Perbedaan Waktu Indonesia dan Amerika Serikat


Perbedaan waktu Indonesia dengan Amerika Serikat memiliki selisih yang lumayan besar yakni lebih dari 10 jam. Seperti kita tahu bahwa selisih waktu antara Indonesia dan Amerika ini disebabkan oleh berbedanya posisi astronomi dari negara itu. Malahan bukan hanya antar negara saja yang memiliki perbedaan waktu, terkadang dalam satu negara juga ada perbedaan waktu. Contoh gampangnya seperti di  negara kita yang terbagi menjadi tiga zona waktu yakni Waktu Indonesia Barat, Waktu Indonesia Tengah, dan WIT Waktu Indonesia Timur. Setiap bagian waktu yang ada di negara kita ini mempunyai selisih satu jam pada zona waktu yang saling berdekatan.

Selain di Indonesia, perbedaan zona waktu pun terjadi di Amerika Serikat. Negara USA ini terbagi menjadi 4 zona waktu yaitu EST (Eastern Standard Time), CST (Central Standard Time), MST (Mountain Standard Time), dan PST (Pasific Standard Time).

Nah agar lebih jelas, berikut ini akan Saya sampaikan berapa perbedaan waktu Indonesia dan Amerika sesuai dengan pembagian zona waktunya.


Perbedaan Waktu Indonesia dan Amerika Serikat


Perbedaan waktu EST dan Indonesia
Zona waktu EST meliputi negara bagian Amerika yang berada di daerah pantai timur. Zona waktu ini mengusung UTC-5, jadi perbedaan waktu EST dan Indonesia sekitar 12 sampai 14 jam. Untuk zona waktu WIB perbedaan waktu dengan zona EST adalah 12 jam, zona waktu WITA 13 jam sedangkan zona waktu WIT dengan EST mempunyai selisih waktu 14 jam. Perlu Saya infokan bahwa waktu di Indonesia jauh lebih awal 12 jam apabila dibandingkan dengan zona waktu EST Amerika Serikat.

Perbedaan waktu CST dan Indonesia
Perbedaan waktu Indonesia dan Amerika Serikat pada zona CST lebih lama yakni 13 sampai 15 jam lebih cepat di Indonesia. Zona waktu CST Amerika ini meliputi daerah di bagian Teluk Meksiko. Zona waktu CST dan WIB mempunyai selisih 13 jam, selisih 14 jam dengan zona waktu WITA dan mempunyai selisih 15 jam dengan WIT. Hal ini dikarenakan CST mempunyai sistem zona waktu UTC-6.

Perbedaan waktu MST dan Indonesia
Zona waktu MST meliputi negara bagian Amerika yang ada di daerah sekitar pegunungan Rocky. Selisih antara waktu Indonesia dengan MST ini sekitar 14 jam sampai 16 jam. Perbedaan waktu antara WIB dan MST adalah 14 jam lebih cepat di WIB, 15 jam lebih cepat di WITA, dan 16 jam lebih jam di WIT.

Perbedaan waktu PST dan Indonesia
Selisih waktu antara PST dan Indonesia sekitar 15 jam sampai 17 jam lebih awal. Perbedaan zona waktu ini karena PST menggunakan sistem UTC-8. PST sendiri merupakan zona waktu yang ada di negara bagian yang letaknya dekat dengan Samudra Pasifik dan Nevada di Amerika Serikat.

Itulah sedikit informasi tentang perbedaan waktu Indonesia dan Amerika Serikat yang mungkin bermanfaat buat Anda terutama yang akan bepergian ke Amerika.


Baca juga :
Perbedaan waktu Indonesia dan Arab Saudi
- perbedaan waktu indonesia dan amerika los angeles
- jam berapa sekarang di california amerika
- perbedaan waktu indonesia dan california
- perbedaan waktu indonesia dan inggris
- perbedaan waktu indonesia dan amerika new york
- perbedaan waktu antar negara di dunia
- waktu di amerika serikat
- perbedaan waktu indonesia dan eropa 

Back To Top