Pengertian Bekerja Menurut Para Ahli


Setiap hari kita semua bekerja untuk mendapatkan penghasilan. Ya semua orang bekerja karena menginginkan uang termasuk Saya sendiri. Saya sekarang sedang nulis artikel tentang pengertian bekerja di blog ini, berharap agar ada pengunjung yang nyangkut membaca artikel Saya dan mengklik iklan dari Google yang tampil. Semakin banyak yang lihat iklan Saya, berarti hasil Saya bekerja lewat blog ini nggak sia-sia.

Kembali ke tema awal, tentang arti atau definisi atau pengertian bekerja. Maaf ya, artikel ini memang dikhususkan bagi anak-anak sekolah yang sedang punya PR tentang pengertian bekerja. Apa sih arti bekerja itu ? Bekerja adalah bentuk aktifitas fisik maupun pikiran manusia yang menyelesaikan suatu tugas yang dibebankan oleh pemberi kerja dan sepantasnya akan mendapatkan imbalan berupa upah atau royalti atau gaji sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku atau perjanjian.

Beragam tujuan orang bekerja mencari penghasilan. Ada karena tuntutan kebutuhan rumah tangga, karena ingin membeli rumah, karena ingin menikah, karena ingin membayar utang, karena sudah lulus S1 atau S2, karena ingin berbakti, karena ingin mengamalkan ilmunya dan lain sebagainya. Tentunya, gaji yang diterima ada yang sesuai dan ada yang tidak sesuai dengan harapan, ada yang cukup berlimpah sehingga bisa menabung dan ada juga yang menerima gaji tidak sepantasnya sehingga tidak cukup untuk kebutuhan sehari-hari pun.

Karena dengan kenyataan itulah, maka seorang yang beragama harus bekerja dengan tujuan ibadah. Kalau niatnya ibadah insya Allah akan menjadi pahala yang tinggi walaupun gajinya tidak seberapa. Mungkin di dunia mendapatkan bagian yang kecil, tapi kalau gajinya disyukuri, bekerjanya ikhlas, pasti Allah akan memberi rizki dari jalan lain yang tidak disangka-sangka. Intinya, bagi seorang muslim adalah bekerjalah sepenuh hati apa yang bisa dilakukan sesuai kemampuan dengan cara halal, hasilnya tentu Allah yang menentukan.


Pengertian Bekerja Menurut Para Ahli


Namun kita tetap harus berusaha agar hari ini lebih baik dari hari kemarin karena seorang muslim yang hebat adalah yang hari ini keuntungan bekerjanya lebih baik dari hari kemarin. Bagaimana caranya ? Keuntungan yang kita peroleh harus disisihkan untuk membeli ilmu atau keahlian. Misalnya, Saya sebagai seorang blogger, tentu ingin mendapatkan penghasilan tidak hanya 3 digit dollar tiap bulannya, tapi pingin juga mendapatkan 4 digit dollar tiap bulan. Bagaimana Saya seharusnya merealisasikan target Saya ? Saya akan menyisihkan sebagian penghasilan untuk membeli tutorial ebook atau video tentang keahlian adsense kepada orang yang sudah berpengalaman di bidang itu. Atau bisa saja Saya ikut kursus atau seminar atau webinar tentang adsense dan lain sebagainya untuk meningkatkan kemampuan menulis di blog.

Apakah cukup dengan itu ? Belum, seperti tadi Saya sebutkan bahwa bekerja itu harus diniatkan ibadah. Maka disamping ilmu dunia yang perlu kita tambah, ilmu keagamaan pun selayaknya kita beli. Kita harus meningkatkan kemampuan ilmu agama, praktek ibadah, rajin bersedekah dan juga berdoa. Dengan demikian ada keseimbangan antara keduanya sehingga ketika kita bekerja dan telahmenghasilkan puluhan atau ratusan juta rupiah, maka kita selalu ingat dari mana uang tersebut dan untuk apa uang itu harus digunakan ?

Maaf bukan bermaksud menggurui, tapi Saya hanya mengeluarkan unek-unek untuk mengingatkan Saya khususnya dan sahabat-sahabat Saya yang masih bekerja mencari penghasilan di internet namun tidak berimbang antara kebutuhan dunianya dan akhiratnya. Ada sebagian sahabat yang terlalu bersemangat mencari uang sehingga lupa akan agama.

Itulah sedikit informasi tentang pengertian bekerja menurut pendapat Saya, mohon maaf sekiranya kalau artikelnya kurang membantu. Tapi kalau sekiranya membantu, tolong dishare ya. Makasih.

Tag : bekerja
Back To Top