Hati-hati Menguangkan Blogspot Anda


Saya mau sedikit curhat kepada para pembaca yang budiman atau sahabat-sahabat yang masih dan suka ngeblog di blogspot. Beberapa waktu yang lalu, salah satu blog Saya yang jumlah pengunjungnya sudah lumayan banyak, dengan nilai alexa rank sudah mendekati 500 ribuan, terkena amukan Google dan hilang dari peredaran alias dihapus. Alasannya sederhana, blog Saya terkena cekal mesin spam otomatis dari blogger.  Setelah menimbang dan membandingkan dengan blog-blog lain,  alasan tersebut cukup tidak masuk akal, maka Saya pun minta agar peninjauan ulang atau pemulihan blog tersebut agar bisa kembali mengudara.


Menguangkan Blogspot Anda


Satu-satunya alasan yang menurut Saya mungkin masuk akal tapi dianggap spam oleh pihak Google adalah blog Saya mungkin terlalu banyak memasang script iklan PPC lokal. Pada blog tersebut Saya memasang 6 slot iklan dari 2 PPC lokal ternama yakni KlikSaya dan Adsense Camp yang kedua-duanya sudah rutin ngasih transferan perbulan.

Sungguh, Google sangat tega dan gampangnya menghapus blog Saya walaupun memang masih banyak blog-blog cadangan lainnya yang siap mengalirkan receh ke rekening. Ya sudah, semuanya tentu ada hikmahnya. Tentu, ada teman lain bahkan banyak yang nasibnya sama dengan Saya. Memang salah Saya sendiri, kenapa usaha di lapak orang lain nggak mau bayar sewa. Kalau kasarnya gini kata Google : "You minjem domain di blogspot, hostingnya juga milik Gue,  mau Gue tendang blog Sampean atau mau didiemin, suka-suka gue kan ? Ini kan milik Gue. Gue yang punya lahan, gue juga yang ngatur."

Nah, ada beberapa pelajaran yang Saya dapatkan setelah kejadian ini.
Satu, Saya lebih rajin membaca aturan-aturan (Terms of Service) atau Blogger Policies dalam membuat blog di blogspot, maklum Saya nggak mau jatuh untuk yang kedua kalinya.
Dua, Saya harus lebih berhati-hati memoneytisasi blogspot dan mulai menguangkan blog-blog Saya dengan PPC asli dari Google alias Google Adsense tidak dengan yang lainnya. Saya coba daftar Google Adsense karena rasa keprustasian Saya. Saya nekad, menghapus script iklan PPC lokal Saya yang sudah membantu keuangan Saya di semua blog Saya, lalu Saya coba daftar Google Adsense dengan memakai salah satu blog Saya. Tidak menunggu lama, 5 hari saja yang diperluakan untuk mengaprrove permintaan Saya. Alhamdulillah. Google sudah mengobati hatiku yang sudah luka dengan semangat baru. Kenapa ? Karena, disamping akun GA sudah siap menyawerkan dollarnya, Saya juga baru menemukan trik sendiri dan mau mencoba mempraktikkan resep untuk mendapatkan 100 dollar perhari dari Google Adsense. Kalau untuk resep ini, Saya nggak akan sharing dulu, Saya harus uji dan praktekkan sendiri dan kalau berhasil mendapatkan 50-100 dollar per hari dalam waktu kurun 14 bulan, Saya akan kasih tutorial videonya secara gratis.
Tiga, Blog-blog dari blogspot Saya harus betul-betul bercita rasa blogspot, seperti menampilkan Google Follower, label, archiev, entri populer dan accesoris blogspot lainnya.
Empat, jika mau bisnis  PPC lokal atau link affiliasi atau bisnis lainnya, lebih baik beli domain dan hosting sendiri, jangan pakai yang gratisan. Bisnis itu sedikit banyak tetep harus pakai modal.






Tag : Uang
Back To Top