Agar Pengunjung Blog Betah Berlama-lama di Blog


Jika Anda telah menjalankan blog Anda untuk beberapa waktu lamanya, terutama jika Anda memiliki pembaca setia dalam waktu jangka panjang, maka biasanya Anda jarang atau tidak berpikir banyak tentang pengunjung baru dari blog Anda.

Tapi tentu saja, jika Anda ingin blog Anda tetap tumbuh, Anda perlu untuk menemukan pendatang baru. Mereka juga perlu merasa diterima atau minimal tidak bingung tentang apa yang dibahas di blog Anda.

Keempat tips ini akan membantu Anda memberikan keseimbangan yang baik, sehingga pengunjung baru dapat menemukan jalan cerita dari blog itu dengan cepat, tapi pembaca jangka panjang tidak merasa seperti terus-menerus kembali ke pengetahuan dasar yang berulang.


Agar Pengunjung Blog Betah Berlama-lama di Blog


Selalu update artikel
Pembaca regular tidak mungkin untuk mengunjungi halaman tentang profil Anda, kecuali jika mereka blogging tentang Anda dan ingin mengetahui beberapa informasi tambahan. Pendatang baru, tentunya akan mencari info profil Anda pada kunjungan pertama mereka. Jika halaman tentang Anda terlihat ketinggalan zaman, itu tidak akan membuat kesan yang baik. Bahkan terkadang pengunjung baru tidak menyadari bahwa blog Anda sudah tidak diperbarui dalam beberapa bulan (atau bahkan bertahun-tahun!). Informasi lama tidak mungkin untuk membantu mereka memahami blog Anda, jadi update-lah blog Anda secara teratur.

Menjelaskan artikel yang berserie atau bersambung
Jika Anda pengunjung setia sebuah blog, terkadang ada bagian artikel yang berseri atau berkelanjutan. Dan ini tentu mudah bagi Anda dan mengerti karena telah membaca posting sebelumnya dan tahu apa yang terjadi. Tapi jika seseorang datang ke blog Anda untuk pertama kalinya, mereka mungkin merasa bingung dengan artikel tersebut. Inilah sebabnya dianjurkan untuk menyertakan satu atau dua baris pengantar di bagian atas posting seri Anda.

Buatlah mudah untuk berlangganan artikel
Jika seseorang baru menikmati blog Anda, mereka mungkin ingin berlangganan untuk membaca edisi lebih lanjut. Pastikan itu semudah mungkin bagi mereka untuk melakukannya. Ini berarti memasukan  link ke RSS feed Anda. Bisa juga  pilihan untuk berlangganan melalui email. Beberapa pengunjung baru mungkin cukup awam tentang hal ini secara umum, sehingga dianjurkan memberikan instruksi yang jelas tentang bagaimana untuk berlangganan. Anda mungkin ingin menghindari menggunakan kata "berlangganan" karena sebagaian -orang mungkin berpikir itu berarti mereka harus membayar.

Mempunyai sidebar rapi
Kebanyakan pengunjung baru akan tiba pada postingan blog, bukan pada halaman muka situs Anda. Jadi penting bahwa sidebar Anda membantu mereka menemukan apa yang mereka cari. Terserah Anda apa yang Anda masukkan, tetapi Anda akan setidaknya ingin mempertimbangkan memasukan widget tentnag  kategori blog, daftar posting populer dan artikel terbaru.
Back To Top