Gaji Dokter Gigi di Rumah Sakit


Penasaran berapakah gaji dokter gigi ?  Sama, Saya juga penasaran, karena memang jarang yang mengetahuinya dan juga jarang diekspos. Informasi tentang berapa gaji dokter gigi di bawah ini, murni berdasarkan penelusuran Saya lewat informasi dari blog lain dan bukan hasil wawancara kepada dokter gigi. Jadi, jika ada kesalahan tentang besaran gaji dokter gigi, mohon diralat khususnya bagi para dokter gigi yang membaca artikel ini.

Saya mendapatkan referensi dari website qerja.com tentang gaji dokter gigi di Rumah Sakit Permata Cibubur. Besaran gaji pokok dokter gigi di sana rata-rata pada kisaran 6 juta per bulan, belum termasuk bonus dan tunjangan lainnya. Sementara itu gaji pokok dokter gigi di instansi atau rumah sakit Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta berada di kisaran 4 jutaan. Kisaran besar gaji tersebut merupakan besaran gaji terbaru untuk bulan Juni 2015.

Untuk besaran bonus selain gaji biasanya dihitung berdasarkan berapa jumlah pasien yang datang. Semakin banyak pasien yang datang, tentunya akan semakin besar nilai bonusnya. Nilai bonusnya berbeda-beda, tergantung kebijakan rumah sakit tempat dokter gigi tersebut bekerja. Jadi nilai bonus malahan jauh lebih besar dari gaji pokoknya sendiri.

Untuk dokter gigi yang yunior yang masih minim pengalaman, memang seharusnya dan sebaiknya bekerja lebih dahulu di rumah sakit pemerintah atau swasta atau bisa juga di klinik-klinik. Tujuannya untuk mendapatkan pengalaman dan saling sharing dengan dokter gigi lainnya. Memang gajinya tentu lebih terbatas apabila kita buka usaha sendiri, namun jika belum pengalaman, orang pun nggak akan percaya untuk berobat ke dokter gigi tersebut.

Satu atau dua tahun pengalaman bekerja di rumah sakit atau poliklinik, akan cukup memberikan kepercayaan buat pasien untuk berobat kepadanya. Saya kira besaran gaji di atas sudah cukup besar untuk tahap pemula, karena dalam jangka waktu tertentu pastinya gaji pokok dia akan mengalami kenaikan, entah itu tiap 4 bulan sekali atau 6 bulan sekali tergantung kebijakan instansi tempat bekerja.

Gaji dokter gigi di Puskesmas

Pilihan lain bagi dokter gigi pemula, sebaiknya menerima tawaran yang diberikan oleh pemerintah jika mereka ingin mengabdi kepada negara yakni menjadi dokter spesialis gigi di tempat-tempat terpencil. Biasanya mereka sih ditawarin gaji yang lumayan dan belum tunjangan lainnya. Namun sayangnya hanya sedikit yang siap mengabdi seperti itu walaupun diiming-imingi gaji banyak dan juga kendaraan.

Berdasarkan informasi yang Saya dapatkan, bagi dokter yang ditempatkan sebagai dokter PTT, maka akan diberikan gaji dan insentif minimal Rp 5,4 juta per bulan untuk daerah terpencil dan minimal sebesar Rp 7,85 juta per bulan untuk daerah sangat terpencil dengan waktu mengabdi selama 2 tahun.

Terus ngomong-ngomong berapa sih penghasilan atau gaji dokter di luar negeri sana ? Menurut informasi yang Saya peroleh, gaji atau penghasilan dokter spesialis gigi dan spesialis lainnya di rumah sakit pemerintah Amerika sana rata 300 ribu dollar per tahun, sekitar 300 jutaan per bulan kalau dalam rupiah. Jika bekerja di rumah sakit swasta, gajinya lebih besar lagi. Fantastis kan ? Namun tentu saja masih fantastis gaji anggota DPR Indonesia yang bisa milyaran per bulan tapi hasil gasab uang rakyat.

Gaji dokter gigi fresh graduate

Hasil penelusuran Saya terhadap keingintahuan berapa gaji dokter gigi fresh graduate, Saya menemukan seorang dokter gigi baru lulus yang curhat tentang gajinya di sebuah forum online. Dia baru lulus dan baru praktek sekitar 4 bulanan, dengan cara ngisi di klinik-klinik swasta kepunyaan dokter gigi seniornya. Praktek tiap hari kecuali hari libur dengan waktu praktek pagi sampai siang serta sore sampai malem. Dia mengaku penghasilannya sekitar 2.5-4 juta perbulan, pokoknya tidak tetap tergantung banyak tidaknya pasien. Tidak ada tunjangan, tidak ada bonus dan belum ada jenjang karir.

Nah, sekarang nggak penasaran lagi kan berapa nilai gaji dokter gigi ? Sok lah buat para calon dokter gigi, silahkan cari pengalaman dulu kerja di rumah sakit atau klinik sebelum buka usaha sendiri di rumah. Orang akan mengejar kita, kalau sudah tahu reputasi kita. Makanya, cobalah untuk menimba pengalaman dahulu di rumah sakit atau klinik yang punya reputasi juga, karena nama kita pun akan ikut terangkat.

Beberapa informasi lainnya yang akan Saya share adalah tentang :
- gaji dokter gigi 2017
- gaji dokter gigi di rumah sakit swasta
- penghasilan dokter gigi per bulan
- gaji dokter gigi bpjs
- berapa gaji dokter gigi di indonesia

Back To Top