Perbedaan Krusial Antara Membangun Blog dan Membangun Bisnis


Apakah Anda sedang membangun sebuah blog atau membangun sebuah bisnis ? Apakah Anda pernah berpikir tentang siapa diri Anda sendiri dan mungkin pernah menggambarkan diri Anda sebagai seorang blogger ? Atau apakah Anda seorang freelancer, pengusaha, konsultan, penulis ebook atau yang serupa ?

Ketika Saya mulai dalam dunia blogging, Saya benar-benar senang dengan gagasan Saya untuk membangun sebuah blog, tentunya yang bisa menghasilkan uang. Tapi pada awalnya Saya tidak melihat diri saya sebagai seseorang yang sedang membangun bisnis. Akibatnya, butuh berbulan-bulan untuk bisa mulai menghasilkan uang.

Jadi apa bedanya ? Jika Anda sedang membangun sebuah blog dan Anda ingin menghasilkan uang, maka Anda berfokus pada hal yang salah. Jika Anda sedang membangun sebuah bisnis, tapi Anda belum menghasilkan uang, setidaknya Anda bergerak ke arah yang benar.

Berikut ini sesuatu yang penting untuk diingat, blog Anda bukanlah bisnis Anda, tapi blog Anda adalah alat pemasaran untuk bisnis Anda.

Apa yang Anda fokuskan ? 
Ketika saya mulai blogging, saya terobsesi tentang 'jumlah' yang berbeda, seperti :
  • Berapa banyak pelanggan saya punya ?
  • Berapa banyak lalu lintas pengunjung yang Saya dapatkan ?
  • Berapa banyak pengikut twitter Saya ?
Dan seterusnya...

Namun saat ini, Saya sering lupa untuk memeriksa statistik tersebut,  karena Saya fokus pada metrik bisnis yang benar-benar penting yakni berapa banyak uang yang bisa Saya buat ?

Itu mungkin terdengar sedikit matre, namun nggak apa-apa karena memang itulah tugas blogger selanjutnya, memonitisasi blognya. Jika motivasi utama blogging Anda  adalah untuk memiliki pembaca setia untuk ide-ide Anda, maka Anda mungkin tidak peduli tentang menghasilkan uang, meskipun Anda mungkin ingin menjalankan beberapa iklan atau mengambil donasi untuk sekedar menutupi biaya hosting Anda. Itu sah-sah saja.

Tetapi jika  blog Anda ingin menjadi sesuatu yang lebih dari sekedar hobi, maka Anda benar-benar perlu berpikir di luar kerangka itu.

Itu berarti Anda harus mencari tahu bagaimana tepatnya Anda akan menghasilkan uang.  Apa bisnis yang Anda berikan, layanan atau produk apa yang Anda tawarkan ?
Bisa jadi  :
  • Anda menjual ebook atau buku cetak  atau kursus online pada topik tertentu sesuai tema blog Anda.
  • Anda menjual bimbingan atau konsultasi dan blog Anda ditujukan untuk klien Anda, yang mempunyai topik yang mereka inginkan.
  • Anda menjalankan workshop atau kelas, dan blog Anda mencakup topik yang sama, dengan fokus pada wilayah geografis Anda.
  • Anda menawarkan layanan tertentu, seperti menulis lepas atau desain, dan blog Anda ditujukan untuk klien Anda.

Tentu saja, banyak blogger menggunakan kombinasi ini, dan itu bisa menjadi cara yang baik untuk menggunakan blog Anda untuk menghasilkan efek maksimal. Misalnya, Anda mungkin menawarkan layanan tertentu, tetapi juga menjual ebook sendiri.

Jika kita lihat, beberapa blog besar telah menjalankan bisnis iklan dan menghasilkan uang dengan cara itu. Hal ini tentu memerlukan audiens yang besar, dan ini bukan strategi bisnis yang Saya akan rekomendasikan kepada blogger pemula. Ada cara lain yang lebih mudah untuk membangun bisnis yang sukses, khususnya bagi pemula.

Banyak pengusaha sukses di dunia blogging mulai menjalankan blognya tanpa terlalu banyak pertimbangan. Mereka mungkin telah meluncurkan sebuah blog tanpa banyak rencana dalam pikiran mereka atau tanpa ide yang jelas tentang bagaimana mereka akan membuat blognya bisa menguntungkan. Tapi seiring waktu, ternyata blog mereka menjadi sebuah bisnis. Dan Anda dapat melakukan hal yang sama seperti itu.

Jika rencana bisnis Anda saat ini sudah terlihat dari blog  yang sudah mulai besar, maka waktunya untuk menguangkan blog itu, dengan mencari tahu apa yang Anda lakukan untuk mendatangkan uang.
Pelayanan apa yang bisa Anda tawarkan, atau produk apa yang bisa Anda jual ? Bagaimana Anda bisa memulai dengan menawarkan layanan atau produk secara gratis, sehingga Anda bisa mendapatkan beberapa testimonial yang mendukung penjualan Anda.

Tag : Blogging
Back To Top