Jarak Indonesia ke Arab Saudi


Selain perbedaan waktu Indonesia dan Arab Saudi, hal lain yang mesti diketahui bagi orang yang akan melakukan umrah, haji atau bisnis adalah jarak Indonesia ke Arab Saudi. Hal ini untuk mengetahui seberapa lama kita berada di pesawat atau di kendaraan.

Berikut ini, informasi seputar Jarak antara Indonesia dan Arab Saudi khususnya ke kota-kota atau tempat yang sering disinggahi.

Jarak Jakarta - Jeddah : 7971 kilometer
Jarak Jeddah - Madinah : 442.9 kilometer
Jarak Madinah - Mekkah : 450.9 kilometer
Jarak Mekkah - Madinah : 454 kilometer
Jarak Mekkah - Jeddah : 101 kilometer

Untuk mengetahui jarak antara kota-kota lain di dunia, silahkan kunjungi situs Distance From To.

Berapa lama jam penerbangan naik pesawat dari Jakarta ke Madinah ?

Salah satu rute penerbangan haji/umroh selain Jakarta - Jeddah adalah Jakarta langsung ke Madinah. Rute ini akan mempersingkat penerbangan hingga sembilan jalan perjalanan dibandingkan rute Jakarta ke Jeddah dan diteruskan naik bus selama sembilan jam perjalanan menuju Madinah.

Selain mempersingkat waktu perjalanan rombongan jemaah calon haji atau umroh, rute Jakarta - Madinah bisa menghemat bea perjalanan ibadah haji atau umroh juga. Lalu berapa jarak antara Jakarta dan Madinah ? Menurut Si Mbah Google, jarak Jakarta dan Madinah adalah 8031 km. Lho bukannya lebih cepat ke Jeddah ? Betul. Tapi kan kalau Anda tujuannya mau ke Madinah, lalu transit di Jeddah, maka jaraknya jadi bertambah yakni 7971 + 442.9 = 8413.9 km. Sedangkan kalau Anda terbang langsung ke Madinah dari Jakarta, jaraknya cuma 8031 km yang berarti selisih 382,9 km.

Kalau sekiranya kecepatan pesawat adalah 990 km, maka lama penerbangan Jakarta Madinah adalah 8,11 jam. Sedangkan lama penerbangan Jakarta Jeddah adalah 8,05 jam, namun ditambah dengan perjalanan darat bus dari Jeddah ke Madinah sekitar 4,36 jam sehingga jumlahnya menjadi 12,41 jam. Selisih 4,3 jam dengan perjalanan dari Jeddah ke Madinah atau 4,3 jam lebih cepat dari perjalanan Jakarta - Jeddah - Madinah.

Back To Top