Uang Kuno yg Mahal


Uang kuno yg mahal adalah salah satu barang antik yang kini menjadi buruan kolektor. Tidak diketahui dengan pasti mengapa harga uang kuno ini menjadi gila-gilaan, bahkan beberapa situs online menjual uang kuno Indonesia dengan harga yang tidak masuk akal.

Harganya mulai dari puluhan juta, hingga ratusan juta untuk satu uang kuno. Tentu saja Anda bertanya-tanya apa keuntungan dari uang ini? Atau, mungkin Anda bahkan memiliki salah satu dari uang kuno ini.

Sekarang, bagi Anda yang memiliki uang kuno, ada baiknya untuk memeriksanya dan tidak dibuang begitu saja. Alasannya, bisa jadi karena beberapa potongan uang kuno ini, Anda akan menjadi jutawan instan.

Jika Anda penasaran Anda dapat melihat daftar uang kuno ini dengan harga fantastis yang dijual di salah satu toko online di Indonesia berikut ini :

Uang Rp 100 1948
Di pasar uang kuno, lembaran 100 Rupiah yang diterbitkan pada tahun 1948 dengan gambar Pak Karno ini bisa terjual seharga seratus juta. Bahkan jika kondisinya cukup mulus, harganya bisa satu setengah kali lipat. Alasan mengapa uang ini sangat mahal tidak lain adalah karena dia menjadi saksi di era pasca-perjuangan. Uang jenis ini sendiri sangat langka dan pasar sangat sulit ditemukan.

Uang Kuno yg Mahal

Uang 1000 Gulden
Ketika masih dalam masa kolonial, uang yang sah di negara kita adalah Gulden yang pembuatnya adalah orang Belanda. Pada saat itu, ada beberapa seri yang telah dibuat dan salah satu yang paling terkenal adalah versi wayang 1000 Gulden tahun 1933-1939.

Jika Anda menemukan 1000 Gulden, maka simpan dengan baik karena harga jual sekarang sangat mahal. Perkiraannya sekitar ratusan juta. Tidak mengherankan jika uang ini hanya dimiliki oleh kolektor kelas atas.



Uang 500 Gulden
Tidak hanya 1000 Gulden yang dihargai sangat mahal, Uang 500 Gulden keluaran 1933-1939 ini juga diperlakukan sama meskipun nilainya tentu saja lebih kecil. Meskipun itu tidak senilai, tetapi nyatanya kurs tukar dengan Rupiah hari ini sangat tinggi.

Diketahui bahwa uang yang satu ini pernah dihargai Rp. 20 juta sampai 30 juta. Meski tidak se-fantastis harga 1000 Gulden, yang satu ini masih mengherankan karena nilainya sama dengan membeli sepeda motor baru.

Uang Rp 5000 1958
Diketahui, uang jenis ini sangat jarang. Dari sekitar 20 penjual uang kuno, belum tentu satu pun dari mereka memilikinya. Karena sangat langka dan juga cukup tua, maka tidak mengherankan jika uang ini akhirnya sangat mahal. Menurut banyak penjual, uang ini bisa terjual di atas 10 juta.


Uang Koin Rp 300.000
Koin seri 50 tahun kemerdekaan Indonesia senilai Rp. 300.000 ini ternyata dijual dengan harga cukup mahal. Di pasaran, harganya mencapai 8 juta rupiah atau lebih.


Uang Koin Rp 100.000
Uang koin Rp. 100.000 dengan gambar Komodo ini adalah salah satu target dari banyak kolektor. Harga uang kuno ini di pasaran bisa mencapai 10 juta rupiah atau lebih. Bagi pengepul harga tidak menjadi masalah.


Uang Koin Rp. 700.000
Uang koin dengan nilai Rp. 700.000 seri 45 tahun kemerdekaan Indonesia ini harganya mencapai 15 juta rupiah per buah. Bisa barter dengan sepeda motor!


Uang Koin Rp. 850.000
Uang kuno sebesar Rp.850.000 ini adalah salah satu koin termahal. Uang dari tahun 1995 ini senilai 25-35 juta rupiah. Bisakah kamu menggunakannya untuk mengerok karena masuk angin ?



Alasan mengapa harga uang kuno menjadi mahal bukan karena nominalnya, tetapi nilai-nilai yang ada di belakangnya. Beberapa uang kuno adalah bukti sah dari fragmen cerita sejarah.

Selain uang kuno mahal di Indonesia, tercatat ada sejumlah uang kuno mahal dunia yang harganya milyaran. Apa saja ?

1891 US Red SEAL $1000
Uang kertas ini bergambar setengah tubuh Jenderal George Gordon Meade yang dicetak pada tahun 1891 dan dijual seharga $ 2,5 juta atau senilai Rp 30,4 miliar dalam lelang pada April 2013. Harga yang tinggi dari uang kertas ini tidak terlepas dari tua dan perjalanannya melalui sejarah Amerika Serikat.


1913 Liberty Head Nickel
Koin 5 sen yang bergambar kepala Liberty ini diproduksi pada tahun 1913 tanpa persetujuan Mint AS. Produksi koin dihentikan dan koin yang beredar segera ditarik dari pasar. Namun ternyata tidak semua koin berhasil ditarik oleh pemerintah.

Dipercaya bahwa masih ada 5 koin serupa yang masih beredar di pasaran. Koin pertama dijual seharga $ 100.000 pada tahun 1972. Pada tahun 1992, koin serupa dijual seharga $ 2,7 juta. Dan koin ketiga baru-baru ini dijual seharga $ 3,7 juta atau senilai Rp40 miliar.

Saat ini 2 dari 5 koin berada di Museum Nasional AS. Dan banyak yang percaya koin pertama yang dijual pada tahun 1972 adalah koin yang masih dalam kondisi sempurna. Para kolektor memprediksi, koin saat ini bernilai $ 20 juta atau senilai Rp 243 miliar.

Uang Kuno yg Mahal

1804 Silver Dollar, Class I 
Koin ini dicetak pada tahun 1804 oleh pemerintah AS. Namun pada tahun 1834, koin ini dicetak lagi dengan penambahan perak sebagai bahan utama. Ini dibuat sebagai hadiah bagi penguasa Asia pada waktu itu.

Pada bulan Mei 2008, koin ini dijual oleh Auctioneers Heritage Auctions ke salah satu kolektor uang kuno dengan harga fantastis, yaitu $ 3,8 juta atau senilai Rp.46 miliar.


1343 Edward III Florin
Hanya ada 3 koin jenis ini yang dapat bertahan hingga 670 tahun, dan 2 diantaranya saat ini berada di museum nasional Inggris. Pada 1340-an, tidak banyak kerajaan mampu menciptakan koin dengan campuran emas. Oleh karena itu, di samping usia tuanya, nilai sentimental koin juga menjadi salah satu faktor yang membuat harga koin ini sangat mahal.


Brasher Doubloon 1787
Ephraim Brasher adalah seorang tukang emas berbakat yang terkenal di tahun 1780-an. Pada 1787 ia mengajukan penawaran ke NY Mint untuk membuat satu set koin tembaga. Tapi sayangnya legislatif negara bagian tidak mengabulkan permintaan Eprhraim Brasher.

Tapi Brasher mengabaikan keputusan itu dan memilih untuk menjadikannya sebagai koleksi pribadi. Sebagian besar koin terbuat dari perunggu, tetapi beberapa koin terbuat dari emas 22 karat. Kelangkaan dan usia koin yang telah berabad-abad telah membuat satu perusahaan investasi di Wall Street membelinya dengan mahar sebesar $ 7, 4 Juta.


1907 Saint-Gaudens Double Eagle
Koin ini dirancang oleh Augustus Saint-Gaudens dan mulai diproduksi oleh US Mint pada tahun 1907. Koin dengan desain rumit ini dimodifikasi ulang oleh US Mint karena US Mint mengalami kesulitan untuk memproduksi koin dalam jumlah besar. Meskipun koin ini diproduksi massal, keberadaan koin ini sangat jarang.


1933 Saint-Gaudens Double Eagle
Umur koin ini mungkin tidak terlalu tua. Tetapi nilai historis dan kelangkaannya membuat koin Double Eagle1933 salah satu koin paling langka di dunia. Awalnya, US Mint memproduksi koin massal. Tetapi pada tahun 1933, Presiden Franklin D. Roosevelt membuat kebijakan yang melarang siapa pun memiliki emas untuk mengatasi perbankan yang sedang dirundung AS pada saat itu.

Akhirnya, koin-koin ini ditarik dari pasar dan dilelehkan. Tetapi diketahui bahwa 20 dari koin-koin itu dicuri selama peleburan koin. 19 koin telah ditemukan oleh CIA dan 9 dari mereka telah dilebur kembali dan 10 sisanya telah ada di museum. 1 koin yang belum ditemukan dijual dengan harga $ 7,6 juta pada tahun 2002.


1794/5 Flowing Hair Silver/Copper Dollar
Ini adalah koin 1 dolar pertama yang diproduksi oleh US Mint. Koin bernilai historis ini diproduksi pada 1794 dan 1795 dengan komposisi 10 persen tembaga dan 90 persen perak. Keberadaan yang langka dan usia yang sangat tua membuat koin ini dijual seharga $ 10 Juta atau Rp 121 Miliar pada Januari 2013.

Uang Kuno yg Mahal


Demikianlah daftar uang kuno atau lama yang mahal di Indonesia dan dunia, berupa uang koin antik maupun uang kertas kuno yang banyak dicari beserta harganya.
Sumber :

Tag : Uang Kuno
Back To Top