14 Alasan Kenapa Kita Mau Ngeblog


Selama ini, tentu kita telah menyukai beberapa hobi yang berbeda, semisal maen gapleh, main bola, main video game, badminton, main angklung dan lain sebagainya. Tapi apakah salah satu dari hobi tersebut telah mengubah hidup kita atau membawa banyak kepuasan kepada kita ? Nah, Saya sendiri punya hobi ngeblog dan sudah mendapatkan banyak kepuasan batin dari dunia blogging, walau sebagian besar Saya ngeblog masih memakai platform gratisan.

Begitu banyak blog yang Saya ciptakan dan sedang Saya urus karena lahir dari sebuah hobi. Saya mulai melakukan blogging awalnya hanya sebagai alat pribadi untuk menulis berbagai catatan harian atau agenda harian. Tapi seiring berkembangnya waktu dan ilmu yang Saya dapatkan, selain sebagai hobi, blog bagi Saya adalah sarana berbagi ilmu dan pengetahuan dan menghasilkan uang.

Mungkin banyak alasan lain dari para blogger mengubah haluan menjadi seorang tukang ngeblog. Tentunya masing-masing punya alasan yang berbeda. Berikut ini ada beberapa alasan kenapa orang memilih dunia blogging dan bagaimana ngeblog bisa merubah hidup kita.

Anda akan menjadi penulis yang lebih baik
Pada intinya, menulis adalah komunikasi. Menulis adalah merekam pemikiran di atas kertas dan meminta orang lain untuk setuju dengan pendapat penulis.  Tujuan dari membuat tulisan adalah orang lain mempraktekannya. Tapi proses blogging tidak demikian, blogging tidak akan memaksa bloggernya untuk menjadi penulis yang lebih baik tanpa praktek terlebih dahulu. Blogger hanya menulis apa yang telah terjadi atau dialami sendiri. Menurut Anda, manakah penulis yang baik menurut Anda, apakah penulis yang menulis lalu mempraktekannya, ataukah berpraktek lalu menuliskan pengalamannya untuk banyak orang ?

Anda akan menjadi pemikir yang lebih baik
Proses menulis termasuk kegiatan merekam pikiran di atas kertas, tapi proses blogging akan mendorong Anda untuk berhenti dan berpikir lebih dalam sebelum menuangkannya dalam tulisan. Anda akan mempelajari lebih dalam masalah kehidupan Anda dan bagaimana pandangan orang lain terhadap kita. Intinya seorang blogger adalah pemikir yang hebat jauh melihat ke depan.

Anda akan menjalani kehidupan yang lebih disengaja
Setelah Anda mulai menulis tentang kehidupan Anda, Anda akan mulai berpikir lebih sengaja tentang siapa Anda, akan menjadi siapa dan apakah Anda menyukai apa yang Anda lihat atau tidak.  Jelasnya gini, di blog ini Saya ngeblog bertemakan tips blogging dan moneytisasi blogging. Udah, blog ini mau Saya bawa khusus seputar itu dan Saya sengaja berfokus di situ, karena Saya suka dan dengan sengaja akan menulis tema tersebut sesuai dengan apa yang Saya alami. Saya ingin menjadi praktisi di bidang ini dan berbagi untuk orang lain agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Anda akan melatih pikiran untuk hal-hal yang berarti
Proses blogging membutuhkan sebuah filter atau saringan. Tidak mungkin kita menulis semua peristiwa yang telah kita alami, setiap pemikiran dan setiap pengalaman dalam hidup Anda. Blogging adalah proses yang tidak pernah berakhir untuk mengartikulasikan peristiwa yang paling berarti dan pemikiran Anda yang paling penting dan bermanfaat. Proses pemilihan ini tentunya membantu Anda dalam melatih pikiran dalam memilih tema tulisan untuk hal-hal yang berarti dan bermanfaat.

Akan merubah kebiasaan menjadi hidup sehat
Blogging membutuhkan waktu, pengabdian, komitmen, dan disiplin. Ini adalah sifat-sifat positif yang menyehatkan dan menyukseskan Anda. Sifat tersebut akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal untuk kehidupan Anda. Untuk kasus Saya sendiri, sejak mulai ngeblog, Saya harus disiplin waktu, bangun sebelum subuh, shalat dulu, berdoa, lalu ngeblog membuat 2 buah artikel sampai pagi, istirahat sejenak untuk olahraga dan sarapan dan seterusnya. Saya harus disiplin waktu karena memang Saya juga punya target, apa manfaat yang bisa Saya hasilkan dari ngeblog untuk Saya dan keluarga ?

Anda akan bertemu orang-orang baru
Blogger akan mendapatkan sobat baru, entah melalui komentar, e-mail, atau media sosial. Anda mungkin akan terkejut betapa cepatnya Anda bisa berteman dengan orang-orang di dunia maya. Dan ini adalah salah satu bentuk silaturrahmi baru yang harus ditingkatkan.

Anda bisa menghasilkan uang
Anda tidak perlu berniat mendapatkan uang dengan blogging, walaupun itu natural. Tapi blogging memang bisa menghasilkan banyak uang. Namun jangan sampai uang dari blog Anda benar-benar mengalihkan perhatian Anda dari niat dan tujuan awal blogging yakni memberi manfaat buat orang lain. Jadi, nikmatilah uang yang Anda hasilkan sebagai dampak baik dari blogging, bukan semangat melakukan blogging karena ingin menghasilkan uang.

Anda akan menginspirasi orang lain
Blogging tidak hanya mengubah hidup Anda, tapi bisa juga mengubah kehidupan pembaca. Dan karena tulisan di blog merupakan produk gratis dan terbuka untuk umum dari berbagai tingkatan, maka ini sama saja dengan tindakan memberi sesuatu kepada orang lain. Ini adalah tindakan tanpa pamrih dengan menginvestasikan waktu Anda, energi, dan pandangan ke dalam sebuah tulisan dan kemudian ditawarkan secara gratis untuk siapa saja yang ingin membacanya. Orang lain akan menemukan inspirasi dalam tulisan Anda dan meminjam istilah Mario Teguh, ini sungguh "super sekali".

Pola pikir Anda akan menjadi lebih baik 
Blogging terdiri dari proses  memberi dan menerima. Salah satu perbedaan terbesar antara blogging dan penerbitan tradisional atau menulis biasa adalah kesempatan bagi pembaca untuk memberi masukan kepada blogger. Sebagai penulis blog, Anda memperkenalkan topik yang Anda rasa penting dan bermakna. Kemudian, para pembaca bisa merespon tulisan Anda. Dan sering kali, tanggapan mereka di bagian komentar akan menantang kita untuk membuat tulisan yang baru.

Blogging itu gratis lho...
Ngeblog bisa mulai hari ini tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Saya pernah menggunakan blogspot, wordpress dan beberapa platform lain. Dengan investasi awal sebesar 0 rupiah, cukup bermodalkan sinyal internet yang terkadang juga gratis via wifi, mengapa Anda tidak mencobanya mulai sekarang ? Nah, kalau mau yang lebih profesional, silahkan beli domain dan hosting.

Anda akan menjadi lebih nyaman dikenal orang lain
Blogging memperkenalkan diri Anda kepada orang lain. Hal ini menyebabkan Anda untuk mengartikulasikan kehidupan Anda dan pandangan orang lain di balik keputusan yang Anda buat. Apakah Anda memiliki 1 pembaca atau 10.000 pembaca, proses blogging sama saja dengan membuka tabir hidup Anda untuk orang lain. Ini adalah latihan yang baik membagikan eksistensi untuk diketahui oleh orang lain. Seiring waktu, Anda akan mengungkapkan lebih banyak perihal diri Anda kepada orang lain dan Anda akan lebih bersemangat untuk menikmati mendengar cerita tentang Anda dari orang lain.

Blogging akan berfungsi sebagai jurnal pribadi
Blogging berperan sama sebagai jurnal atau daftar perjalanan pribadi. Hal ini melatih kita untuk jeli dan memberikan bobot pada peningkatan kualitas pribadi dengan yang pernah kita alami. Hal ini melatih pikiran kita untuk melacak kehidupan dan mengartikulasikan perubahan yang kita alami. Blog Anda menjadi sebuah catatan digital dari hidup Anda dan hal ini tidak pernah bisa hilang, dicuri, atau hancur terbakar api.

Anda akan menjadi lebih percaya diri
Blogging akan membantu Anda menjadi lebih percaya diri dalam hidup Anda. Anda akan segera menyadari bahwa Anda menjalani kehidupan yang penting dengan tampilan yang unik dan memiliki sesuatu untuk ditawarkan kepada orang lain.

Anda akan menemukan sesuatu untuk direkomendasikan
Kita semua suka merekomendasikan sesuatu yang ternyata menyenangkan atau menguntungkan kita, apakah itu sebuah restoran yang bagus, sebuah buku yang bagus, atau pandangan baru pada kehidupan. Sebuah blog memberikan kesempatan untuk melakukan hal yang sama. Berarti blog menyediakan sarana untuk berbagi sukacita apa yang kita alami dan merekomendasikan kepada orang lain.

Jadi sekarang Anda sudah tahu  cara membedakan antara seorang penulis dan seorang blogger. Setiap blogger adalah penulis dan tidak setiap penulis adalah blogger.

Tag : Blogging
Back To Top