Waktu Tidur Bayi


Berapa lama waktu tidur bayi yang dibutuhkan setiap hari ? Kapan sebaiknya anak tidur waktu malam hari ? Berapa lama tidur siang yang normal ?

Berikut ini perkiraan kasar berapa lama bayi atau anak harus tidur, tapi ingat bahwa waktu tidur yang baik tiap anak pasti sedikit berbeda, mungkin ada yang memerlukan lebih sedikit atau kurang daripada yang lainnya.

Bayi 2 bulan
Total tidur : 16-18 jam
Tidur malam hari: 8-9 jam
Tidur siang: 7-9 jam (3-5 kali tidur siang)

Bayi 2-4 bulan
Total tidur: 14-16 jam
Tidur malam hari: 9-10 jam
Tidur siang: 4-5 jam (3  kali tidur siang)

Bayi 4-6 bulan
Total tidur: 14-15 jam
Tidur malam hari: 10 jam
Tidur siang: 4-5 jam (2-3  kali  tidur siang)

Bayi 6-9 bulan
Total tidur: 14 jam
Tidur malam hari: 10-11 jam
Tidur siang: 3-4 jam (2  kali tidur siang)

Bayi 9-12 bulan
Total tidur: 14 jam
Tidur malam hari: 10-12 jam
Tidur siang: 2-3 jam (2  kali  tidur siang)

Bayi 12-18 bulan
Total tidur: 13-14 jam
Sleep malam hari: 11-12 jam
Tidur siang: 2-3 jam (1-2  kali  tidur siang)

Bayi 18 bulan - 2 tahun
Total tidur: 13-14 jam
Tidur malam hari: 11 jam
Tidur siang: 2 jam (1  kali  tidur siang)

Anak 2-3 tahun
Total tidur: 12-14 jam
Tidur malam hari: 10-11 jam
Tidur siang: 1-2 jam (1  kali  tidur siang)

Anak 3-5 tahun
Total tidur: 11-13 jam
Tidur malam hari: [10-11] 10-13 jam
Tidur siang: 0-1 jam (tidur siang biasanya berhenti pada usia 5 tahun)

Anak 5-12 tahun
Total tidur: 10-11 jam
Tidur malam hari: 10-11 jam

Tips tidur bayi yang baru lahir 2 bulan
Bayi baru lahir tidur di antara interval 2 sampai  4 jam, bangun untuk makan. Bayi usia ini cenderung terlihat gelisah saat tidur. Karena refleks mereka belum dapat dikendalikan, maka sudah umum untuk melihat lengan dan kaki mereka berkedut, tersenyum dan mengisap suara. Bayi yang baru lahir tidak tahu bagaimana menenangkan diri untuk tidur, sehingga Anda perlu membantu dengan trik khusus seperti menggunakan dot, menggoyang dan menyusui. Ingat, tidak ada hal lain kecuali memanjakan bayi yang baru lahir, jadi sangat OK kalu berpelukan dengan bayi untuk membantunya tertidur.

Tips tidur bayi 2-4 bulan 
Bayi usia ini bisa tidur selama enam jam di malam hari, dan bisa lebih lama dari jadwal tidur siangnya. Untuk mendapatkan rutinitas tidur yang baik, pastikan untuk bermain dan mengekspos dia pada paparan sinar matahari dan menghindari ruangan gelap seca berlebihan. Mulailah rutinitas tidur sebelum tidur seperti mandi, makan, sehingga dapat membantu bayi siap untuk tidur di malam hari dengan nyenyak.

Tips tidur bayi 4-6 bulan
Bayi usia ini akan mulai berhenti menyusui malam hari, dan biasanya siap untuk tidur di malam hari selama enam sampai 12 jam. Penelitian menunjukkan sekitar 60 persen bayi tidur sepanjang 6 bulan, dan 80 persen melakukannya selama 9 bulan. Ingat, semua bayi kadang-kadang bangun pada malam hari, tetapi mereka telah belajar bagaimana untuk kembali tidur sendiri.

Tips tidur bayi 6-12 bulan
Sejumlah bayi berhenti tidur sepanjang malam karena kecemasan. Bayi tahunya Anda di sekitar dia walaupuan dia tidak bisa melihat Anda, dan akan cemas ketika dia bangun. Segera memeriksa bayi Anda jika menangis, tapi dengan kunjungan singkat saja bukan untuk memberinya makan. Coba untuk mengusapi punggungnya, menyanyikan lagu ninabobo untuk menenangkannya.

Tips tidur bayi 1-2 tahun
Balita aktif dapat mengalami kesulitan mendapatkan suasana santai di malam hari sehingga menyebabkan terganggunya waktu tidur. Cobalah untuk menjaga hal-hal setenang mungkin di malam hari, dengan menempel kegiatan menenangkan seperti mandi dan cerita. Ia juga harus dicoba untuk tidur sendiri tanpa tidur dengan Anda.

Tips tidur anak 2-5 tahun
Balita dan anak prasekolah biasanya menunda-nunda dan menolak disusruh tidur, keluar dari tempat tidur ketika mereka bangun di malam hari, dan ada rasa takut. Biasakan tidur terjadwal, pastikan anak-anak Anda memahami aturan dan konsisten dengan aturan itu. Gunakan lampu malam atau lampu tidur yang bisa menghibur anak-anak karena mereka cenderung takut gelap.

Tips tidur anak 5-12 tahun
Melakukan tugas PR, jadwal sosial yang penuh, komputer dan waktu nonton TV cenderung untuk mendorong kembali tidur. Jangan mengkonsumsi soda atau minuman kafein serta kurangi menonton TV sebelum tidur dapat membantu tidur berkualitas. Anak-anak dengan kamar tidur yang gelap, dingin dan tenang, tanpa TV atau komputer cenderung tidur lebih baik dibandingkan dengan kamar dengan berbagai gangguan.

Tag : waktu tidur
Back To Top