6 Tips Membangun Link Bagi Blogger Sibuk


Menciptakan konten yang besar untuk sebuah blog membutuhkan banyak waktu dan usaha, tetapi jika tidak ada yang melihat konten yang besar tersebut, usaha Anda menjadi tidak produktif.

Membangun link adalah salah satu hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan eksposur ke blog Anda, tetapi jika Anda sibuk membuat konten, sulit untuk menemukan waktu dalam rangka membangun link.

Berikut ini adalah tujuh cara  yang dapat Anda lakukan dalam membangun link, walaupun Anda tidak memiliki banyak waktu luang:

Memprioritaskan kualitas konten
Mendapatkan link alami ke blog Anda jauh lebih mudah dengan cara menciptakan konten berkualitas tinggi. Jika Anda tidak memiliki konten yang diharapkan membuat  orang lain ingin berbagi, Anda harus bekerja jauh lebih keras untuk mendapatkan link.

Sewaktu membuat konten yang besar, maka ini sepertinya bukan benar-benar sebuah metode membangun link, tapi percayalah bahwa hal ini secara drastis bisa meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan link natural yang tidak diminta baik dari blog lain maupun dari jejaring sosial.

Jadi, prioritaskanlah kualitas konten daripada kuantitas ketika Anda membuat postingan di blog Anda. Penerbitan satu buah postingan yang benar-benar mengagumkan per minggu, akan memberikan hasil yang jauh lebih baik daripada menerbitkan beberapa postingan berkualitas rendah yang tidak menonjol.
Jadi, pikirkanlah konten blog Anda sebagai dasar dari setiap upaya untuk membangun link.

Gunakan grapfis atau gambar
Postingan blog biasanya sangat pro dengan banyaknya teks, dan kita terkadang tidak mempedulikan dampak potensial dari foto dan grafis. Menambahkan gambar pada postingan Anda dapat membantu menarik perhatian pengunjung Anda, dan itu juga merupakan cara yang bagus untuk menarik beberapa link dengan sedikit usaha.

Situs sosial seperti Pinterest dan juga Google+, cenderung menitikberatkan visual, sehingga memiliki gambar yang sangat bagus untuk mendorong pengunjung untuk berbagi artikel. Postingan dengan gambar yang besar juga cenderung mendapatkan lebih banyak klik dari pengguna media sosial.

Menggunakan gambar, jelas dapat membantu Anda untuk mendapatkan link dari situs jejaring sosial dan berbagi konten Anda. Beberapa link tersebut bertipe nofollow, namun masih ada beberapa keuntungan walaupun linknya nofollow. Dengan membagikan postingan Anda melalui media sosial, hal ini menyebabkan blogger dan pengguna media sosial lainnya melihat dan menghubungkan ke sana (efek virus).

Anda tidak perlu menjadi seorang desainer grafis atau  jago dalam photoshop untuk membuat grafis di postingan Anda. Ada beberapa program gratisan seperti PicMonkey yang dapat Anda gunakan untuk membuat gambar Anda sendiri, atau Anda bahkan bisa menemukan seseorang ahli di Fiverr untuk membuat satu gambar dengan  hanya beberapa dolar saja.

Memberikan link ke blog yang berpengaruh
Memberikan link ke blog lain dapat membantu meningkatkan jumlah link ke blog Anda dan jumlah share dari media sosial. Blogger yang diberi  link oleh Anda,  lebih mungkin untuk memberikan link kembali kepada Anda pada postingan tertentu dan para pembacanya juga ingin berbagi link pada artikel yang menyebutkan link Anda.

Jadi konsep ini adalah menyebutkan orang lain dalam postingan Anda dalam upaya untuk mendapatkan link juga dari mereka. Setelah mempublikasikan postingan,  Anda bisa mengirim email kepada mereka bahwa deskripsi blog mereka telah ditampilkan dalam postingan Anda. Biasanya, blogger yang baik pasti akan berbagi link menuju postingan Anda dari profil media sosial  atau mungkin link dari blog mereka sendiri.

Berbagi di media sosial ini dapat membantu Anda membangun  link dengan cepat karena memiliki efek virus yang mengarah ke lebih banyak berbagi link antara anggota di media sosial tersebut. Semakin banyak postingan Anda dishare, semakin besar kemungkinan akan mendapatkan link alami dari orang-orang yang datang mengunjungi link tersebut.

Menguasai seni membuat judul yang menarik 
Disamping isi dari postingan blog Anda harus menarik, judul juga sama pentingnya. Hal ini bukan hanya penting untuk pengunjung yang berada di blog Anda dengan kutipan postingan terbaru Anda, tetapi penting juga untuk mendapatkan klik dari situs jejaring sosial dan dari pelanggan RSS.

Judul akan membantu untuk menarik perhatian orang terhadap postingan Anda, dan jika diketahui oleh banyak orang, maka dapat menyebabkan peluang yang lebih baik untuk mendapatkan link. Tulisan dengan judul yang kreatif dan menarik, jauh lebih mungkin untuk dibagikan melalui media sosial, yang tentu saja hal ini dapat menyebabkan banyak link yang masuk.

Abaikan link yang berkualitas rendah   
Banyak metode dalam membangun link yang digunakan oleh blogger namun benar-benar hanya menghasilkan link yang berkualitas rendah yang tidak akan berdampak banyak atau bahkan mungkin membahayakan peringkat blog Anda. Daripada menghabiskan waktu untuk mencoba membangun banyak link dari situs bookmark/direktori berkualitas rendah, mendingan luangkan waktu untuk pembuatan konten bermutu.

Meluangkan waktu untuk membagun jaringan
Jaringan harus menjadi prioritas bagi blogger manapun. Setiap blogger yang telah sukses terhubung dengan baik dengan jaringannya dan memiliki jaringan yang kuat, dapat membuka berbagai peluang baru termasuk membantu Anda untuk mendapatkan link.

Kebanyakan blogger cenderung untuk terhubung ke orang-orang yang mereka sukai dan hormati, sehingga jika Anda membangun jaringan Anda di niche blog Anda, Anda akan lebih mungkin untuk mendapatkan link juga dari orang-orang di jaringan Anda di niche Anda.

Jadi, sisihkanlah waktu untuk membuat dan mengembangkan jaringan walau hanya 15 menit saja dan beberapa kali dalam seminggu. Hubungkan dengan blogger lain melalui media sosial atau mengirim pesan melalui formulir kontak mereka.

Buatlah menjadi mudah bagi orang lain untuk menghubungi Anda. Memiliki halaman kontak atau alamat email Anda akan lebih mudah bagi blogger lain menemukan Anda. Atau dengan memiliki profil aktif di situs jejaring sosial utama dan link ke profil sosial Anda dari blog Anda, maka orang lain dapat dengan mudah menemukan Anda jika mereka ingin berkomunikasi.



Tag : SEO
Back To Top