Usaha Sampingan dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Bagi yang membutuhkan informasi tentang usaha sampingan dengan modal kecil yang menguntungkan, berikut ini Saya akan jelaskan puluhan ide usaha yang bisa Anda pilih dan lakukan baik secara paruh waktu maupun full time.

Desainer grafis 
Jika Anda memiliki latar belakang formal dalam desain grafis, maka hal ini benar-benar akan membantu menjadi seorang desainer. Selain itu, desain grais juga relatif mudah untuk dipelajari sendiri. Yang paling mudah, Anda bisa menggunakan Adobe Illustrator, Canva dan Visme dengan sedikit kreativitas dan motivasi untuk membuat atau mengubah gambar.

Designer web 
Desainer web sangat dicari perusahaan teknologi. Mendesain web adalah semua hal tentang menguasai seni dalam menggunakan situs web. Selalu ada situs-situs baru yang bermunculan membutuhkan desainer web profesional, dan perusahaan seperti Skillcrush, CareerFoundry, dan General Assembly merupakan program online yang berada di jalur ini. CreativeLive juga memiliki kelas fenomenal yang bisa dimainkan secara gratis serta mengajarkan dasar-dasar desain web modern.

Jasa laundry
Setiap orang pasti memiliki pakaian kotor untuk dicuci dan disetrika, tapi banyak para pekerja dan pencari karir tidak memiliki waktu untuk sekedar mencuci baju karena jadwal kerja yang sibuk atau berbisnis. Ini adalah kesempatan di mana Anda bisa membuat usaha sampingan dengan membuat usaha layanan laundry profesional, terutama di daerah dimana pasokan listriknya tidak menentu. Jika halaman belakang rumah Anda cukup luas untuk menampung mesin cuci, maka buatlah kesempatan ini untuk membuat uang, sebelum dilakukan oleh orang lain.

Cleaning servis rumah 
Banyak pemilik rumah dan penghuni apartemen yang membutuhkan bantuan hanya untuk membersihkan rumah. Cobalah membuat bergabung atau mendaftar dengan perusahaan-perusahaan yang menyediakan tenaga kerja untuk merapikan lingkungan kantor, membersihkan karpet, debu mebel, dan lainnya. Kita bisa dapat komisi setelah dipotong fee buat mereka. Kalau Anda berani, bisa lakukan sendiri dan lakukan promosi, misalnya dengan memberitahu teman dan keluarga yang pindah ke rumah baru atau kantor baru, dengan bantuan selebaran yang bisa menjangkau khalayak yang ramai.

Beternak ikan
Jika Anda sedang merenung mencari usaha kecil, cobalah dengan bisnis budidaya ikan. Selama bertahun-tahun, sebagian orang membuat penghasilan dengan budidaya ikan karena semakin tingginya kebutuhan protein yang jauh melebihi pasokan yang tersedia ditambah lagi ikan mengandung protein dan kolesterol rendah yang baik untuk kesehatan. Memang biayanya sedikit lebih besar dan Anda harus memiliki pengetahuan dasar tentang budidaya ikan untuk memulainya.

Mengasuh anak
Jika Anda tipe seorang yang secara alami mencintai anak-anak, maka ini bisa jadi kesempatan bagi Anda untuk membuat usaha sampingan. Kebutuhan perawatan terhadap anak terus melonjak di dunia karena sebagian wanita mementingkan karir profesional daripada merawat anaknya. Dengan demikian, maka ini berarti bahwa bisnis penitipan anak bisa menjadi sebuah peluang. Jika Anda punya ruang kosong, jangan biarkan tikus dan kecoa mengambil keuntungan tinggal di kamar tersebut tapi manfaatkan buat bisnis tersebut.

Membuat paket hadiah
Banyak perusahaan yang ingin menghadiahkan sesuatu kepada kliennya, bisa berupa keranjang berisi buah, bingkisan lebaran, kado ulang tahun dan lain sebagainya. Jika Anda punya imaginasi tinggi dan mahir dalam membuat pernak-pernik kado atau hiasan buat hadia atau bingkisan, mengapa tidak memanfaatkan ini sebagai usaha sampingan Anda.

Salon kecantikan
Menjadi penata rambut adalah bisnis populer yang bisa sangat menguntungkan. Jika Anda pernah melakukan pelatihan, magang dan pengalaman dalam dunia tata rias rambut, maka Anda mungkin memiliki prospek usaha yang baik. Anda dapat membuka salon baik untuk pria maupun wanita atau mungkin khusus salon muslimah.

Usaha Sampingan dengan Modal Kecil yang Menguntungkan


Fotografer
Pengalaman dan pelatihan formal  mungkin tidak diperlukan untuk menjelajah ke bisnis ini karena banyak alat yang sudah siap tersedia di pasaran untuk melakukan foto memoto dengan masing masing fitur yang berbeda seperti editing, printing, framing, styling, perangkat lunak Photoshop, dll. Usaha sampingan sebagai fotografer dapat dilakukan dengan beberapa strategi yang berbeda. Anda dapat mengkhususkan diri di satu daerah, menjadi fotografer pernikahan dan acara sosial misalnya. Yang Anda butuhkan adalah kamera profesional, perangkat pencetakan mobile dan kartu panggilan. Ada niche lain yang dapat dijelajahi untuk fotografi: Memotret orang dan hewan peliharaan mereka, keluarga dan rumah, foto-foto acara liburan, pesta ulang tahun, foto model, membuat film, mahasiswa, pertemuan keagamaan, dll. Kemungkinannya jenisnya tak terbatas dan modal untuk berinvestasi tidak terlalu mencekik tenggorokan Anda.

Pelatihan komputer
Jika Anda memiliki pengetahuan dasar dalam pelatihan komputer dan aplikasinya, maka ini adalah kesempatan Anda untuk menjadi seorang guru. Anda dapat menawarkan pelatihan di komputer desktop dan mini komputer seperti laptop, Ipad dan tablet. Anda mungkin bisa mencari nafkah membantu mereka yang ingin belajar bagaimana menggunakan internet dan e-mail untuk tetap berhubungan dengan orang yang mereka cintai, mengirim aplikasi, ujian online dll. Buatlah pelatihan yang menyenangkan yang membuat orang lain betah bersama Anda.

Konsultan dekorasi interior
Jika Anda berkutat dibidang dekorasi interior, maka berbahagialah karena pasar Anda cukup banyak. Orang yang membeli rumah baru sering kewalahan dengan berbagai pilihan termasuk dalam dekorasi rumah. Bagaimana cara merancang setiap ruang di dalam rumah dalam hal penempatan barang, pengecatan, tata cahaya dan lain sebagainya. Bisnis ini tidak terlalu membutuhkan banyak modal, cukup bermodalkan keterampilan pemasaran dan kreativitas.

Cafe warnet
Mungkin Anda pesimis jika membuka bisnis warnet sekarang karena hampir setiap orang punya gadget untuk mengakses internet. Namun bagaimana jika kita gabungkan bisnis cafe dan warnet, dimana para pengunjung cafe di setiap mejanya disediakan komputer untuk sekedar browsing dengan wifi gratis. Anda hanya memberi batasan waktu, misalnya 1 jam per komputer dengan syarat membeli satu gelas kopi dan 1 jam berikutnya berbayar.

Bisnis aquarium
Bisnis akuarium adalah ide bisnis yang membutuhkan ruangan. Anda bisa menjual box aquariumnya saja serta peralatan asesorisnya atau plus ikan. Bisnis akuarium memang membutuhkan keterampilan dan investasi karena kebanyakan orang yang ingin membeli akuarium pasti ingin mencari berbagai pilihan. Anda harus menunjukkan kepada klien berbagai pilihan seperti aquarium kecil, bulat atau akuarium persegi panjang yang memiliki sudut ruangan atau akuarium kecil yang dapat dipasang ke dinding, dan lain-lain.

Membuat mainan
Industri mainan lokal memang sudah kalah dengan produk China yang mendunia, tapi Anda tak perlu takut karena masih banyak berbagai macam mainan lokal yang bisa dikembangkan untuk dibuat oleh orang Indonesia dan menjadi usaha sampingan.Butuh kreatifitas yang tinggi dan daya khayal untuk menciptakan sebuah mainan yang disukai anak-anak.

Jasa service elektronik
Jika Anda punya keahlian di bidang elektronik, maka bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha sampingan menjadi teknisi servis elektronik. Anda bisa memilih spesialisasi misalnya khusus memperbaiki hp, televisi, laptop, pompa, mesin cuci, printer dan lainnya. Anda bisa menjadi teknisi panggilan jika belum punya ruangan khusus di rumah.

Nah, itulah beberapa ide usaha sampingan dengan modal kecil atau sedikit namun pastinya menguntungkan jika Anda praktekkan. Sekarang, tugas kita adalah praktek dan bukan mengkhayal menjadi orang kaya.
Back To Top