Pilih Satu Blog atau Beberapa Blog Multi Tema ?


Satu pertanyaan yang sering Saya dapatkan dari banyak blogger baru adalah ; Saya tertarik pada banyak topik. Haruskah saya memiliki hanya satu blog atau beberapa blog yang berbeda ?

Jawaban cepatnya adalah ; yang terbaik adalah fokus pada satu blog saja dan blog itu harus memiliki fokus yang jelas alias niche.

Saya akan menjelaskan lebih banyak tentang mengapa itu, dan bagaimana Anda bisa melakukan itu.
Katakanlah Si Udung tertarik untuk menulis tentang perjalanan, makanan, perbaikan diri, blogging, dan musik. Dia mungkin memulai sebuah blog yang mencakup semua topik ini, tapi itu akan menjadi sulit untuk menarik minat pembaca, karena jarang yang tertarik dalam semua tema yang disebutkan di atas.

Anda mungkin berpikir, bahwa solusi terbaik adalah untuk Si Udung adalah memiliki lima blog yang berbeda, satu untuk blog tentang  perjalanan, satu blog tentang makanan dan sebagainya. Namun membangun hanya satu blog saja sudah membutuhkan banyak waktu dan energi, dan pemisahan usaha Anda di lima blog yang berbeda adalah sama dengan mengundang kelelahan.

Inilah yang Saya sarankan :

Carilah topik terkait tentang kepentingan Anda
Kemungkinan, beberapa kepentingan Anda akan memiliki tumpang tindih. Misalnya, Udung mungkin memutuskan untuk menulis tentang makanan yang berbeda dari seluruh dunia (menggabungkan tema travel dan makanan), atau mungkin menulis blog yang ditujukan untuk jenis kewirausahaan (menggabungkan motivasi diri dan blogging).

Cara ini bisa menjadi cara yang baik untuk menemukan ceruk, tanpa terlalu banyak mempersempit fokus Anda. Hal ini juga memberikan kemungkinan atau ruang lingkup untuk menulis tentang kedua topik tersebut. Dengan hanya satu blog, Anda akan memiliki banyak waktu untuk posting secara teratur dan untuk mempromosikan posting Anda.

Melakukan guest post pada topik lain
Jika Anda punya rasa ketertarikan terhadap beberapa tema, cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menjadi tamu posting di blog lain.  Anda tidak perlu membuat banyak blog dengan tema yang cocok. Idealnya, Anda membuat posting tamu dengan topik yang Anda sukai, misalnya jika blog utama Udung adalah tentang perbaikan diri dan blogging, dia mungkin melakukan posting tamu tentang musik.

Mengapa satu blog sudah dianggap cukup ?
Anda mungkin masih tidak yakin bahwa fokus dengan hanya satu blog adalah ide yang terbaik. Mungkin Anda berpikir Anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk sukses jika Anda mulai membuat dua atau tiga blog dan memilih mana yang paling populer. Masalahnya adalah benar-benar sulit untuk menumbuhkan lebih dari satu blog pada satu waktu.

Jika Anda memiliki tiga blog, maka Anda harus :
  • Memisahkan  masing-masing akun Twitter dan halaman Facebook.
  • Memposting artikel secara teratur pada masing-masing blog yang sering berarti penyebab penurunan kualitas tulisan karena Anda menargetkan banyak tulisan.
  • Meluangkan waktu khusus untuk mempromosikan blog masing-masing. Mendapatkan 1.000 pelanggan pertama Anda mungkin adalah bagian yang paling sulit dan Anda harus berjuang 3 kali lipat.
  • Memang pada awalnya mudah menemuka gagasan untuk setiap blog, tetapi Anda mungkin akan cepat kehabisan topik yang ingin  Anda tulis.
Mayoritas  blogger yang sudah mempunyai nama besar di planet ini hanya memiliki satu blog yang mereka jalankan, walaupun memang ada beberapa pengecualian. Misal saja : Darren Rowse mempunyai ProBlogger dan Digital Photography School, Daniel memiliki banyak blog selain Daily Writing Tips.

Seorang blogger besar, yang menjalankan dua blog atau lebih pun tidak bisa menjalankannya sendiri tapi juga bergantung  pada posting tamu dan membayar penulis/editor. Jadi, kecuali Anda berada dalam posisi untuk melakukan itu, Saya menyarankan Anda tetap menjalankan satu blog saja untuk saat ini.

Jika blog pertama Anda cemerlang, menarik audiens yang besar, dan mendapatkan banyak pengiriman posting tamu berkualitas tinggi  dari blogger yang tertarikmenampilkan tulisannya di sana, maka tentu saja Anda bisa meluncurkan sukses besar berikutnya !


Back To Top