Bagaimana Ngeblog Bisa Dapet Duit ?


Menjadi seorang blogger profesional adalah karir yang menjadi impian bagi banyak orang, tetapi menghasilkan  uang yang cukup dari blog sebagai penghasilan utama, tidaklah mudah.

Jika Anda sudah membaca tips dari berbagai blog, Saya yakin Anda sudah tahu cara yang memungkinkan untuk membuat uang dari blog Anda dan Anda mungkin memiliki ide yang baik bagaimana mempraktekannya. Namun sudah menjadi cerita umum bahwa blogger telah melakukan segala sesuatunya selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk tetap berjuang mendapatkan hasil yang diharapkan.

Mungkin Anda telah membangun lalu lintas blog,  mempromosikan situs Anda dan menghasilkan uang blog Anda, tetapi baru bisa membeli kacang goreng.  Anda tidak sendirian, karena banyak blogger yang mengalami hal yang sama. Tapi jangan menyerah dulu, karena sangat mungkin untuk membuat uang dengan hanya mengandalkan sebagai seorang blogger. Tidak hanya itu,  mungkin juga bagi Anda untuk membuat penghasilan penuh waktu hanya dalam beberapa bulan saja.

Saya tidak berbicara tentang skema cepat kaya atau teknik black-hat terbaru untuk mengelabui Google dalam mengirimkan ribuan pengunjung ke situs Anda. Ada lebih dari satu cara untuk membuat uang dari blogging dan jika Anda mengalami kesulitan mendapatkan penghasilan dari situs Anda sendiri, mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan untuk menulis di blog orang lain.

Cara menghasilkan uang sebagai seorang blogger freelance
Masalah utama untuk mendapatkan uang melalui blogging adalah dibutuhkannya waktu yang lama dan banyak konten sebelum Anda membangun lalu lintas dan pengikut, Hal tersebut diperlukankarena memang efektif menguangkan situs Anda.

Tidak ada jalan pintas di sini. Anda harus siap bekerja keras untuk waktu yang lama dan dengan penghasilan yang sangat sedikit pada awalnya. Namun, ada banyak blog di luar sana yang telah mencapai tingkat keberhasilan dan membuat uang yang layak untuk pemiliknya. Setelah blog mencapai ukuran tertentu, mereka memberi tantangan untuk orang lain (guest post)  untuk mengelola dan terus memproduksi konten berkualitas tinggi.

Sebagai seorang blogger, Anda sudah terbukti mempunyai keterampilan menulis. Bukan hanya itu, tetapi Anda tahu bagaimana untuk memformat posting agar mudah dibaca, mengoptimalkannya untuk mesin pencari, menemukan dan memasukkan gambar yang tepat, mempromosikannya di jaringan sosial dan berinteraksi dengan pembaca dan komentator. Semua keterampilan ini membuat Anda sangat memenuhi syarat untuk bekerja sebagai penulis lepas untuk blog lain.

Mencari blog untuk menulis 
Ada ribuan blog di luar sana yang mencari penulis. Jadi mungkin ini lebih mudah daripada yang Anda pikirkan untuk memulai usaha sebagai blogger freelance. Tempat yang mudah untuk memulai adalah dengan melihat melalui postingan di papan pekerjaan freelance. Salah satu yang terbaik untuk blogger freelance Problogger Job Boards.

Anda juga dapat melihat-lihat daftar pekerjaan elalui  situs lain seperti Elance, oDesk dan PeoplePerHour. Namun Anda harus hati-hati, karena ada banyak pekerjaan yang  dibayar sangat rendah di situs tersebut dan ini tentunya sangat merendahkan layanan atau skill Anda.

Memang benar kita tidak perlu malu dalam mengambil beberapa pekerjaan dengan tarif yang lebih rendah ketika Anda baru saja memulai menjadi blogger freelance, tapi selalu diingat bahwa Anda adalah seorang penulis yang berkualitas dan Anda layak dibayar cukup untuk pekerjaan Anda.

Beberapa iklan lowongan pekerjaan ada juga yang mmenawarkan pekerjaan hanya untuk tujuan SEO semata dan ini adalah jenis daftar pekerjaan yang harus Anda hindari. Namun kalau Anda ada waktu luang, biasanya ada beberapa "permata" dari pekerjaan yang ditawarkan dengan bayaran lumayan jika Anda bersedia untuk melihat-lihat.

Anda juga dapat mencoba menghubungi pemilik blog langsung untuk melihat apakah mereka sedang mencari penulis. Hal ini tentunya akan efektif karena Anda tidak terlalu banyak menghadapi persaingan dari blogger lain dan Anda dapat langsung menuju ke blog yang Anda minati.

Beberapa blogger beriklan ketika mereka sedang mencari penulis, tetapi tidak ada salahnya jika kita mengirimkan email spekulatif dengan cepat. Mendapatkan giliran yang pertama dan menunjukkan antusiasme dari Anda, tidak hanya memberikan Anda kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi Anda mungkin dapat menegosiasikan tingkat reputasi yang lebih baik.

Pasang iklan Anda sebagai blogger freelance 
Cobalah aktif mencari pekerjaan, dan Anda harus memastikan bahwa itu mudah bagi klien untuk menghubungi Anda langsung. Jika Anda telah blogging untuk sementara waktu, ini justru lebih mudah. Blog Anda bisa dijadikan portofolio siap pakai untuk menampilkan keterampilan Anda dalam menulis.

Pada halaman tersebut, Anda harus menyertakan link menuju sampel posting yang telah Anda tulis untuk blog lain, beberapa testimonial dari beberapa pelanggan yang senang dan rincian tentang pengalaman Anda ketika menulis berbagai topik. Jika Anda tidak memiliki sampel, bisa juga beberapa posting tamu yang diterbitkan atau setidaknya link ke posting terbaik Anda pada blog Anda sendiri.

Beberapa blogger freelance juga ingin mempublikasikan tarif mereka di situs web mereka, sementara yang lainnya lebih memilih untuk memberikan nilai atau harganya ketika mereka dihubungi. Jika Anda memilih untuk mempublikasikan tarif Anda, hal itu tentu dapat menghemat sedikit waktu dalam negosiasi. Namun Anda akan kehilangan fleksibilitas pengaturan tarif yang berbeda untuk klien yang berbeda dan ini mungkin membuat lebih sulit bagi Anda untuk menaikkan tarif di masa depan.

Memulai usaha sebagai blogger freelance saat ini
Bekerja sebagai blogger freelance adalah model karir yang hebat karena ada sedikit hambatan untuk memulai dan Anda dapat memulainya dengan segera. Anda tidak perlu pengalaman bertahun-tahun atau nama besar untuk menjadi penulis lepas.

Jika Anda telah mencoba sebagai blogger freelance untuk sementara waktu saat ini tanpa banyak keberhasilan, mungkin sudah saatnya untuk memikirkan kembali rencana tindakan Anda dan lebih fokus dalam beberapa usaha Anda dalam menulis untuk orang lain serta blog Anda sendiri. Tidak hanya itu, cara ini tentu sangat bagus untuk membuat uang, tetapi juga dapat membantu Anda membangun audiens blog Anda dan mengarahkan lalu lintas ke situs Anda.  Bisa jadi Anda mungkin menemukan setelah beberapa bulan bekerja sebagai blogger freelance, situs Anda sendiri mulai menghasilkan uang. Semoga.
Tag : Dapat Uang
Back To Top