7 Kriteria Dalam Memilih Domain


Nama domain sama dengan rumah atau real estate internet,  sama halnya seperti lokasi yang baik dan penting untuk menjual martabak pada toko konvensional.  Nama domain yang bagus akan menjadi awal dari keberhasilan situs Anda. Tapi bagaimana cara mengidentifikasi domain yang tepat ?

Di bawah ini Anda akan menemukan 7 kriteria memilih nama domain yang bagus.


Kriteria Dalam Memilih Domain


Namanya pendek 
Nama domain yang baik adalah singkat. Bukan kebetulan bahwa semua domain .com yang terdiri dari tiga huruf dan empat huruf sudah tidak tersedia, dan Saya yakin nama domain yang terdiri dari  lima huruf akan cepat habis juga.

Memang tidak ada jumlah yang pasti berapa karakter yang harus Anda pakai, hanya ingat bahwa semakin pendek maka akan semakin lebih baik. Saran Saya, pilihlan nama domain yang jumlahnya di bawah 10 karakter, dan tidak boleh melebihi 20 karakter.

Adapun jumlah kata, satu kata domain adalah emas, dua kata adalah baik, domain tiga kata adalah rata-rata, dan di atas itu biasanyakurang baik.

Contoh : Quotes.com adalah domain hebat dan mungkin bernilai jutaan dolar. ProQuotes.com adalah berkategori baik dan bernilai ribuan dolar. ProQuotesNow.com merupakan domain rata-rata pada umumnya. YourProQuotesNow.com, Saya kira terlalu panjang.

Mudah diingat 
Banyak pengguna internet tidak menggunakan bookmark. Mereka hanya menghafal domain situs favorit mereka dan ketik setiap kali mereka mengunjungi salah satunya. Bayangkan, jika domain Anda terlalu kompleks dan tidak mudah untuk diingat, Anda akan kehilangan pengunjung tersebut.

Contoh : Brcwr.com adalah nama domain yang singkat, tetapi tidak mudah untuk mengingat sama sekali, sehingga akan menjadi ide yang buruk untuk menggunakannya untuk website Anda.

Mudah dieja 
Hal yang Anda inginkan adalah pengunjung tidak salah mengeja domain Anda sehingga berakhir di situs lain.
Hindari kata-kata asing yang tidak biasa, kata-kata yang memiliki pengucapan yang kompleks, kombinasi yang aneh dan hal lain yang mungkin menyebabkan seseorang salah mengeja alamat Anda.

Contoh : CappuccinoBar.com mungkin menjadi masalah bagi pengunjung yang biasa berbahasa Inggris. Cappuccino adalah kata Italia, dan tidak semua orang menyadari atau terbiasa dengan kata tersebut.

Memiliki ekstensi com. 
Organisasi mungkin lebih memilih untuk mendaftarkan domain org. Perusahaan yang menargetkan kawasan geografis yang sangat spesifik mungkin ingin mendaftarkan domain lokal (misalnya co.id, cn dan sebagainya). Terlepas dari kasus-kasus ini, bagaimanapun, domain com. selalu menjadi pilihan  terbaik. Ekstensi ini adalah yang paling populer di seluruh dunia dan sudah biasa dalam pikiran tiap orang.

Pengunjung yang datang ke situs Anda melalui mesin pencari atau link organik, biasanya akan memperhatikan nama dan bukan URL. Pada saat mereka ingin mengunjungi situs Anda kembali, sangat mungkin mereka hanya akan mengetikkan nama diikuti dengan com.

Contoh : Darren Rowse membuat blog populer nya di Problogger.net. Meskipun memiliki merek yang kuat, beberapa pengunjung ternyata masih saja mengetikkan Problogger.com. Setelah beberapa tahun kemudian, Darren memutuskan untuk membeli versi com seharga $ 5.000 dan redirect ke situsnya, sehingga tidak ada lagi pengunjung yang tersesat.

Deskriptif 
Banyak pengunjung akan datang ke situs Anda melalui mesin pencari dan melalui link yang langsung di website lain. Artinya, mereka akan datang jika domain yang mereka lihat cukup menarik. Memiliki nama domain deskriptif akan memberikan gambaran kepada pengunjung tentang tema situs Anda. Jika kata kunci yang terkait, tercantum dalam domain itu, mungkin hal ini juga membantu peringkat mesin pencari Anda.

Brandable
Sebuah domain brandable akan memiliki pengucapan yang bagus, kombinasi menarik dari huruf atau efek visual yang menarik. Kadang-kadang domain tersebut tidak memiliki deskriptif, tetapi bisa sama-sama efisien. Domain brandable akan membuat pengunjung Anda mengasosiasikan nama dengan website Anda dan isinya.

Contoh : Kotaku.com adalah salah satu blog game paling populer di internet. Domain ini tidak deskriptif sama sekali, tapi merek begitu kuat sehingga seluruh gamer akan mengenali web ini.

Tidak mengandung tanda hubung atau angka
Nama domain yang mengandung tanda hubung dan angka, biasanya lebih murah jika dijual karena berbagai alasan. Pertimbangkanlah jika mau menggunakan Tech-World.com. Nama-nama yang akan menempel di pikiran orang adalah "tech" dan "World". Banyak pengunjung akan melupakan tanda hubung. Akhirnya mereka akan mencoba untuk mengakses situs Anda dengan mengetikkan TechWorld.com, sia-sialah calon pengunjung Anda.  Di sisi lain, bilangan akan membingungkan orang dengan ejaan. Misalkan Anda mendaftarkan Tech5.com. Pengunjung bisa saja mengetik TechFive.com, dan sebagainya.

Contoh : Coolest-Gadgets.com adalah blog gadget yang sangat populer, dengan lebih dari 70.000 pelanggan RSS. Dengan pembaca sebanyak itu, pasti orang sering mengetik domain langsung pada address bar. Tentu banyak dari mereka yang lupa untuk menambahkan tanda hubung. Pemilik situs akhirnya membeli CoolestGadgets.com untuk memperbaiki masalah tersebut.

Kesimpulannya, jangan berkecil hati jika domain Anda saat ini tidak memiliki semua kriteria ini atau jika Anda tidak dapat menemukan pilihan Anda. Ini hanya faktor yang harus Anda pertimbangkan ketika mengevaluasi nama domain untuk kepentingan selanjutnya.

Ada banyak contoh website populer dengan nama domain yang tidak memenuhi satu atau dua kriteria yang tercakup dalam daftar di atas. Pastikan bahwa domain Anda memiliki sebagian besar kriteria tersebut.

Tag : SEO
Back To Top