Perbedaan Waktu Indonesia dan Arab Saudi


Jika sahabat akan melakukan kunjungan ke Arab Saudi, baik perjalanan umrah, haji ataupun bisnis, maka salah satu pertanyaan yang muncul adalah jam berapa sekarang di Mekkah Arab Saudi ?Mengetahui perbedaan waktu Indonesia dan Arab Saudi adalah sangat penting. Hal ini berguna terutama bagi umat Islam dalam mempraktekan ibadah shalat dalam kondisi di pesawat atau shalat jama qashar.


Perbedaan Waktu Indonesia dan Arab Saudi


Selain untuk mengetahui waktu sholat, mengetahui perbedaan waktu juga sangat penting bagi mereka yang sedang puasa, karena ketika Anda sampai di Jeddah sementara kalau melihat jam Indonesia sudah tiba waktu maghrib, tetapi di Jeddah baru jam 2 siang, maka Anda harus ikut waktu Jeddah. Anda harus tetap berpuasa menahan lapar sampai tiba waktu maghribnya di Jeddah.

Begitu juga sebaliknya, jika Anda berangkat pulang dari Jeddah menuju ke Jakarta dalam keadaan puasa, dan tiba di Indonesia sudah jam 6 maghrib, sementara kalau menurut jam Jeddah masih pukul 2 siang, maka Anda harus ikut buka di Jakarta, karena yang berlaku adalah waktu setempat.

Berdasarkan situs yang memberikan informasi tentang perbedaan waktu, perbedaan waktu Indonesia dan Arab Saudi adalah 4 jam, Jika di Jakarta sekarang pukul 4 dini hari, maka di Arab Saudi tepatnya di Jeddah/Mekkah/Madinah, sekarang bertepatan dengan pukul 12 malam waktu setempat. Jadi waktu Indonesia, 4 jam lebih awal dari waktu Arab untuk Indonesia bagian Barat.

Seperti kita ketahui bahwa Indonesia saking panjangnya, maka terbagi menjadi 3 zona waktu yaitu WIB, WITA dan WIT. Selisih antara WIB dan WITA serta WIT dan WIT adalah 1 jam. Sementara Arab Saudi tidak mempunyai zona waktu yang lainnya, jadi di Arab Saudi hanya satu zona waktu. Maka jam di Mekkah, madinah, Jeddah, Riyadh dan lainnya sama saja, satu waktu. Sementara kalau di Mekkah jam 6 pagi, itu artinya di Papua sedang pukul 12 siang, di Makassar sedang pukul 11 siang dan di Bandung lagi pukul 10.

Beberapa artikel yang terkait dengan perbedaan waktu Indonesia dan Arab Saudi, insya Allah akan Saya share dengan segera yakni tentang :
- perbedaan waktu indonesia dengan madinah
- perbedaan waktu indonesia dengan mekah
- berapa jam perbedaan waktu indonesia dan arab saudi
- lama perjalanan jakarta arab saudi
- selisih waktu indonesia dengan turki
Baca juga : perbedaan waktu  jerman dan indonesia


Back To Top