Mata Uang Arab Saudi


Riyal Arab Saudi adalah mata uang Arab Saudi. Menurut situs xe.com, berdasarkan pemeringkatan mata uang, mata uang Riyal ini sangat populer dengan alat tukar mata uang India. Kode mata uang Riyal adalah SAR.


Sejarah Riyal Arab Saudi 

Sebelum abad ke-20, mata uang asing seperti Maria Theresa Thalers dan British Gold Sovereigns beredar dan dipakai untuk melayani kebutuhan moneter di Arab Saudi, dengan nilai tukar 1 Gold Sovereigns  sama dengan 5 Theresa Thalers. Pada awal 1900-an, Hijaz Riyal dikeluarkan sebagai mata uang resmi.

Ketika Arab Saudi didirikan pada tahun 1932, Riyal Saudi diperkenalkan. Nilai tukarnya mengalami beberapa perubahan sepanjang sejarah, dengan 1 riyal awalnya dianggap sama dengan 22 koin qurush. Pada tahun 1960, nilai 1 Riyal berubah menjadi 20 koin qurush. Pada tahun 1952, Badan Moneter Arab Saudi (SAMA) didirikan, dengan berbagai reformasi yang dilakukan dalam rangka membangun sistem mata uang tunggal. Pada tahun 1963, mata uang itu dikonversi ke sistem desimal dan memperkenalkan subunit baru yang disebut Halala, membagi riyal menjadi 100 bagian yang sama.

Nah, itulah sedikit informasi tentang mata uang Arab Saudi. Eh ngomong-ngomong kira-kira jam berapa sekarang di arab saudi yah ? Maklum orang yang bisnis forex kan harus tahu jam lokal dimana mata uang diperdagangkan.

Back To Top