Cara Mencegah Asam Urat


Bagaimana cara mencegah asam urat ? Pada asam urat biasanya ada dua jenis perawatan. Karena perawatan yang dilakukan memiliki dua tujuan utama yaitu untuk meredakan gejala asam urat dan mencegah serangan berulang.

Pengobatan asam urat yang bisa diterapkan untuk meredakan gejala asam urat adalah dengan menempelkan kantung atau kain berisi es pada persendian yang terkena. Atau minum obat pereda nyeri dan obat steroid.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah asam urat datang. 

Hindari makanan manis
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa gula juga bisa menjadi penyebab potensial asam urat. Menurut para ahli, jenis gula yang dapat menyebabkan risiko tinggi asam urat adalah fruktosa. Jenis gula ini sering ditemukan dalam makanan olahan dan minuman kemasan. 

Fruktosa diserap lebih cepat oleh tubuh daripada gula dari makanan yang mengandung gula alami. Ini dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan jumlah asam urat yang lebih tinggi. 

Minumlah lebih banyak air 
Sebagai tindakan pencegahan agar asam urat tidak kambuh, Anda disarankan minum banyak air sebanyak 2 hingga 4 liter per hari. Alasannya, minum banyak air membantu ginjal membuang asam urat lebih cepat. 

Hindari alkohol 
Minum alkohol bisa membuat Anda lebih dehidrasi yang juga memicu kadar asam urat tinggi. Ini terjadi karena ginjal harus terlebih dahulu menyaring alkohol yang masuk ke dalam darah daripada asam urat dan limbah lainnya. 

Pertahankan berat badan ideal 
Kenaikan berat badan dapat meningkatkan kadar asam urat karena sel-sel lemak menghasilkan lebih banyak asam urat daripada sel otot. Selain itu, kelebihan berat badan dapat menyulitkan ginjal untuk menyaring asam urat. 

Mengurangi stres 
Stres dapat meningkatkan peradangan. Peradangan dapat memicu tingginya kadar asam urat. Melakukan teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga dapat membantu mengurangi tingkat stres.

Cara Mencegah Asam Urat

Adapun cara pencegahan lainnya adalah :
- Menghindari makanan yang memiliki purin tinggi.
- Minumlah kopi secukupnya.
- Konsumsi Buah-buahan yang Memiliki Antioksidan Tinggi.
- Berolahraga secara teratur

Artikel menarik lainnya :
- obat asam urat tradisional dan pantangannya
- makanan untuk penderita asam urat
- makanan penyebab asam urat
- pantangan asam urat
- cara mengobati asam urat dengan jahe
- gejala asam urat
- cara menyembuhkan asam urat secara total
- asam urat normal

Sumber :

Tag : Asam Urat
Back To Top