Point Penting Pengecekan Artikel Sebelum Dipublish


Berapa kali Anda mempublikasikan posting, hanya karena Anda lupa dan untuk mengoreksinya dan karena banyak kesalahan ketik ? Bagaimana ketika ada link Anda yang rusak, atau ketika Anda menggunakan kata kunci yang salah, atau ketika Anda lupa untuk mengoptimalkan judul posting ?

Seperti yang Anda lihat, ada banyak hal yang harus diperiksa sebelum menekan  tombol "Publikasikan" sebuah postingan dan kebanyakan dari kita lupa tentang hal tersebut. Itulah mengapa Saya memutuskan untuk membuat postingan "Mengecek Artikel Sebelum Dipublish" ini dengan beberapa point yang harus Anda ketahui atau periksa sebelum melakukan penerbitan posting. Hal ini akan berguna terutama bagi artikel yang panjang atau jenis artikel yang hanya bisa Anda publikasikan  sekali  saja tanpa bisa diperbaiki jika ada kesalahan.

Di bawah ini Anda akan menemukan keterangan tentang semua point penting yang mesti dicek sebelum mempublish sebuah artikel.

Apakah Saya membaca posting setelah menulisnya ? 
Masuk akal sehat kedengarannya, karena kebanyakan orang tidak membaca apa yang baru saja mereka tulis sebelum mempublikasikannya. Ini adalah sebuah kesalahan,  kecuali jika Anda membaca artikel Anda sebagai bagian yang tidak terpisahkan dengan menulis sehingga Anda yakin bahwa  semuanya masuk akal, paragraf dan kalimat dalam urutan yang benar dan punya argumen yang kuat dan sebagainya. Jadi, membaca kembali apa saja yang Anda tulis dari atas ke bawah adalah urgen.

Apakah artikel sudah selengkap yang seharusnya ? 
Jika Anda ingin menghasilkan lalu lintas pengunjung sebanyak mungkin dan untuk mendapatkan backlink sebanyak mungkin, Anda perlu memastikan bahwa postingan Anda harus lengkap sesuai yang diinginkan pembaca. Jika Anda telah menyelesaikan pemeriksaan sebelumnya Anda juga harus mampu mengevaluasi apakah artikel ini harus diberi tambahan penjelasan atau sudah cukup.

Sebagai contoh, jika Anda menulis review sebuah software dan postingan Anda berfokus pada fitur perangkat lunak. Bagaimana proses instalasinya ? Bagaimana dengan kompatibilitas perangkat lunak dengan program lain ? Ini semua adalah aspek yang membuat postingan kita lebih berharga dimata pembaca potensial.

Apakah Saya telah melakukan penelitian tentang kata kunci yang terkait ? 
Jika Anda ingin memaksimalkan lalu lintas Anda, Anda perlu menggunakan kata kunci yang sama yang digunakan kebanyakan orang. Karena ini akan membuat  postingan Anda lebih mudah untuk dipahami dan karena akan membantu dalam optimasi mesin pencari.

Misalnya, Anda akan menulis postingan tentang "cara mendapatkan uang". Maka sebaiknya Anda periksa dulu menggunakan tool Keyword Planner, coba ketikkan kata uang di sana.  Anda akan menemukan bahwa istilah cara mendapatkan uang dicari oleh 3600 orang setiap bulan, sedangkan kata cari uang dicari oleh 1600 orang saja. Ini berarti bahwa kata yang pertama diriset jauh lebih baik dan Anda bisa menggunakan kata tersebut sebagai judul artikel.

Apakah Saya sudah berhati-hati dengan  judul ? 
Judul postingan Anda adalah bagian paling penting. Bahkan lebih penting daripada artikel  itu sendiri, karena judul bisa merebut perhatian pengunjung, jika judulnya tidak menarik mereka tidak akan membaca postingan.  Jadi,  pastikan judul Anda memiliki hubungan emosional dengan pembaca. Sebagai contoh, pembaca akan senang dengan menawarkan sesuatu yang bernilai besar, misalnya  "100 Tips Cara Mendapatkan Uang Tercepat Bulan Ini" atau Anda bisa membuat pembaca penasaran dengan membuat judul yang tidak biasa, misalnya, "10 Rahasia  Suami Punya Kekuatan Super Membahagiakan Istri di Atas Ranjang Selama 5 Jam".  Selain itu, harus selalu diingat untuk menggunakan kata kunci utama dari postingan Anda dalam judul, karena ini akan membantu dengan optimasi mesin pencari.

Apakah Saya sudah mengoreksi kesalahan tata bahasa dan ejaan ? 
Saya tahu Anda telah membaca postingan Anda sekali untuk memastikan apakah ide-ide dalam tulisan suadah masuk akal dan paragrafnya dalam urutan yang benar. Namun, Anda harus membacanya sekali lagi, untuk mengoreksinya. Kali ini kita fokus pada kesalahan tata bahasa dan ejaan.

Apakah Saya menghubungkan artikel ini ke postingan lainnya ? 
Menghubungkan artikel ke postingan lama di dalam blog Anda adalah cara yang membantu pengunjung dan pencarian bots menemukan artikel Anda. Hal ini membantu pengunjung untuk mengeksplorasi arsip Anda, melengkapi atau memperluas informasi yang  baru saja mereka baca. Hal ini juga membantu pencarian bots dalam menjelajah situs Anda lebih efisien dan memahami konten Anda melalui anchor text.  Jadi, sebelum menerbitkan posting, luangkan waktu untuk menemukan postingan lama Anda dan hubungkan atau nge-link ke sana.

Apakah Saya nge-link ke situs eksternal saat yang tepat ? 
Jangan takut menghubungkan atau ngasih link ke situs web eksternal. Anda tidak akan kehilangan PageRank dan Anda tidak akan kehilangan pembaca. Jika konten Anda kuat, link eksternal Anda akan memperkaya artikel Anda tetapi Anda harus menghubungkan ke link yang relevan.

Apakah Saya telah memastikan semua link bekerja ? 
Jika pengunjung Anda tidak dapat mengklik link yang Anda sebutkan dan tidak menemukan website yang dimaksud, mereka akan merasa frustrasi. Jadi, sebelum menerbitkan posting, gunakan fitur "Preview" pada perangkat lunak blog Anda dan klik pada semua link untuk memastikan link tersebut bekerja dan menunjuk ke URL yang benar.

Apakah Saya mencantumkan link kredit yang Saya digunakan sebagai sumber tulisan ?
Jika posting Anda terinspirasi oleh seeorang yang Anda baca di situs lain, maka cantumkan siapa pemberi inspirasi itu. Demikian pula, jika Anda menggunakan informasi yang berasal dari situs web tertentu atau blog, pastikan untuk menyebutkan  link ke web tersebut. Ini akan memberikan rasa adil dan menghargai penulis asli dan juga akan berguna untuk pembaca Anda, karena mereka dapat melacak dari mana semuanya berasal.

Apakah Saya menyertakan gambar menarik ? 
Jika gambar bernilai ribuan kata, mengapa tidak menggunakannya satu buah gambar saja dalam postingan Anda ? Gambar adalah cara yang bagus untuk menarik orang untuk membaca sisa postingan Anda. Ganbar juga dapat membantu dari sisi optimasi mesin pencari dan membawa lalu lintas dari pencarian gambar Google.
 \
Apakah Saya telah mengoptimalkan permalink ? 
Kebanyakan platform penerbitan dan software memungkinkan Anda untuk mengedit permalink sebelum postingan Anda dipublikasikan. Anda harus menggunakan fitur ini untuk memastikan permalinks Anda ringkas  dan berisi kata kunci utama Anda. Selain itu, hal ini juga akan membantu dalam optimasi mesin pencari dan meningkatkan jumlah lalu lintas Anda.

Apakah Saya menambahkan satu atau lebih elemen untuk melibatkan pembaca ? 
Setiap pemilik blog harus mencoba untuk membangun sebuah komunitas di sekitar blognya dan melibatkan pembaca dengan konten Anda adalah salah satu strategi terbaik untuk mencapai ini. Anda bisa meminta mereka berkomentar atau bertanya di akhir posting, termasuk juga melakukan polling, menggunakan umpan balik secara langsung dalam posting Anda dan seterusnya.

Apakah hari  ini hari yang baik untuk lalu lintas pengunjung ? 
Bahkan jika Anda telah menulis sebuah mahakarya, Anda tidak akan mendapatkan hasil terbaik jika Anda mempublikasikannya pada hari Minggu atau Hari Raya Idul Fitri, misalnya. Hari-hari terbaik untuk lalu lintas padat pengunjung biasanya pada hari kerja. Tapi pastikan Anda melacak jumlah lalu lintas Anda, sehingga Anda yakin  mendapatkan saat atau hari yang tepat untuk mempublikasikan blog Anda.





Back To Top