Oli Samping Idemitsu


Kalau Saya lihat, ketika ngetik oli samping Idemitsu, umumnya di laman pertama Google, banyak toko online yang menawarkan produk tersebut. Setidaknya ada 3 toko online yang menawarkan produk serupa.

Dalam blog ini Saya mau menulis sedikit informasi tentang daftar harga terbaru dan review oli samping racing Idemitsu 2T pada motor Kawasaki Ninja 150.

Oli Samping Idemitsu Terlaris di Pasar Online Indonesia

Saya telah mensurvei produk yang terkait dengan oli samping Idemitsu di Bukalapak dengan maksud pingin tahu produk jenis mana yang paling laris di toko online ini. Hasil penelitian Saya disimpulkan bahwa produk oli Idemitsu yang paling laris di Bukalapak adalah seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

Oli Samping Idemitsu Baru

Produk oli samping 2Tax Idemitsu Racing FC Semi-Synthetic Original JASO M345 di atas punya volume 800 cc atau 0,8 liter atau 800 ml dan di Bukalapak dijual pada kisaran Rp. 43.000 – Rp. 75.000.

Oli Idemitsu 2T dengan performance level  JASO FC ini terbuat dari bahan dasar terpilih sehingga dapat mengurangi pembentukan asap, mencegah pembentukan karbon serta melancarkan sistem pembuangan dari penyumbatan.

Jenis oli Idemitsu ke 2 yang paling laris di Bukalapak adalah seperti pada gambar di bawah ini :

Oli Samping Idemitsu Lawas

Oli Samping Idemitsu Racing Old 800ml di atas merupakan Idemitsu jadul atau lawas dengan kemasan warna silver yang katanya lebih jos daripada yang sekarang plus wanginya lebih yahud dan sudah JASO FC juga. Di Bukalapak dijual di kiaran harga Rp. 100.000 - Rp. 101.000.

Olsam ini bermanfaat untuk perlindungan maksimal motor 2T kesayangan Anda. Oli ini sangat cocok untuk Motor Ninja 2T series, RX Series, NSR series, Satria 2T series, dan lainnya.

Sementara itu di pasar online lain yakni Blibli, produk oli samping Idemitsu terlaris juga sama dengan yang ada di Bukalapak yankni oli Idemitsu kemasan warna emas dengan harga jual di kisaran Rp. 48.000 – Rp. 61.900. Sedangkan untuk versi lawasnya tidak ditemukan di Blibli.

Adapun di Tokopedia pun sama saja dengan di Bukalapak. Berdasarkan banyaknya ulasan dari para pembeli di Tokopedia, oli Idemitsu terpopulr di Tokopedia adalah oli Idemitsu kemasan emas dengan harga jual di kisaran Rp. 42.000 – Rp. 50.000. Adapun untuk tipe lawasnya, walaupun ada di etalase, namun belum ada ulasan dari pembeli karena belum ada yang membeli. Hal ini boleh jadi karena harganya yang terlalu mahal yakni di kisaran Rp. 160 ribuan per botol.

Sebenarnya masih ada toko online lainnya yang juag menjual oli samping Idemitsu dengan variasi harga yang berbeda serta jenis oli yang bervariasi. Berikut ini adalah daftar harga oli motor Idemitsu terbaik 2020 menurut website iprice.
1. Idemitsu - 4T SL/MA 10W-40 Semi-Synthetic (1 L) - Rp 53.000 (Lazada)
2. Idemitsu - 4T SL/MA2 5W-40 Fully Synthetic (1L) – Rp 195.000 (Lazada)
3. Idemitsu Oli Motor Samping FC 2T JASO M345 800ml Original Asli - Rp 50.000 (Lazada)
4. Idemitsu Oli Motor 2T Racing 0.8L - Rp 150.000 (Shopee)
5. Idemitsu Oli Lawas - Rp 316.000 (Shopee)
6. Idemitsu Oli Motor Extreme Touring 4T 10W-40 1L - Rp 165.000 (Shopee)
7. Idemitsu - 4T SL/MB 10W-30 Matic (800 ml) - Rp 47.000 (Lazada)
8. Idemitsu 2T Oli Samping Motor 800ML - Rp 44.000 (Lazada)
9. Idemitsu OLI MESIN MOTOR MATIC SL/MB 10W-30 (800 ML) - Rp 36.500 (Lazada)
10. Idemitsu Oli motor matic 10w40 - Rp 39.500 (Lazada)

Review Oli Samping Idemitsu Lawas pada Kawasaki Ninja 150

Review ini adalah hasil review admin blog Semar Moto yang Saya tulis ulang sekedar untuk menambah pengetahuan dan berbagi pengalaman dari pengalamn pribadi admin blog. Yang mau baca-baca blog tersebut, silahkan kunjungi Semar Moto Blog.

Menurut beliau, masalah oli mesin itu cocok-cocokan dan sesuai selera, tapi untuk oli samping pastinya berbeda, sebab oli samping itu hal yang wajib pada motor 2 tax, sebab kalau kagak ada oli samping, maka dijamin piston bisa macet, terus liner dinding silinder bisa baret, harus ganti ring dan piston, dan kalau kondisi parah, kita mesti ganti blok silinder.

Lalu oli samping apa yang paling bagus?. Tentu saja oli samping yang bagus adalah yang paling tinggi sertifikasinya serta yang menyisakan kerak pembakaran paling sedikit. Kalau saja kriterianya harus kayak gitu, maka tentu saja mesti menggunakan oli samping yang tidak murah.

Adapun untuk motor Kawasaki, menurutnya Kawasaki Genuine Oil (KGO) pun sudah pasti bagus juga, karena olsam KGO adalah rekomendasi dari Kawasaki Motor Indonesia. Cuman karena KGO semakin naik harganya, maka ada rider yang berprinsip ekonomis yakni nyari oli samping substitusi yang harganya lebih murah tapi kualitasnya sama.

Setelah lama dibanding-banding, akhirnya jatuh pilihan kepada oli samping Idemitsu, sebab KGO sendiri ternyata buatan Idemitsu. Jika tidak percaya bisa dibaca sendiri pada kemasannya. Lantas bagaimana hasil dari review oli samping Idemitsu yang diguanakan pada motor Kawasaki Ninja 150? Untuk detailnya, kira-kira seperti di bawah ini hasilnya.


Kawasaki Ninja 150 milik Semar Moto Blog

Sisa kerak pembakaran
Berdasarkan pengalaman beliau, asalkan settingan oli sampingnya tidak terlalu boros, maka timbunan keraknya juga tidak terlalu banyak. Namun jika sudah ganti knalpot racing, lebih baik sedikit diboroskan saja oli sampingnya agar liner gak cepat baret.

Suhu mesin
Ketika menggunakan oli samping merk Idemitsu ini, ternyata tingkat panas pada radiator masih normal. Kondisi jalan lancar dan adem, tapi kalau jalanan macet, ada panas pada mesinya sedikit.

Harga
Idemitsu termasuk oli samping yang direkomendasika, sebab lebih murah daripada KGO, meskipun isinya lebih sedikit 200ml.

Performa mesin
Perbandingan oli samping dengan KGO sebenarnya tidak beda terlalu jauh, mungkin bisa dikatakan kualitasnya 11-12, baik akselerasi maupun top speednya.

Setelah Saya bandingkan hasil review beliau, ternyata manfaat yang dirasakan terbukti dengan apa yang diklaim di website resmi produk oli Idemitsu.

Menurut website tersebut, oli Idemitsu ini bermanfaat dalam hal :
- Memberikan performa terbaik pada mesin tanpa menghasilkan asap karena special base oil.
- Mencegah pembentukan karbon dan penyumbatan pada saluran pembuangan.
- Mencegah korosi dan karat.
- Melindungi mesin dari keausan.
- Memperpanjang usia mesin dan meningkatkan efisiensi saat berkendara.

Yang mau tahu review lainnya bisa dilihat di video berikut ini :


Idemitsu Sponsor Nakagami

Menurut Tribun Bali, bahwa MotoGP 2020 disambut Tim LCR-Honda dengan memarkan livery utama motor baru RC213V yang akan digunakan Cal Crutchlow untuk MotoGP 2020. Crutchlow biasanya menggunakan minimal 3 jenis livery yang berlainan dalam satu musim, tentu saja dari sponsor yang berbeda juga.

Yang pertama adalah GIVI. Tulisan GIVI ini punya warna latar belakang merah dengan huruf  berwarna putih tebal, yang terpasang dengan ukuran cukup besar di fairing samping motornya. GIVI adalah pabrikan aksesori motor yang terkenal dengan boksnya.

Pada balapan tertentu akan memakai pabrikan aksesori Rizoma yang khas dengan warna hitam, lalu juga pabrikan minyak Castrol dengan warna hijau. Namun yang kelihatan berbeda dari sebelumnya adalah adanya efek gradasi di beberapa warna yang ada di motor baru dia.

Idemitsu Sponsor Nakagami

Sementara itu Takaaki Nakagami yang satu tim dengan Crutchlow, disponsori oleh produsen oli IDEMITSU yang biasanya akan memakai warna merah putih pada livery-nya.

Kantor Idemitsu Jakarta

Bagi Anda yang berkepentingan dengan produsen oli Idemitsu yang ada di Jakarta, bisa datang saja ke kantornya di Jl. Krekot Jaya Molek No.25, RW.7, Pasar. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta kode pos 10710.

Untuk mempermudah, coba lihat petanya di bawah ini :


Demikianlah sedikit review dari oli samping Idemitsu termasuk pembahasan seputar kualitas oli samping Idemitsu asli dan harga oli samping Idemitsu yang bisa dipakai untuk Ninja RR atau RX King. Namun mohon maaf Saya belum bisa ngasih review seputar warna oli samping Idemitsu, perbandingan oli samping Idemitsu vs Orange.

Back To Top