelanggan. Pelanggan yang datang ke kedai kopi punya banyak alasan, bukan sekedar lapar dan haus. Ada yang melarikan diri dari kantor karena stres, ada yang bertujuan untuk mempertahankan relasi, dijadikan tempat untuk melakukan beberapa pekerjaan reflektif, kesempatan untuk terlibat dengan staf coffee shop agar akrab atau karena kesepian, atau sebagai tempat untuk melakukan bisnis dan mencapai kesepakatan. Memahami kebutuhan pelanggan benar-benar akan membantu dalam membuat sebuah penawaran dan membuat keputusan yang membuat pelanggan Anda bisa kembali dan mempertahankan kesuksesan kedai kopi ini.
Bebaskan pelanggan berjam-jam tapi
Saya tahu bahwa semua kedai kopi memberikan rasa nyaman dengan Wi-Fi gratis dan banyak hiburan. Setiap pelanggan duduk dengani satu cangkir kopi selama berjam-jam menikmati semua manfaat tersebut dan tidak harus membayar sewa. Kedai kopi yang paling sukses secara finansial tidak memiliki sejumlah bangku dan kursi yang nyaman untuk membuat tampilan kedai kopi dicintai. Jangan seperti itu, tapi berkonsentrasilah membangun bisnis yang berbeda. Misalnya pelanggan pulang dengan membayar harga yang sama dengan duduk berjam-jam sambil internetan gratis tetapi pastikan mereka bisa mengundang temannya yang diajak chatting untuk main ka cafe Anda dengan menggunakan Wi-Fi gratis. Caranya bagaimana ? SIlahkan dikemas secara apik.
Pelayanan ada di garis depan
Warung kopi seperti halnya restoran, harus engutamakan pelayanan dari pada hanya sekedar transaksional. Bisnis transaksional masih bisa berhasil tanpa non-pemiliknya, namun sebuah kedai kopi membutuhkan perhatian dan keterlibatan pemiliknya. Pelanggan mengharapkan pelayanan yang bagus dari pemilik dan para pelayannya.
Saya tidak memasukkan lokasi dengan lalu lintas pejlan kaki yang tinggi pada daftar di atas. Alasannya adalah faktor itu tidak selalu mensuksesan sebuah warung kopi. Memang, Anda harus berada di daerah di mana terdapat jumlah orang yang memadai yang bisa melihat warung kopi, tetapi Anda tidak memerlukan lokasi yang sangat ramai. Bagi pemula, hal itu akan membuat dana membengkak karena sewa tempat yang mahal. Anda akan bersaing memperebutkan tempat dengan para penyewa kelas kakap seperti bank, perusahaan telekomunikasi, rumah mode, franchise, sehingga mustahil untuk mendapatkan tempat yang sangat mahal hanya untuk bisnis kedai kopi. Lokasi yang ramai tidak selalu diterjemahkan sebagai omset yang tinggi untuk warung kopi. Anda jangan membuat kesalahan karena gagal menyadari bahwa warung kopi adalah tempat tujuan para pencari ketenangan dan jika terlalu banyak orang yang melintas atau ramai, berarti orang lebih terfokus untuk mendapatkan tempat lain yang lebih pas daripada berhenti untuk menikmati penawaran Anda.
Memang artikel ini belum lengkap memberikan tips bagaimana cara usaha warung kopi yang sukses, tapi mudah-mudahan Anda mendapat gambaran setelah membaca artikel ini.
Ada oramg yang telah mendidirikan dan mengelola belasan warung kopi dengan berbagai tingkat keberhasilan. Aada ratusan alasan mengapa sebuah warung kopi bisa sukses berhasil termasuk juga faktor keberuntungan. Ini dia beberapa faktor yang menunjang usaha warung kopi bisa sukses.
Melayani konsumen secara konsisten dengan racikan terbaik
Sangat jarang dalam bisnis menemukan sebuah produk yang secara konsisten menawarkan produk berkualitas 100%. Tapi jika sebuah racikan kopi rahasia milik Anda yang merupakan salah satu racikan langka di mana bisa konsisten 100% dalam hal kualitas, maka ini adalah kunci kesuksesan buat Anda. Pelanggan pastinya akan berjalan melewati sepuluh pesaing warung kopi lainnya untuk mendapatkan aroma terbaik, itulah dengan sebab faktor ini saja berarti Anda tidak perlu sangat terlihat atau menonjol dari segi tempat, tidak harus di lokasi yang paling mahal. Jadi belilah mesin kopi yang terbaik, hanya membeli kopi berkualitas dan ciptakan racikan rahasia Anda.
Ergonomi itu penting
Ergonomi disini maksudnya desain dan tata letak antara penerima order, peracik kopi, pengantar pesanan dan pemesan tidak terlalu berjauhan sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuat secangkir kopi spesial. Ingat bahwa tingginya volume penjualan kopi adalah fondasi dari suksesnya setiap waung kopi. Jadi pastikan penataan ruang dilakukan secara sempurna, sehingga akses antara pemesan dan pelayan sangat begitu mudah.
Kasih kartu diskon
Tidak ada yang lebih baik daripada melihat pelanggan baru dengan wajah menyala ketika Anda memberi mereka kupon diskon, misalnya datang ke warung kopi 7 kali (7 cangkir), dapatkan satu cangkir gratis pada datangan ke kedelapan. Cara yang lain, silahkan pikir saja sendiri.
Mempromosikan penjualan produk sampingan
Sebuah warung kopi mungkin tidak akan pernah membuat cukup uang dari penjualan kopi saja. Kopi dapat menjadi motivator utama bagi pelanggan datang ke warkop, tetapi usahakan mereka juga harus melakukan beberapa pebelian produk lainnya jika Anda ingim sukses. Sebagai contoh, pastikan ada produk lain yang menyertai kopi semacam muffin, cookies, kue, minuman dingin, atau makanan panas dan lainnya.
Batasi produk
Banyak pemula yang bisnis warung kopi berpikir bahwa adanya aneka macam penawaran produk yang banyak adalah kunci keunggulan dalam bersaing. Mereka lupa bahwa pelanggan hanya lapar atau haus atau keduanya, dan justru dengan adanya berbagai pilihan bagi kebanyakan orang akan menciptakan penderitaan. Jadi ambil kategori yang diperlukan dengan penawaran terbatas dan strategis. Misal tiga rasa saja sudah cukup, tiga ukuran juga sudah cukup, tiga jenis makanan atau minuman juga sudah cukup.
Margin keuntungan yang wajar
Harga jual harus sesuai dengan nilai yang dirasakan pelanggan. Untuk beberapa item terkenal, Anda akan perlu memberikan harga normal atau bahkan di bawah harga pasar, dan kerugian ini harus diambil dengan margin tinggi pada barang-barang lainnya yang termasuk eksklusif di warung kopi Anda. Jadi jangan menambahkan markup harga yang sama secara keseluruhan.
Dapatkan strategi daya tarik
Mendapatkan daya tarik di pasar yang kompetitif seperti warung kopi sangatlah penting, dan Anda perlu memiliki pemahaman yang jelas tentang bagaimana mendapatkan pelanggan untuk kembali ke warung kopi dan merujuk temannya untuk bergabung di kafe Anda.
Layanan counter
Layanan counter adalah sistem pelayanan yang termurah, paling efisien dan efektif untuk kedai kopi, dan diterima sepenuhnya oleh pelanggan, berkat keberhasilan sistemnya McDonalds. Layanan ini dilakukan dengan cara, pelanggan memesan dan membayar dimuka, memberi mereka nomor pada meja mereka, dan menunggunya sampai order sudah siap.
Memahami apa yang Anda jual
Pemilik coffee shop tidak sepenuhnya memahami kebutuhan pelanggan, sehingga harus selalu belajar apa keinginan setiap pelanggan. Pelanggan yang datang ke kedai kopi punya banyak alasan, bukan sekedar lapar dan haus. Ada yang melarikan diri dari kantor karena stres, ada yang bertujuan untuk mempertahankan relasi, dijadikan tempat untuk melakukan beberapa pekerjaan reflektif, kesempatan untuk terlibat dengan staf coffee shop agar akrab atau karena kesepian, atau sebagai tempat untuk melakukan bisnis dan mencapai kesepakatan. Memahami kebutuhan pelanggan benar-benar akan membantu dalam membuat sebuah penawaran dan membuat keputusan yang membuat pelanggan Anda bisa kembali dan mempertahankan kesuksesan kedai kopi ini.
Bebaskan pelanggan berjam-jam tapi
Saya tahu bahwa semua kedai kopi memberikan rasa nyaman dengan Wi-Fi gratis dan banyak hiburan. Setiap pelanggan duduk dengani satu cangkir kopi selama berjam-jam menikmati semua manfaat tersebut dan tidak harus membayar sewa. Kedai kopi yang paling sukses secara finansial tidak memiliki sejumlah bangku dan kursi yang nyaman untuk membuat tampilan kedai kopi dicintai. Jangan seperti itu, tapi berkonsentrasilah membangun bisnis yang berbeda. Misalnya pelanggan pulang dengan membayar harga yang sama dengan duduk berjam-jam sambil internetan gratis tetapi pastikan mereka bisa mengundang temannya yang diajak chatting untuk main ka cafe Anda dengan menggunakan Wi-Fi gratis. Caranya bagaimana ? SIlahkan dikemas secara apik.
Pelayanan ada di garis depan
Warung kopi seperti halnya restoran, harus engutamakan pelayanan dari pada hanya sekedar transaksional. Bisnis transaksional masih bisa berhasil tanpa non-pemiliknya, namun sebuah kedai kopi membutuhkan perhatian dan keterlibatan pemiliknya. Pelanggan mengharapkan pelayanan yang bagus dari pemilik dan para pelayannya.
Saya tidak memasukkan lokasi dengan lalu lintas pejlan kaki yang tinggi pada daftar di atas. Alasannya adalah faktor itu tidak selalu mensuksesan sebuah warung kopi. Memang, Anda harus berada di daerah di mana terdapat jumlah orang yang memadai yang bisa melihat warung kopi, tetapi Anda tidak memerlukan lokasi yang sangat ramai. Bagi pemula, hal itu akan membuat dana membengkak karena sewa tempat yang mahal. Anda akan bersaing memperebutkan tempat dengan para penyewa kelas kakap seperti bank, perusahaan telekomunikasi, rumah mode, franchise, sehingga mustahil untuk mendapatkan tempat yang sangat mahal hanya untuk bisnis kedai kopi. Lokasi yang ramai tidak selalu diterjemahkan sebagai omset yang tinggi untuk warung kopi. Anda jangan membuat kesalahan karena gagal menyadari bahwa warung kopi adalah tempat tujuan para pencari ketenangan dan jika terlalu banyak orang yang melintas atau ramai, berarti orang lebih terfokus untuk mendapatkan tempat lain yang lebih pas daripada berhenti untuk menikmati penawaran Anda.
Memang artikel ini belum lengkap memberikan tips bagaimana cara usaha warung kopi yang sukses, tapi mudah-mudahan Anda mendapat gambaran setelah membaca artikel ini.
Tag :
Warung Kopi