Optimasi Lewat Komentar dan Pingback/Trackback, Bolehkah ?


Salah satu praktek SEO yang paling umum yang dari dulu sampai saat ini masih banyak yang pakai adalah menciptakan backlink melalui spam  komentar  dan melalui "pingback".  Saat ini, optimasi semacam ini sudah dianggap buruk dan kurang berbobot untuk SEO.  Sebagian besar blog memiliki  link  no-follow dari komentarnya ditambah lagi Google dapat menghukum Anda untuk semacam link building seperti ini.

Komentar spam 



Optimasi Lewat Komentar dan Pingback/Trackback
Anda mungkin sudah akrab dengan apa yang disebut komentar. Sebagian besar blog memungkinkan pengunjung bisa berkomentar di bagian bawah postingan mereka. Komentar spam adalah orang yang berkomentar yang isinya tidak ada hubungannya dengan postingan. Para spammer lebih licik dan selalu mengulangi kata-kata dari postingan atau komentar sebelumnya. Nama yang diberikan pada komentar biasanya berupa frase kata kunci, dan link kembali ke situs scammers. Banyak blogger saat ini memiliki Akismet atau  plugin lain anti-spam yang diinstal untuk mencegah atau memilih komentar sebelum muncul di blog. Kebanyakan blogger juga akan bersikap waspada dan menghapus komentar spam yang sengaja dibuat para spammer.

Intinya bahwa kita tidak dilarang berkomentar dan menaruh link,  mengomentari blog dan me-link ke postingan orang lain adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan dalam niche Anda, dengan syarat Anda harus selalu memikirkan kualitas komentar bukan mendahulukan kuantitas.

Trackback dan pingback spam 
Untuk tujuan ini, kita bisa menganggap trackback dan pingback sebagai hal yang sama, walau memang ada sedikit perbedaan. Tracback dan pingback dibuat ketika blog lain me-link ke salah satu postingan kita. Biasanya mereka muncul di bagian komentar kita, kadang-kadang sebelum atau setelah komentar itu sendiri.

Di masa lalu, spammer menggunakan ini untuk keuntungan mereka, yakni mereka membuat link dari blog kita untuk link mereka dengan terlebih dahulu menghubungkan kepada kita. Google telah menindak praktek semacam ini semenjak update Penguin pada tahun 2012, dan banyak spammer telah menemukan dan menyadari bahwa link seperti ini sekarang membahayakan situs mereka.


Tag : SEO
Back To Top