Menumbuhkan Blog Kita Dengan Membantu Blogger Lain


Salah satu hal besar mengenai dunia blogging adalah bahwa blog adalah tempat yang kolaboratif di mana orang dapat saling membantu dan memberikan manfaat kepada semua orang. Coba rasakan sendiri, ketika kita mulai membuat blog baru, kita sangat bersemangat agar blogger lain membantu kita terutama memberikan link ke blog kita, berbagi posting dan sebagainya.

Salah satu cara terbaik untuk menumbuhkan blog kita adalah dengan fokus juga menjadi orang yang membantu blogger lain. Mengapa ? Nah, alasan terbaik mengapa kita membantu blogger lain adalah karena 'membantu orang lain' adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Tapi tentu ada beberapa manfaat strategis lain yang bisa dirasakan. Jika Anda membantu orang lain, kemungkinan besar mereka juga ingin membantu Anda kembali. Orang lain akan melihat Anda sebagai dermawan karena tanpa diminta telah membantu orang.

Lalu bagaimana caranya kita dapat membantu blogger lain saat ini, sementara jika blog kita sendiri masih baru. Tentu  ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu blogger lain. Misalnya, Anda bisa :

Meninggalkan komentar
Cari blog lain di niche yang Anda sukai namun tidak memiliki banyak komentar. Tinggalkan komentar secara bijaksana terutama berkomentar pada postingan terbaru mereka. Mereka pasti akan melihat Anda seperti pembaca setia mereka.

Berbagi postingan
Carilah postingan pada blog baru di ceruk Anda yang belum dibagi terlalu banyak. Silahkan di-tweet atau berbagi di facebook  atau pada jaringan media sosial apa pun yang Anda inginkan.

Kasih link ke blog mereka
Blog yang lebih besar akan menghargai sebuah link,  caranya Anda bisa menulis review tentang blog mereka atau merekomendasikan kepada pembaca blog Anda.

Katakan "Terima kasih"
Apakah Anda pernah membaca sebuah postingan  yang benar-benar membantu Anda atau newsletter yang datang tepat saat waktunya dibutuhka Anda ? Coba kirim email untuk memberitahu blogger tersebut dan ucapkan terima kasih. Percayalah, ini benar-benar akan membuat mereka bahagia dan bersemangat  ngeblog.

Beri koreksi
Jika Anda melihat kontak form sebuah blog yang tidak bisa nyambung, link yang tidak bekerja, kesalahan ketik yang mencolok atau masalah lain, cara yang tepat adalah memberitahu mereka secara pribadi tentang hal itu lewat email atau apa saja.
Back To Top