Gaji Dokter Gigi di Rumah Sakit

Penasaran berapakah gaji dokter gigi ?  Sama, Saya juga penasaran, karena memang jarang yang mengetahuinya dan juga jarang diekspos. Informasi tentang berapa gaji dokter gigi di bawah ini, murni berdasarkan penelusuran Saya lewat informasi dari blog lain dan bukan hasil wawancara kepada dokter gigi. Jadi, jika ada kesalahan tentang besaran gaji dokter gigi, mohon diralat khususnya bagi para dokter gigi yang membaca artikel ini.

Saya mendapatkan referensi dari website qerja.com tentang gaji dokter gigi di Rumah Sakit Permata Cibubur. Besaran gaji pokok dokter gigi di sana rata-rata pada kisaran 6 juta per bulan, belum termasuk bonus dan tunjangan lainnya. Sementara itu gaji pokok dokter gigi di instansi atau rumah sakit Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta berada di kisaran 4 jutaan. Kisaran besar gaji tersebut merupakan besaran gaji terbaru untuk bulan Juni 2015.

Untuk besaran bonus selain gaji biasanya dihitung berdasarkan berapa jumlah pasien yang datang. Semakin banyak pasien yang datang, tentunya akan semakin besar nilai bonusnya. Nilai bonusnya berbeda-beda, tergantung kebijakan rumah sakit tempat dokter gigi tersebut bekerja. Jadi nilai bonus malahan jauh lebih besar dari gaji pokoknya sendiri.


Untuk dokter gigi yang yunior yang masih minim pengalaman, memang seharusnya dan sebaiknya bekerja lebih dahulu di rumah sakit pemerintah atau swasta atau bisa juga di klinik-klinik. Tujuannya untuk mendapatkan pengalaman dan saling sharing dengan dokter gigi lainnya. Memang gajinya tentu lebih terbatas apabila kita buka usaha sendiri, namun jika belum pengalaman, orang pun nggak akan percaya untuk berobat ke dokter gigi tersebut.

Satu atau dua tahun pengalaman bekerja di rumah sakit atau poliklinik, akan cukup memberikan kepercayaan buat pasien untuk berobat kepadanya. Saya kira besaran gaji di atas sudah cukup besar untuk tahap pemula, karena dalam jangka waktu tertentu pastinya gaji pokok dia akan mengalami kenaikan, entah itu tiap 4 bulan sekali atau 6 bulan sekali tergantung kebijakan instansi tempat bekerja.

Nah, sekarang nggak penasaran lagi kan berapa nilai gaji dokter gigi ? Sok lah buat para calon dokter gigi, silahkan cari pengalaman dulu kerja di rumah sakit atau klinik sebelum buka usaha sendiri di rumah. Orang akan mengejar kita, kalau sudah tahu reputasi kita. Makanya, cobalah untuk menimba pengalaman dahulu di rumah sakit atau klinik yang punya reputasi juga, karena nama kita pun akan ikut terangkat.

Back To Top