Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal untuk Pemula

Sebagai seorang pemula yang ingin berbisnis di internet, pastilah info yang dicari adalah bagaimana cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal untuk pemula. Pasti itu dan pemula biasanya ingin yang gratisan dahulu, sama seperti Saya. Makanya Saya saat ini sekarang masih nulis di blogspot, maklum keenakan maen di gratisan jadi belum kepikiran beli domain dan hosting.

Tapi jangan berkecil hati, walaupun tanpa modal yang terlalu banyak, cukup bermodalkan laptop dan pulsa internet, seorang pemula bisa menghasilkan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah per bulan. Tentu saja jika Anda tahu ilmunya dan mempraktekannya. Soalnya penyakit para pemula itu biasanya susah praktek dan terlalu banyak angan-angan, banyak target, nggak fokus, fokusnya ke jumlah penghasilan orang lain, nggak fokus ke proses, bener kan ? Pastilah, Saya juga mengalaminya seperti itu...Makanya Saya berusaha sekarang-sekarang ini sedang membuang mental gratisan, termasuk beralih ngeblog ke yang berbayar.

Berhubung blog gratisan ini sayang dibuang karena masih mengirimkan dollar walaupun cuman cukup untuk beli bala-bala, makanya Saya tetap update dan ngasih info terkini khususnya buat para pemula yang mau mulai berbisnis online.

Baiklah, agar tidak berbelok ke sana kemari, Saya akan mulai sebutkan dan jelaskan apa-apa saja yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan uang dari internet.

Ngeblog
Seperti yang Saya lakukan ini adalah ngeblog yaitu mengeluarkan apa yang ada di dalam otak lewat tulisan, tapi bukan di buku diare melainkan di blog. Kita bisa nulis apa saja yang sedang kita alami, misalnya pengalaman membeli tv di Lazada, pengalaman masuk restoran, cara memecahkan masalah pribadi, kesehatan pribadi, pengalaman ketemu dengan Raja Salman dan lain sebagainya. Semuanya bisa kita tulis di blog dan mujurnya, banyak platform blog yang disediakan secara gratis seperti blogspot, wordpress, tumblr dan lain sebagainya.

Bagi pemula, memang sebaiknya menjajaki blog yang gratisan sampai kita faham bagaimana teknisnya. Selanjutnya jika dirasa perlu, silahkan beralih ke yang berbayar dengan membeli domain dan hosting sendiri. Lalu bagaimana kok ngeblog bisa mendapatkan uang ? Caranya bagaimana ? Gampang, tergantung isi blognya tentang apa, maka untuk meng-uangkan blog, kita bisa tentukan kemudian.

Contoh cara meng-uangkan blog adalah dengan mengikuti :
  • Menjadi penerbit iklan. Ada banyak program periklanan buat blogger yang bisa kita ikuti dan bisa menghasilkan ratusan bahkan ribuan dollar. Contoh saja yang menjadi primadona blogger adalah Google Adsense yang berbasis PPC serta penerbit iklan lainnya berbasis CPM.
  • Jual space iklan, artinya kita memberi kesempatan kepada pemilik produk untuk memasang iklan di blog kita dengan biaya sewa per bulan, tentunya produk harus sesuai dengan tema blog.
Menjadi affiliate Marketer
Artinya Anda menjadi pemasar produk-produk yang dijual secara online bisa berupa produk digital maupun produk fisik. Menjual produk affiliasi berarti kita memasarkan produk orang lain yang penghasilannya berasal dari prosentasi komisi yang telah ditetapkan yang diberikan pemilik produk. Untuk memasarkan produk affiliasi bisa dillakukan dengan berpromosi di blog, video atau lewat media sosial. Banyak sekali website yang menawarkan sistem affiliasi, tinggal kitanya mau sungguh-sungguh apa nggak. Contohnya Lazada, Bhinneka, Blibli, Amazon, ClickBank, Ebay dan lain sebagainya. Pokoknya mendapatkan uang internet itu sangat gampang, asalkan kitanya mau berusaha.

Menjadi dropshipper
Dropshipper itu istilah lain dari makelar atau calo jualan, misalnya kita punya blog tentang review baju muslim, lalu kita punya rekan yang punya produk jualan baju muslim sekaligus sebagai suplier, kita bisa kerja sama dengan cara mempromosikannya, apabila ada konsumen, maka konsumen yang sudah transaksi, kirim uangnya ke kita, lalu kita pesen ke rekan kita sambil transfer dan rekan kita yang kirim ke alamat konsumen kita. Harga jualnya tergantung kita sebagai dropshipper, jadi kita punya laba dari margin harga jual ke konsumen dan harga beli ke suplier. Jual produk sendiri, kalau ini nggak usah dijelaskan, pasti Anda tahulah. Disamping lewat blog, kita bisa dropship juga lewat akun media sosial. Syarat menjadi dropshipper terpercaya adalah tahu persis barang yang dipasarkan, setidaknya kita beli dan coba dulu dan punya supplier yang handal yang siap mensuplai barang kapan pun.

Jualan online
Kalau ini nggak usah dijelaskan, karena pasti faham. Anda punya produk sendiri lalu Anda promosi dan jual langsung. Kita bisa menggunakan media blog, media sosial, video untuk mempromosikan barang dengan cara gratisan maupun dengan pasang iklan. Bisa juga bergabung dengan marketplace Indonesia semisal Tokopedia atau Bukalapak.

Itulah dulu 4 macam pekerjaan yang online atau cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal untuk pemula yang bisa dilakukan oleh Anda para pemula yang sedang kebingungan mau mulai dari mana. 

Back To Top