Apa Yang Membuat Blog Anda Menonjol ?


Ada begitu banyak ragam blog dengan jutaan admin sampai-sampai seumpamanya kita jadi pembacanya, kita akan merasa bingung, blog mana kira-kia yang akan dijadikan referensi kita. Sebagian blog tersebut, lama kelamaan tidak diurus lagi oleh pembuatnya karena berbagai alasan, bisa karena salah pilih niche, salah design, banyak copas, terlalu banyak blog dan lain sebagainya. Saya lebih menyarankan, buatlah blog yang mewakili Anda sendiri, artinya bangun sebuah blog yang temanya Anda sukai, jangan memaksakan membuat blog yang temanya tidak Anda sukai. Contoh : Saya lebih tertarik dunia blogging, seo, bisnis online, komputer, internet, Islam, teknik elektro, gadget, buku,  maka Saya harus membuat blog yang berhubungan dengan tema itu. Mengapa ? Karena Saya suka. Kalau saja Saya ada orang menyuruh Saya menulis tentang ayam, olahraga, cara nyanyi, melukis, menjahit baju, bunga, maka Saya akan menolaknya walaupun bayarannya mahal. Mengapa ? Karena Saya sama sekali tidak faham itu semua.

Selain fokus pada satu tema, ada tiga cara utama untuk membuat blog Anda menonjol. Anda tidak harus melengkapi ketiga-tiganya; satu saja sudah cukup asalkan Anda melakukannya dengan baik. Yang Saya maksud adalah :
1. desain blog
2. konten blog
3. gaya menulis blog

Yang Membuat Blog Anda Menonjol


Desain blog
Beberapa blog mungkin akan langsung mengesankan  ketika kita mengunjunginya pertama kali karena desainnya yang unik. Sebagian besar pembaca akan menilai website kita berdasarkan bagaimana website ini terlihat "profesional" di mata mereka. Jika Anda menggunakan theme/template gratis dengan beberapa editan yang Anda rancang sendiri, mungkin sudah saatnya untuk mendesign ulang atau mengganti template/theme dengan yang lebih unik lagi. Idealnya adalah menemukan seorang desainer yang terlibat sehingga website Anda memiliki sesuatu yang benar-benar unik dan profesional.

Konten blog
Kita sering mendengar pepatah "konten adalah raja", dan memang benar bahwa konten yang besar bisa menjadi dasar untuk blog yang sangat sukses, bahkan walaupun desain blog Anda tidak terlalu menarik.
Hal yang membuat tulisan menonjol adalah kualitas kontennya. Jika kita menulis secara serius, maka tulisannya biasanya sangat mendalam dan detail. Kita harus tahu apa yang kita tulis dan meneliti kembali postinganya dengan hati-hati dan rela menghabiskan banyak waktu untuk menghasilkan artikel terbaik buat pembacanya.

Gaya menulis
Beberapa blogger memperkenalkan nama mereka sendiri dengan menonjolkan gaya menulis yang sangat menarik. Mungkin bisa bergaya snarky (suka ngritik), lucu, aneh, atau hangat.  Misalnya, jika kita buat blog tentang pemasaran dengan gaya menulis yang formal, itu mah sudah biasa, tapi cobalah membuat blog pemasaran dengan gaya bahasa yang lucu atau humor, pasti blognya lebih terangkat di mata pengunjung.
Tentu jangan humor yang dipaksakan, tapi karena memang penulisnya berwatak seperti itu.

Dibutuhkan beberapa bulan bahkan bertahun-tahun bagi kebanyakan blogger untuk menemukan gaya menulis yang khas. Jadi jangan khawatir jika Anda merasa bahwa konten Anda tidak menonjol dengan cara ini. Juga, jangan merasa bahwa Anda harus menyalin atau mengcopy gaya orang lain, sangat penting untuk menemukan gaya Anda sendiri.

Apakah desain, konten atau gaya penulisan blog Anda sudah menonjol ? Jika tidak ada salah satu dari yang tiga ini, cobalah Anda berfokus untuk membuat blog  yang benar-benar unik di niche Anda, pokoknya beda dari yang lain.

Tag : Blogging
Back To Top