Cara Mencari Uang Tambahan Bagi Karyawan


Gaji UMR pegawai yang standar, dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, sehingga harus mengetahui bagaimana cara mencari uang tambahan bagi karyawan. Akan tetapi, jadwal kerja yang cukup padat setiap pagi hingga sore atau malam hari pasti akan merepotkan Sobat yang ingin mencari uang tambahan.

Anda harus mengelola gaji setiap bulan dengan bijak agar dapat menabung untuk keperluan darurat atau dana masa depan. Jika Anda menginginkan potensi pendapatan sampingan yang menarik, Anda bisa mencoba cara mencari uang tambahan bagi karyawan dengan investasi.

Mencari Uang Tambahan dengan Investasi

Sebagai karyawan tetap, jenis investasi apa yang aman untuk Anda? Simak ulasan tentang cara mencari uang tambahan untuk karyawan dengan jenis investasi tepercaya berikut.

Investasi emas

Pilihan investasi termudah, termurah, dan teraman bagi karyawan dengan gaji standar adalah emas. Anda bisa mulai mempertimbangkan membuka tabungan emas batangan di PT Pegadaian atau toko emas terpercaya.

Emas batangan memiliki nilai investasi yang lebih menguntungkan daripada Anda membeli emas yang telah diubah menjadi perhiasan. Gunakan 10-20 persen dari gaji Anda setiap bulan untuk mulai menabung emas hari ini!

Investasi properti

Cara mendapatkan uang tambahan untuk karyawan yang bisa memberikan penghasilan layak adalah investasi properti. Tentunya Anda harus rela berhemat agar bisa menabung dulu. Anda bisa membelikan tabungan itu untuk properti yang menguntungkan, misalnya tanah, ruko, kontrakan, dan lain-lain.

Anda juga dapat membeli properti bernilai investasi dengan sistem kredit. Kemudian, sewakan ke pihak kedua agar Anda bisa mendapatkan penghasilan untuk membayar cicilan yang disepakati.

Deposito

Anda dituntut untuk mengelola keuangan setiap bulan dengan baik agar bisa memiliki tabungan di masa depan. Tidak ada salahnya uang yang Anda kumpulkan menjadi investasi yang menguntungkan melalui deposito. Anda bisa mendapatkan imbalan bunga yang cukup tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Cara mencari uang tambahan untuk karyawan dengan deposito adalah pilihan investasi yang aman. Setidaknya risiko simpanan sangat rendah dibandingkan jenis investasi lainnya.

Saham

Jenis investasi apa yang dapat menghasilkan lebih banyak uang bagi Anda? Mungkin berinvestasi di saham bisa menjadi solusi menghadapi keuangan Anda yang tak kunjung membaik. Karyawan biasa dapat mencoba berinvestasi di perusahaan yang membuka investasi saham. Biasanya perusahaan dengan kata Tbk di belakangnya adalah perusahaan terbuka.

Tentu ada pertimbangan yang harus Anda perhatikan ketika memutuskan bagaimana mencari uang tambahan untuk karyawan yang satu ini. Anda harus mempelajari profil perusahaan, prospek perkembangan masa depan dan lain-lain.

Semakin bonafid perusahaan yang membuka investasi saham, maka semakin besar peluang saham Anda memberikan keuntungan yang maksimal.

Reksa dana

Investasi untuk karyawan yang mudah dan tidak ribet adalah reksa dana. Sangat cocok untuk anda yang sibuk dan tidak bisa mengurusi perkembangan investasi. Hanya saja Anda harus selektif dalam memilih staf yang ahli dalam menangani reksa dana.

Sebaiknya tempatkan dana di berbagai tempat untuk mengurangi risiko buruk. Pastikan saja tempat Anda berinvestasi pada reksa dana Anda memiliki rekam jejak yang berkualitas.

Menyewakan kendaraan pribadi

Punya kendaraan idle di rumah? Daripada terus membayar perawatan tapi tidak dipakai, kenapa tidak disewakan saja?

Persiapkan kendaraan dalam kondisi dan penampilan prima untuk memberikan citra yang baik kepada pelanggan. Anda juga harus cepat-cepat membersihkan dan mempersiapkan kembali mobil setelah digunakan oleh pelanggan agar siap disewa oleh pelanggan berikutnya.

Jika tidak mau repot, daftarkan saja kendaraan Anda ke perusahaan yang membuka jasa rental mobil atau motor. Atau bisa juga memasang iklan kendaraan yang ingin disewa melalui e-commerce rental mobil.

Menyewa kendaraan bisa menjadi cara praktis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, risiko yang menyertainya tidak kalah tinggi. Risiko terburuknya adalah kendaraan tersebut dibawa pergi oleh penyewa.

Oleh karena itu, tentukan prosedur sewa, termasuk syarat dan ketentuan sewa secara cermat agar dapat memberikan keamanan bagi Anda dan penyewa.

Menjadi pengemudi online

Waktu kerja yang fleksibel dari para driver online memang menjadi daya tarik bagi karyawan yang ingin memiliki penghasilan tambahan. Jika Anda menjadi pengemudi online, Anda bisa mulai menerima penumpang mulai jam kerja.

Siapa tahu Anda bisa mendapatkan penumpang yang memiliki tujuan yang sama dengan rumah Anda. Untuk mendaftar menjadi driver online, seperti GoJek atau Grab. Anda bisa mendaftar langsung melalui situs resmi Gojek dan Grab.


(image : kometoday.com)

Adakan garage sale

Pernahkah Anda mendengar istilah decutter? Tahukah Anda, aktivitas memilih barang yang memang dibutuhkan dan memang bermanfaat. Dengan begitu, Anda hanya menyimpan hal-hal yang pasti akan Anda gunakan. Sisanya? Ubah saja menjadi uang.

Caranya dengan mengadakan garage sale alias menjual barang-barang tak terpakai, mulai dari baju, buku, hingga aksesori yang sudah lama tidak dipakai.

Cara ini tidak hanya membuat Anda mendapatkan penghasilan tambahan, tetapi juga membuat rumah menjadi lebih luas dan rapi. Jika ingin rutin melakukannya, jangan ragu untuk menawarkan jasa penjualan barang tak terpakai yang dimiliki saudara, saudari, sahabat, atau kerabat dekat lainnya.

Menjual menu sarapan

Tidak sedikit pekerja yang tidak sempat mencari sarapan sebelum berangkat ke kantor. Alhasil, begitu sampai di kantor, kita langsung sibuk mencari sarapan pagi di sekitar kantor atau memesan lewat jasa pengiriman.

Ini bisa menjadi kesempatan emas untuk Anda yaitu dengan berjualan menu sarapan pagi. Sebagai permulaan, Anda bisa melakukan sedikit riset tentang menu sarapan yang paling diminati oleh rekan kerja di kantor.

Atau ingin menawarkan menu sarapan sehat seperti overnight oatmeal yang sudah dipesan sebelumnya? Bisa juga! Namun, tidak menutup kemungkinan makanan seperti gorengan, lontong, bahkan nasi uduk, yang memiliki penggemar lebih banyak.

Selain bertanya langsung kepada rekan kantor sebagai calon konsumen, pilih menu sarapan yang mudah disiapkan sehingga tidak mengganggu waktu kerja Anda.

Menjadi reseller

Menjalankan bisnis atau toko online menjadi pilihan banyak karyawan yang ingin memiliki penghasilan tambahan. Pasalnya, selain bisa mengatur waktu secara fleksibel, potensi keuntungan yang bisa didapat juga cukup menggiurkan.

Nah, salah satu cara praktis membuka toko online adalah dengan menjadi reseller merek tertentu. Anda juga tidak perlu repot memproduksi produk yang akan menyita banyak waktu.

Secara sederhana, menjadi reseller berarti membeli barang dalam jumlah besar untuk dijual kembali. Reseller akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau dari pembeli biasa. Dari perbedaan harga yang diberikan itulah Anda bisa mendapatkan keuntungan.

Untuk menjadi reseller online, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari produsen atau pemasok terpercaya. Pilih produk yang banyak diminati dengan kualitas bagus. Untuk meningkatkan penjualan, pasarkan produk di berbagai saluran penjualan online.

Menjadi dropshipper

Jika Anda ingin berjualan online tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, Anda bisa mencoba menjadi dropshipper. Dengan menjadi dropshipper, Anda tidak perlu melakukan stock up dulu seperti reseller.

Bisa dibilang, tugas seorang dropshipper hanyalah memasarkan produk dan melakukan proses penjualan. Sedangkan proses pengiriman hingga barang sampai di tangan pembeli masih ditangani langsung oleh penjual resmi.

Meski terlihat mudah, namun kelebihan menjadi dropshipper masih kalah dibanding menjadi reseller. Selain itu, karena berhubungan langsung dengan pelanggan, seorang dropshipper harus siap menerima komplain jika barang yang diterima tidak sesuai ekspektasi.

Jadi, jika tidak ingin menerima banyak komplain, Anda harus memastikan supplier yang Anda pilih benar-benar terpercaya dan berkualitas.

Guru privat

Pandai memainkan alat musik? Mahir berbahasa asing? Bagikan pengetahuan sambil menghasilkan uang tambahan dengan menjadi guru privat saja. Anda bisa memasarkan keahlian Anda kepada kerabat, tetangga, atau orang terdekat. Anda juga dapat mendaftar di situs web penyedia layanan pendidikan, seperti Ruang Guru.

Di situs ini, Anda bisa menentukan sendiri jadwal, bahan ajar, lokasi calon mahasiswa, hingga komisi yang Anda harapkan dari layanan yang diberikan. Nantinya, Anda akan dialokasikan kepada siswa dengan kriteria yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi Anda. Jadi, Anda tidak perlu repot mencari siswa sendiri.

Menjadi penerjemah

Keterampilan bahasa asing juga dapat dimanfaatkan dengan menjadi penerjemah online. Apalagi saat ini sudah banyak perusahaan, institusi, maupun perorangan yang mencari jasa penerjemahan melalui website freelancer, seperti Freelancer Indonesia atau Sribulancer.

Membangun jaringan antar pelajar juga bisa menjadi nilai plus. Pasalnya, tidak sedikit mahasiswa yang kesulitan mengerjakan makalah atau jurnal yang menggunakan bahasa asing. Di sinilah layanan Anda sebagai penerjemah dibutuhkan.

Selain mengasah kemampuan bahasa, menjadi penerjemah juga bisa melatih kemampuan menulis. Tidak hanya Anda akan mendapatkan penghasilan yang meningkat, keterampilan Anda akan terus diasah.

Menjadi make up artis

Bisnis makeup artist merupakan salah satu bisnis jasa yang paling menjanjikan. Apalagi pekerjaan ini bisa dilakukan sebagai pekerjaan utama atau sampingan.

Namun, untuk menjadi MUA yang profesional, dibutuhkan waktu dan upaya yang konsisten untuk mengembangkan keterampilan. Selain skill, kamu juga harus bermodalkan beragam kosmetik dan produk makeup wajah.

Sebagai pemula, sebaiknya Anda memprioritaskan untuk memiliki produk riasan dasar, seperti primer, foundation, dan bedak. Karena base inilah yang menjadi penentu utama hasil riasan Anda nantinya.

Untuk memudahkan Anda mencari klien, bangun hubungan dengan berbagai wedding organizer dan komunitas MUA.

Itulah cara mencari penghasilan tambahan untuk karyawan yang tidak memiliki banyak waktu luang. Jika dilakukan secara aktif, dengan cara mendapatkan uang tambahan bagi karyawan ini, bukan tidak mungkin penghasilan yang didapat melebihi penghasilan dari pekerjaan utamanya.

Sumber : https://www.sampingan.co.id/post/cara-mencari-uang-tambahan-bagi-karyawan, https://www.gobear.com/id/blog/personal-finance/10-cara-cari-uang-tambahan-bagi-karyawan-sibuk


Back To Top