3 Langkah Menjadi Blogger Cerdas


Menjadi blogger yang sukses memang membutuhkan waktu dan perjuangan. Jika Anda menghabiskan berjam-jam setiap minggu bekerja di blog Anda dan tidak mendapatkan banyak lalu lintas atau banyak pelanggan baru sebagai hasilnya, saatnya untuk mulai bekerja cerdas, bukan bekerja keras. Dan jika Anda merasa bahwa dengan kerja kerasa Anda ternyata tidak membuahkan hasil, bukankah lebih bagus jika Anda melakukannya setengahnya dari pekerjaan yang Anda lakukan sekarang kalau masih mendapatkan hasil yang sama ?

Berikut adalah tiga langkah terbesar yang Saya sarankan untuk menjadi blogger cerdas :

Kurangi menulis
Jika Anda saat ini posting sebulan sekali dan mendapatkan yang terbaik, tips ini bukan untuk Anda. Tetapi banyak blogger yang memposting artikel  lebih sering terutama ketika blog mereka baru. Bagi kebanyakan niche, Anda dapat memposting seminggu sekali atau bahkan dua minggu sekali dan masih mendapatkan hasil yang baik, namun saran itu adalah bagi blog yang sangat populer dan dianggap baik. Jika Anda menemukan saran untuk memposting setiap hari, itu mungkin saran yang sudah ketinggalan zaman. Nanti Saya kasih tahu alasannya di posting berikutnya.


Langkah Menjadi Blogger Cerdas


Mengembangkan sistem penulisan 
Apakah Anda pernah Anda berjuang untuk menemukan sebuah ide ketika Anda akan menulis sebuah postingan ? Apakah Anda pernah menghabiskan satu jam untuk menulis beberapa paragraf, kemudian berubah pikiran dan membatalkan semuanya ? Kalau begitu Anda membutuhkan sebuah sistem penulisan yang memungkinkan Anda menghasilkan postingan secara terarah step by step. Cara yang baik untuk melakukannya adalah  :
  • Tulis semua ide sekaligus, katakanlah ada 20 ide.
  • Rencanakan beberapa postingan pada suatu waktu, dengan memilih salah satu ide di atas, pilih ide mana yang harus didahulukan dan mana yang diakhirkan.
  • Sisihkan waktu khusus menulis di mana Anda tidak memeriksa email, media sosial dan lainnya.
  • Luangkan juga waktu untuk mengedit sebelum melakukan publish.
Kurangi ngobrol di media sosial 
Sosial media memang bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun hubungan dengan audiens dan berbagi artikel dengan orang lain, tetapi juga bisa menjadi pemborosan waktu. Jangan berfikir bahwa Anda harus membaca setiap status update/tweet.  Mungkin Anda khawatir tentang kehilangan relasi tetapi kenyataannya adalah jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membaca dan mengobrol di media sosial, Anda akan kehilangan  kesempatan untuk menumbuhkan blog Anda dengan cara yang lebih efektif. Batasi waktu di media sosial Anda, katakanlah, 15 menit setiap pagi dan 15 menit setiap sore.

Tag : Blogging
Back To Top