Cara Membuat Blog Banyak Pengunjung Organik

Cara membuat blog dengan banyak pengunjung organik - Jika ada yang mencoba untuk memberitahu Anda bahwa membangun lalu lintas organik itu amat mudah, maka jangan dengarkan mereka. Kalau Anda sedang mencari trafik dengan cara cepat, Anda tidak akan menemukannya di sini. Ingat bahwa membangun lalu lintas organik adalah pekerjaan paling sulit dalam mengurus website Anda dan merupakan investasi terbesar dari waktu dan usaha yang Anda lakukan.

Saat ini kita tahu bahwa kita bisa mendulang pengunjung lewat iklan di Facebook dan Google AdWords, dan secara instan pengunjung pun datang membludak secara tiba-tiba. Tapi cara ini tidak berkelanjutan. Anda akan mendapatkan lalu lintas pengunjung saat iklan berjalan, tetapi apa yang terjadi ketika Anda berhenti membayar iklan ? Akankah konten Anda dibaca lagi oleh pengunjung ?

Dengan lalu lintas organik berarti konten yang Anda tulis di blog saat ini akan mendorong lalu lintas pengunjung buat besok, bulan depan, tahun depan, dan bahkan mungkin beberapa tahun dari sekarang. Itulah mengapa hasil yang diraih pasti sepadan dengan usaha Anda.

Ketika Anda ingin mendapatkan lalu lintas organik, pastnya ada cara yang baik dan ada cara yang terbaik. Ada juga beberapa cara yang benar-benar mengerikan akibatnya pada blog Anda dan harus dihindari. Saya akan menjelaskan ini secara lebih rinci. Jika Anda siap bekerka keras untuk meningkatkan lalu lintas organik dengan cara yang benar, point-point di bawah ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan.


Cara membuat blog dengan banyak pengunjung organik


Membuat kontent terbaik
Anda mungkin pernah mendengar bahwa penerbitan artikel secara teratur sangat baik untuk SEO. Itu betul tapi menciptakan konten yang berkualitas itu lebih penting. Jika Anda teratur membuat artikel namun sangat rendah kualitasnya maka sama saja dengan merusakan padareputasi Anda.

Harus diingat bahwa website Anda adalah representasi dari bisnis Anda dan kesan pertama dari seorang pelanggan potensial dari bisnis Anda adalah tergantung apa yang Anda tulis. Sama halnya bagi pemilik blog yang tidak menawarkan produk atau layanan, maka menerbitkan sebuah postingan blog pun harus tetap menjungjung tinggi nilai kualitas informasi, bukan sekedar memperbanyak kuantitas artikel saja.

Mesin pencari hampir sama keinginannya dengan manusia yaitu mendapatkan informasi terbaik dan akan segera memberi sinyal bahwa ada konten berkualitas pada blog Anda. Konten berkualitas tinggi akan membuat peringkat blog menjadi lebih baik, yang pada gilirannya akan mendongkrak banyak lalu lintas organik. Perhatikan juga jenis konten yang orang akan ingin seperti dalam blog mereka dan berbagi dengan orang lain. Jadi, berikan semua ilmu yang Anda punya sebelum menekan tombol 'Publish'.

Menggunakan kata kunci ekor panjang
Semua orang ingin mendapat peringkat di Google dengan dua atau tiga frase kata kunci yang luas karena kata kunci tersebut cenderung memiliki volume pencarian yang tinggi. Masalahnya, kata kunci yang luas ini sangat kompetitif sehingga Anda mungkin tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan peringkat yang baik kecuali jika Anda mencurahkan waktu berbulan-bulan hanya untuk itu. Daripada menghabiskan waktu dan mengejar sesuatu yang mungkin tidak dapat tercapai, lebih baik ambillah frase kata kunci yang panjang.

Misalnya, jika Anda seorang ahli SEO, nggak uasah repot-repot mencoba untuk mendapatkan peringkat untuk kata kunci "Jasa SEO." Kemungkinan Anda tidak bisa melumpuhkan website kelas berat yang sudah mendapatkan peringkat terlebih dahulu untuk kata kunci tersebut. Sebaliknya, persempitlah sedikit dan lebih spesifik, misalnya melayani daerah Anda sendiri, sebagai contoh "Jasa SEO di Bandung".

Bahkan Anda bisa mendapatkan kata kunci yang lebih spesifik dengan mempersempit target pelanggan karena mungkin ada kelompok tertentu yang cenderung membutuhkan layanan SEO.  Misalnya: "Jasa SEO untuk toko online di Bandung". Dengan frase kunci tersebut maka jauh lebih mungkin untuk mendapatkan peringkat di Google.

Frase kata kunci ekor panjang lebih mirip dengan apa yang pengguna ketikkan di mesin pencari. Sebagian pengguna juga melakukan pencarian seperti mereka membuat pertanyaan. Penelitian menunjukkan bahwa frase kunci ekor panjang akan mendongkrak lalu lintas pengunjung karena relevansinya yang lebih besar dan persaingannya kurang.

Menulis secara konsisten
Cobalah untuk tidak terlalu terjebak dengan berbagai pendapat yang menyatakan bahwa cara terbaik meningkatkan blog adalah dengan mempublikasikan postingan blog setiap hari. Bukan tiap hari tapi cobalah untuk konsisten, karena jika Anda sering membuat tulisan tiap hari, maka yang Anda targetkan takutnya bukan kualitas tapi kuantitas.

Saya kira sebuah blog berkualitas tinggi, cukup diupdate minimal seminggu sekali. Memang idealnya lebih banyak lebih baik, tetapi jika Anda menjalankan berbagai bisnis pada saat yang sama maka sulit untuk menerbitkan banyak artikel berkualitas tanpa menyewa penulis.

Search engine memang mencintai website atau blog yang sering diperbarui. Tapi yang lebih penting dari itu, bukan cintanya si mesin pencari tapi cintanya pembaca. Sebuah situs yang diperbarui secara konsisten, maka sama saja dengan memberitahu pembaca bahwa Anda serius memberikan konten yang baik, yang membuatnya berharga bagi mereka sehingga mau menginvestasikan waktunya untuk berkunjung kembali dan membaca blog.

Update secara konsisten akan membuat pengunjung datang kembali, jika artikelnya berkualitas tinggi, lalu mereka akan berbagi konten di media sosial mereka karena tingginya kualitas apa yang kita tulis dan ini semua adalah sinyal yang akan membantu meningkatkan lalu lintas organik blog kita.

Menjadi penulis tamu
menurut Matt Cutts, menjadi penulis tamu sudah tidak ada pengaruhnya untuk SEO. Inbound link yang ditulis sudah merupakan strategi cacat karena nilai link tersebut akan turun. Namun, menjadi penulis tamu masih bermanfaat untuk mendapatkan lalu lintas pengunjung dan masih merupakan strategi yang sangat layak diterapkan. Inbound link yang disimpan pada akhir postingan tidak memiliki nilai SEO namun masih memiliki nilai untuk menjaring audiens baru.

Selain itu, jika kita menjadi penulis tamu di situs berotoritas tinggi, maka kita aka mempunyai trafik lalu lintas yang datang dari situs otoritas tinggi. Karena itu, ada beberapa trik yang perlu diingat ketika menjadi penulis tamu :
  • Jangan membuat tulisan yang telalu pendek tapi perhatikan kualitas dan menulislah di website dengan otoritatif tinggi dan banyak pengunjung. 
  • Jadilah penulis tamu di blog yang niche-nya sesuai atau sama dengan niche blog Anda sendiri. Membuat artikel di pada situs web yang populer tak akan bernilai jika Anda tidak mendapatkan target audiens yang cocok dengan niche.
  • Promosikan postingan tamu Anda seperti yang Anda lakukan ketika memposting di blog Anda sendiri. 
  • Kunjungi kembali artikel yang Anda tulis secara teratur untuk menanggapi komentar. Tujuannya kan Anda ingin pengunjung akan menjadi pengunjung blog Anda. Menanggapi komentar adalah cara terbaik dalam membangun komunikasi. 

Jangan membuat marah Google
Membuat Google marah sama seperti menggigit tangan Anda sendiri. Meningkatkan lalu lintas organik harus selalu dilakukan secara etis, atau jika tidak maka cepat atau lambat Anda akan terkena hukuman Google.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari dari hukuman Google :
  • Jangan membangun link murah murahan, lebih baik tanpa backlink daripada membuat backlink dengan cara salah.
  • Jangan pernah membayar untuk inbound link.
  • Jangan menggunakan satu anchor teks yang itu-itu saja.
  • Tidak mempublikasikan konten berkualitas rendah atau hasil copas.
  • Publikasikanlah konten yang mengagumkan yang membantu untuk pembaca.

Seperti telah Saya katakan di awal, bahwa membangun lalu lintas organik itu sangat sulit. Jika ada cara jalan pintas yang menjanjikan untuk mendapatkan lalu lintas, maka Saya yakin itu akan menyebabkan Anda kena penalti di jalan. Jadi lebih baik membuat konten yang hebat yang membantu pengguna dan menyediakan solusi dengan apa yang mereka cari. Dengan cara inilah yang pada akhirnya akan mengarahkan lalu lintas organik yang cukup tinggi buat Anda.

Saya percaya bahwa kerja keras akan mendapatkan hasil terbaik, dan dalam prakteknya selalu berakhir dengan kenyataan yang benar. Jika Anda ingin lalu lintas organik, Anda harus bekerja untuk itu. Itu berarti Anda harus melakukan usaha terbaik setiap waktu. Baca juga : Cara menulis artikel berkualitas.

Back To Top