7 Cara Mempromosikan Situs Anda Dengan Murah


Ada mitos yang beredar di internet bahwasanya seorang blogger dan webmaster tidak harus mengeluarkan uang untuk biaya iklan. Mitos itu datang karena sebagian besar dari kisah sukses orang-orang yang berhasil membuat website populer katanya tanpa mengeluarkan sepeser untuk iklan atau teknik promosi berbayar lainnya dalam memperkenalkan situs mereka.

Kenyataannya memang demikian,  hal ini disebabkan karena sebagian besar situs-situs yang sukses tersebut adalah perintis pada niche-niche tertentu, bukan website berkategori umum. Karena penguasaan mereka terhadap niche khusus tersebutlah, maka mengapa mereka menjadi populer tanpa menghabiskan uang untuk biaya iklan. Tapi itu dulu ketika belum banyak kompetitor yang masuk meramaikan jagad internet. Nah, sekarang ini, pasar internet sudah begitu penuh sesak dengan ratusan ribuan bahkan jutaan situs dan blog yang mengadu nasib di jagad internet. Akibatnya untk saat ini, promosi berbayar menjadi salah satu faktor teknik yang penting dalam strategi pemasaran menuju sukses.

Di bawah ini Anda akan menemukan 7 cara dalam mempromosikan website atau blog dengan sedikit biaya. Anda dapat menggunakannya sebagai cara untuk menghasilkan lalu lintas pengunjung, meningkatkan peringkat mesin pencari, mendapatkan visibilitas pada niche yang Anda usung dan lainnya.

AdWord  
Google menghasilkan miliaran dolar setiap tahun dari pemasangan iklan di AdWords. Mengapa demikian ? Adwords adalah metode yang paling efisien untuk menghasilkan lalu lintas pengunjung untuk website Anda. Untuk memulainya Anda harus membuat akun terlebih dahulu, memilih kata kunci yang  banyak yang terkait dengan situs Anda dan mengatur nilai/harga maksimum PPC  pada $ 0,01. Setelah itu nilai PPC-nya bisa Anda naikkan $ 0,01 setiap minggu atau lebih sampai Anda mulai mendapatkan jumlah klik harian yang diinginkan. Perhatikan juga bahwa pada tawaran yang lebih rendah, maka biasanya ada pemberitahuan “Inactive for Search". Jangan khawatir tentang hal tersebut, itu berarti bahwa iklan Anda tidak akan muncul di  hasil pencarian Google, tetapi akan muncul di jaringan konten (website orang yang menggunakan AdSense).

AdWord Situs Spesifik 
Jika Anda memperhatikan unit iklan AdSense, mungkin Anda pernah melihat ada unit iklan yang menyertakan link berjudul “Advertise on this site”. Fitur ini memungkinkan pengiklan AdWords untuk membuat iklan yang khusus ditampilkan hanya di situs tertentu. Iklan tersebut merupakan iklan jenis CPM, dan cukup menghasilkan jumlah lalu lintas yang sangat tertarget karena tampilan blog Anda berada dalam kendali dan iklan akan ditampilkan sesuai keinginan. Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik jika Anda menggunakan beberapa kreativitas saat merancang iklan tersebut.

StumbleUpon Ads  
StumbleUpon adalah sebuah situs sosial bookmark yang sangat inovatif yang memungkinkan pengguna untuk menemukan situs besar dengan menggunakan toolbar browser. Ketika pengguna mengklik "Stumble", itu berarti ia memberitahukan bahwa website tersebut banyak diminati orang dan dinilai positif. Pengguna juga dapat memberikan penilaian positif dan negatif untuk setiap situs web yang ia kunjungi di internet. StumbleUpon juga menawarkan kampanye iklan yang disebut "StumbleUpon Ads", di mana Anda dapat memberikan website Anda secara langsung kepada"Stumblers". Biayanya sekitar $ 0,05 per halaman yang disampaikan. Karena situs-situs yang muncul di StumbleUpon biasanya memiliki kualitas tinggi, maka sangat mungkin bahwa bagian dari lalu lintas yang dibayar tadi akan dikonversi menjadi pembaca reguler.

Teks Link Ads
Jika Anda mencoba untuk meningkatkan peringkat situs pada mesin pencari dalam rangka meningkatkan lalu lintas organik, Anda harus mempertimbangkan membeli beberapa iklan teks link. Karena link teks dapat menghasilkan lalu lintas secara langsung, maka hal ini juga bermanfaat dalam perbaikan pada peringkat pencarian, terutama jika link yang ditempatkan di situs-situs otoritatif dan relevan. Ada beberapa tempat untuk membeli link teks seperti Text-Link-Ads dan Text Link Broker atau forum online seperti Digital Point.

Iklan Banner  
Banyak website besar yang menjual iklan banner atau  sponsor langsung. Penawaran iklan mereka biasanya terstruktur dengan biaya mingguan atau bulanan, terlepas dari jumlah tayangan atau klik yang Anda dapatkan. Penempatan banner dapat menciptakan lalu lintas langsung pengunjung dan juga akan menciptakan visibilitas dan brand awareness (pencitraan merk/produk). Pembaca situs di mana Anda akan menampilkan banner, akan mengasosiasikan pesan pada banner dengan situs atau blog tersebut. Dengan dua atau tiga kali tampilan ketika pembaca mengunjungi website tersebut, sangat mungkin mereka akan merasa penasaran dan memutuskan untuk memeriksa apa di balik banner tersebut. Keuntungan lain dari penempatan banner adalah kenyataan bahwa orang-orang secara tidak sadar akan berpikir bahwa penulis website tersebut mendukung konten atau produk Anda yang diiklankan.

Sponsor Review
Membeli beberapa review adalah cara yang baik untuk memulai membangun sebuah situs. Mereka akan memberikan backlink, lalu lintas dan pelanggan RSS. Ada banyak penelitian yang menyatakan bahwa promosi "dari mulut ke mulut" adalah cara yang paling efisien untuk mendapatkan perhatian orang dan itu hanya bisa Anda dapatkan dengan cara review sponsor. Anda dapat membayar harga yang rendah untuk mendapatkan sejumlah besar tinjauan dari situs kecil atau Anda dapat fokus pada pemain besar yang sesuai di niche Anda. Cara terbaik untuk membeli sponsor review adalah melalui situs-situs seperti Sponsored Reviews.com, ReviewMe atau PayPerPost.com.

Jaringan Blog
Ada beberapa jaringan blog yang didirikan dengan prinsip pertukaran lalu lintas. Cara kerjanya, Anda membuat akun untuk blog Anda dan Anda memperoleh kredit dengan hanya surfing di blog anggota lain. Setelah itu Anda dapat menggunakan kredit tersebut untuk membuat orang mengunjungi blog Anda atau untuk menampilkan banner Anda di jaringan. Bagian yang menarik adalah bahwa sebagian besar dari jaringan-jaringan blog memungkinkan pengguna untuk membeli kredit dengan uang, dan harganya benar-benar nyaman. Anda bisa menerima ratusan pengunjung atau mendapatkan ribuan tayangan dengan biaya kurang dari 10 dolar. Beberapa jaringan blog yang menjual kredit meliputi Blog Explosion, Blog Soldiers dan Blog Advance


Back To Top