4 Langkah Dalam Membangun Bisnis Online


Sama seperti halnya bentuk usaha pada umumnya, bisnis online bukanlah sesuatu yang akan menghasilkan secara instan. Anda harus bekerja keras untuk itu. Anda harus mencoba mengikuti beberapa langkah dan mengujinya sehingga bisa sukses.

Untuk menjadi pengusaha online,  setidaknya ada 4 langkah yang harus Anda ikuti dalam membangun bisnis online.

Menentukan target pasar 
Banyak pengusaha memulai langkahnya dengan memikirkan produk apa yang akan dijual di pasaran. Jika Anda melakukan ini,  Anda akan mendekati kegagalan dalam usaha Anda. Mengapa demikian ? Dalam kebanyakan kasus, pengusaha online mendesain dan menciptakan produk yang sudah banyak di pasaran dan tidak membuat produk pada target tertentu. Jadi, apa yang harus Anda lakukan sekarang adalah mendesain produk setelah menentukan pasar Anda.

Pikirkan cara mengirim produk atau memberi pelayanan kepada pelanggan 
Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab sebelum Anda  melangkah lebih jauh dengan bisnis online Anda. Bagaimana Anda mendapatkan klien ? Apa yang bisa Anda tawarkan kepada mereka ? Bagaimana Anda menangani masalah dan pertanyaan ? Apakah harus melalui email atau panggilan telepon ?
Bagaimana pelanggan dapat menghubungi Anda untuk order pesanan mereka ? Bagaimana Anda memberikan produk atau jasa yang mereka inginkan ? Bagaimana Anda mendapatkan informasi tentang pelanggan Anda ? Untuk semua pertanyaan ini, hanya ada satu jawaban yakni sistem otomatisasi. Ketika hampir semuanya otomatis, segalanya akan mudah bagi Anda dan pelanggan Anda.

Merancang dan membuat website 
Karena Anda mencoba untuk membangun sebuah bisnis online, website adalah suatu keharusan. Ini adalah portal pelanggan Anda untuk bisnis Anda. Ini adalah cara tercepat bagaimana Anda dapat menghubungi mereka. Ini adalah pilihan terbaik bagi mereka untuk menghubungi Anda. Anda tidak perlu menyewa seorang desainer web profesional dan programmer. Anda dapat membuat website sendiri. Anda dapat menggunakan WordPress. Ini adalah user friendly. Setelah Anda dapat menguasainya, Anda sudah bisa mempublikasikan situs web Anda sendiri.

Memperkenalkan produk yang ditawarkan ke publik
Sebelum Anda resmi meluncurkan produk atau jasa Anda, Anda sebaiknya aktif di forum dan memposting link website Anda. Ini juga merupakan cara Anda untuk menguji apakah website Anda bekerja atau tidak. Sekarang, tantangan terletak pada bagaimana Anda dapat menarik anggota forum online untuk mengunjungi situs web Anda. Anda dapat menyertakan promo, diskon dan gratis bagi mereka yang akan mengunjungi situs web Anda dan mereka yang akan meninggalkan alamat email mereka.

Selamat mencoba

Back To Top