Cara Menulis Artikel Berkualitas dengan Standar Seo

Cara menulis artikel berkualitas dengan standar SEO - Jika Anda ingin membangun audiens dari blog Anda, tentu Anda harus lebih cerdas untuk mendapatkan konten. Salah satu tantangan terbesar bagi seorang blogger dan pemasar internet adalah bagaimana cara menulis konten yang disukai mesin pencari, namun juga menarik bagi pengunjung.

SEO merupakan topik yang sering disalahpahami oleh kebanyakan blogger. Tapi SEO sebetulnya tidak serumit yang Anda bayangkan. SEO adalah bagaimana memahami orang-orang yang datang pertama kali ke blog melalui mesin pencari.

Dengan berkembangnya bisnis online, berarti Anda juga harus bisa melwatinya hanya dengan konten untuk mencapai tujuan. Karena tidak ada cara lain berkomunikasi dengan pengunjung, kecuali lewat tulisan. Tujuan menulis konten bagi pengunjung adalah :
- mencari informasi
- membandingkan sesuatu
- memecahkan masalah
- membeli sesuatu

Tapi bagaimanakah Anda membuat konten yang memenuhi tujuan tersebut ? Bagaimana cara membuat konten yang berperingkat baik di Google dan juga bisa membujuk orang ? Itulah yang disebut SEO copywriting.

Namun karena bahasan SEO Copywriting sangatlah panjang, maka saat ini Saya membatasinya dengan sub bahasan bagaimana menulis artikel berkualitas dan sesui dengan kaidah SEO. Oke, mari kita mulai dengan sedikit membahas masalah SEO.

Apa itu SEO?
Kita semua tahu apa yang terjadi saat kita mengetik kata pencarian di mesin pencari dan menekan "Enter". Anda akan mendapatkan daftar hasil pencarian yang relevan dengan istilah yang sesuai dengan pencarian.

Halaman yang muncul di sana adalah hasil dari optimasi mesin pencari alias SEO. Singkatnya, SEO adalah metode mengoptimalkan atau meningkatkan efektivitas konten Anda untuk mesin pencari, untuk membantu agar peringkat bisa lebih tinggi dari konten di situs lain yang menargetkan istilah pencarian yang sama.

Langkah-langkah SEO dilakukan ketika:
  • meneliti kata kunci
  • memilih kata kunci tertentu
  • menggunakan kata kunci untuk menulis konten
  • berbagi artikel di Twitter, Facebook, blog dan berbagai platform media sosial lainnya.
Google menampilkan halaman web dalam hasil pencarian berdasarkan pada otoritas dan relevansi halaman. Bagaimana cara mengukur otoritas dan relevansi ?
  • Google menentukan relevansi halaman Anda dengan menganalisis isinya berdasarkan pada beberapa faktor, termasuk di mana dan seberapa sering Anda menggunakan kata-kata tertentu dalam konten.
  • Google mengukur otoritas dengan jumlah link yang mengarah ke halaman tersebut dan bagaimana kualitas link tersebut.
Peringkat halaman web tidak terlalu bergantung pada berapa banyak link yang masuk, tetapi lebih pada kualitas link tersebut. Faktor kualitas menjadi  faktor # 1 pemeringkat di Google, terutama sejak adanya update Google Panda dan Penguin.

Elemen SEO yang harus Anda perhatikan
Ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan dalam membuat sebuah artikel yang berkualitas dan SEO friendly tentunya. Faktor-faktor itu antara lain :
- Judul
- Konten
- Frekuensi kata kunci
- Link halaman web
- Riset kata kunci

Judul
Konten Anda mungkin berharga, tetapi jika judul Anda biasa-biasa saja, maka tingkat klik juga akan rendah. Rata-rata, orang akan membaca judulnya dulu sebelum membaca isi artikel. Banyak blogger dan ahli SEO menghabiskan 55% waktunya untuk pemasaran konten termasuk dalam membuat konten, memonitor sinyal sosial dan reaksi konsumen, pelacakan analisis, dan lainnya tapi berapa banyakkah waktu yang dihabiskan untuk menentukan judul yang sempurna ?

Dalam SEO copywriting, judul harus menarik perhatian orang, kemudian membuat mereka mengklik dan membaca lebih lanjut. Ketika Anda mendapat peringkat di 10 besar Google, judul yang diklik adalah judul yang menarik, tidak peduli apakah Anda di peringkat #1 atau #4. Jadi aturan praktisnya adalah tentukan judul yang menarik sebelum Anda mempublish artikel.

Beberapa konten pada situs berotoritas tinggi menggunakan angka dalam berita utama mereka. Beberapa postingan utama di situs  Lifehack dan Mashable serta situs besar lainnya menggunakan angka. Tentu mereka semua memahami secara psikologi di balik angka-angka itu. Selain itu, judul yang memiliki angka di dalamnya biasanya mudah sekali dibagikan para pengguna di Facebook dan Twitter. 

Sebagai comtoh, ini dia beberapa judul yang menarik untuk diklik dan bisa mengundang banyak yang share :
- 7 Jurus Jitu Yang Melipatgandakan Penjualan
- Cara Edan Dicintai Para Pelanggan
- Cara Menghasilkan 20.000 Dolar Dalam 60 Hari
- Cara Keren Turun 10 Kg Setelah Hamil


Cara menulis artikel berkualitas dengan standar SEO


Konten
Konten merupakan elemen penting dalam SEO. Alasan utama mengapa orang melakukan pencarian di Google dan mesin pencari lainnya adalah karena mereka mencari konten yang bermanfaat. Search engine juga menyukai konten segar, karena itulah mengapa Anda harus konsisten dalam memperbarui situs Anda minimal 2-3 kali seminggu.

Usahkan menargetkan sebuah judul dengan kata kunci ekor panjang dalam tiap postingan blog. Mengapa demikian ? Karena hanya dalam waktu singkat bahkan dalam beberapa jam saja dari menulis artikel, maka kata kunci tersebut bisa muncul di halaman pertama Google. Saya sendiri biasanya melihat hasil 1 hari kemudian dan kata kunci yang Saya target sudah berada di halaman pertama Google.

Jika Anda ingin menulis konten dengan baik dan masuk peringkat yang baik di Google, maka Anda harus menargetkan frase kata kunci. Namun hindari juga menulis kata kunci secara berlebihan. Idealnya, masukkan kata kunci di judul dan pastikan juga judul itu disenangi pembaca Anda.

Google Panda dirancang untuk menghukum konten yang "tipis" atau dangkal. Jadi pastikan selalu menulis sebuah postingan setidaknya 1000 kata. Tapi memang bukan maslah panjangnya, karena faktanya beberapa artikel yang pendek pun masih bisa bertahan di posisi mereka di halaman pertama Google.

Sebelum Anda menulis konten, maka penting untuk memahami pembaca Anda. Fokus pada masalah tertentu yang sedang dicari solusinya oleh pembaca dan berani memecahkan masalah dengan konten tersebut.

Setiap bagian dari konten yang Anda tulis, ada bagian-bagiannya. Pendahuluan adalah bagian yang disimpan setelah judul. Pada bagian ini Anda harus menulis minimal satu dari frase kata kunci yang ditargetkan, terutama kata kunci ekor panjang.

Frekuensi Kata Kunci
Frekuensi kata kunci maksudnya berapa kali kata kunci muncul pada halaman web. Misalnya, jika kata kunci target adalah "hotel terbaik di Bandung", maka berapa kali frase kata kunci ini muncul dalam artikel tersebut ? Sedangkan kepadatan kata kunci berkaitan dengan rasio kata kunci target dengan kata-kata lain pada halaman yang sama.

Tapi denger-denger, frekuensi kata kunci dan kepadatan kata kunci tidak lagi efektif seperti dulu. Namun, kepadatan kata kunci masih berdampak pada peringkat organik sampai batas tertentu. Menurut Brian Dean, kepadatan atau frekuensi kata kunci adalah salah satu dari 200 faktor peringkat Google yang berarti bahwa Anda masih harus mempertimbangkan itu tapi jangan berlebihan.

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah pengulangan kata kunci Anda sudah baik atau kategori spam adalah dengan mengukur frekuensi kata kunci terhadap panjang keseluruhan konten. Kepadatan kata kunci yang lebih besar dari 5,5% bisa membuat Anda terkena sanksi oleh Google.

Untuk memeriksa kepadatan kata kunci, Anda bisa menggunakan tool dari SEOBook.

Link halaman web
Link adalah pondasi dari halaman web Anda. Link pada sebuah halaman web memberitahu Google bahwa web Anda terhubung dan bersosialisasi dengan blog lain yang berarti bahwa Anda punya konten yang bermanfaat yang dapat diakses dari tempat lain. Tempat lain ini maksudnya bisa konten Anda sendiri atau bisa juga dari penulis lain atau situs lain.

Selain itu, menghubungkan ke situs otoritas lain dari halaman web Anda merupakan indikasi bahwa Anda menghargai apa yang orang lain tulis. Dengan begini, Google akan menghargai Anda karena punya misi yang sama dengan mereka yaitu mengatur informasi dunia dan membuatnya bisa diakses secara universal.

Aturan untuk menghubungkan ke situs lain memang tidak diatur dalam bentuk baku. Namun, sebagai blogger atau pemasar online cerdas yang ingin mencapai hasil yang luar biasa, maka yang harus diperhatikan dalam masalah ini adalah :
  • harus me-link ke halaman yang relevan baik di dalam situs Anda sendiri maupun ke luar situs
  • me-link ke halaman konten bukan pada laman Home
  • me-link dengan anchor text yang tepat yang mengalir secara alami sesuai dengan konten.
Seperti yang saya katakan sebelumnya, aturan ini tidak diatur oleh Google atau mesin pencari lainnya. Jika Anda dapat memahami target pengunjung blog Anda dan menghasilkan konten terbaik yang akan memecahkan masalah pembaca, maka tidak perlu khawatir tentang kepadatan kata kunci, link halaman dan sinyal sosial, karena semuanya akan terjadi secara alami.

Ingat bahwa konten yang sangat berguna akan selalu menarik ribuan pengguna sosial media, komentar, klien dan penjualan.

Riset kata kunci
Lebih dari 66% dari semua klik akan masuk pada posisi 3 top besar mesin pencari. Jika Anda ingin memanfaatkan kesempatan langka ini untuk menentukan peringkat di posisi 3 teratas, maka Anda harus belajar melakukan penelitian untuk mendapatkan kata kunci terbaik.

Kata kunci ekor panjang adalah pilihan terbaik untuk SEO modern, karena website yang punya merek pastinya tidak akan menargetkan istilah-istilah tersebut. Dan, jika Anda punya konten yang baik dan secara alami menargetkan jenis kata kunci seperti itu, maka Anda akan pasti mendominasi mesin pencari.

SEO tidak akan lengkap tanpa penelitian kata kunci. Itu merupakan bagian dari cara Anda menentukan pola pikir dan maksud dari audiens target Anda.

Dalam pemasaran, memilih kata kunci yang tepat adalah aspek yang paling menantang dalam membangun situs dengan niche yang menguntungkan.

Setelah memilih topik, saatnya untuk menemukan kata kunci yang relevan sesuai kategori blog Anda. Contohnya, kita mencari kata kunci untuk "kamera digital tahan air."

Langkah pertama adalah membuka Google Keyword Planner. Masukan kata kunci ke dalam kotak pencarian, kemudian klik "Dapatkan Gagasan.". Maka Anda akan mendapatkan kata kunci yang pendek dana kata kunci yang panjang. Maka pilihlah kata kunci yang panjang.

Setelah kata kunci Anda dapatkan, tugas selanjutnya adalah melakukan optimasi konten untuk mesin pencari dan pembaca.

Pertama yang harus kita lakukan adalah mengoptimalkan konten untuk robot pencarian. Robot mesin pencari atau robot web (mis crawler, spider dan sebagainya) adalah program yang terus-menerus menjelajahi web.

Ketika robot Google merayapi laman web Anda, mereka akan mencari konten segar dan akan menghargai blog Anda juka diperbarui secara teratur.

Ketika mereka menindeks atau menambahkan konten segar ke database pencarian mereka, mereka hanya tertarik pada meta tag (judul tag dan meta description).

Lebih penting lagi, mereka hanya ingin tahu kata kunci apa yang Anda targetkan. Hal ini akan membantu Google menentukan kategori konten dan inilah kenapa blogger yang berkutat dengan adsense disarankan untuk membuat blog satu niche seperti kesehatan, bisnis, usaha kecil, internet marketing dan lainnya.

Yang kedua adalah optimasi SEO On-page. Disini kita harus memikirkan elemen yang menambah nilai ke situs Anda seperti link internal. Anda mengontrol 98% dalam situs Anda.

Itu sebabnya Google memperhatikan halaman web Anda dan mengukur keterlibatan, tingkat bouncing, tingkat retensi dan media sosial.

Dasar dari kampanye SEO yang efektif adalah apa yang terjadi di situs Anda. Dengan kata lain, perhatikan bagaimana Anda menargetkan kata kunci, anchor teks yang digunakan untuk menghubungkan halaman internal, meta tag, dan lainnya.

Agar halaman konten Anda bisa SEO-friendly, silahkan baca informasinya di situs Backlinko.

Back To Top