Pengertian Gaji 14


Anda masih belum tahu pengertian gaji 14 ? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian, karena Saya juga berawal dari ketidaktahuan akhirnya Saya nyari sendiri di Google dan akhirnya dapat dan Saya share kembali lewat blog ini.

Dari informasi yang Saya peroleh bahwa yang namanya gaji 14 adalah istilah lain dari THR. THR merupakan pengganti dari kenaikan gaji PNS setiap tahunnya, namun besaran THR lebih kecil dari gaji ke-13, yakni satu kali gaji pokok. Sedangkan untuk gaji ke-13 meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan, dan tunjangan lain, seperti penghasilan PNS yang biasa diterima setiap bulan.

THR atau gaji ke-14 dialokasikan untuk membantu memenuhi kebutuhan PNS saat merayakan Idul Fitri. Pasalnya, menjelang hari raya, kebutuhan PNS meningkat. Adapun mekanisme pencairan gaji ke-14 ini sama persis dengan mekanisme pencairan gaji ke-13.

Selain untuk meningkatkan kesejahteraan PNS, kebijakan pemberian gaji ke-14 ini akan membantu meringankan beban fiskal pemerintah. Pensiunan PNS juga akan mendapatkan gaji ke-14, namun besarnya hanya 50 persen.

Jika dibandingkan dengan kenaikan gaji berkala yang hanya sebesar empat persen dan tidak signifikan maka gaji ke 14 ini lebih bermanfaat buat PNS karena pemberian THR bernilai satu kali gaji pokok per bulan.

Adanya gaji ke-14 ini bisa digunakan untuk Lebaran dan bagi kebahagiaan keluarga. Buruh saja dapat THR, masa PNS tidak dapat. Kesejahteraan PNS tidak menurun dengan kebijakan meniadakan kenaikan gaji berkala. Sebaliknya, kesejahteraan PNS meningkat karena adanya THR.


Kenaikan gaji berkala itu, misalnya gaji Anda Rp 2 juta, kenaikan empat persen, artinya naiknya hanya Rp 80.000, kecil sekali, coba bandingkan dengan gaji 14 yang besarnya 1 kali gaji pokok. Mau yang mana ? Kenaikan gaji berkala atau gaji 14 ?

Lalu bagaimana dengan nasib honorer ? Anda pasti sudah bisa menduga. Honorer selalu jadi tumbal saja, tidak pernah diperhatikan nasibnya oleh pemerintah. PNS saja yang sekarang digedein gajinya. Contoh guru PNS, sekarang makin tinggi sekali gajinya, namun banyak yang males ngajar, anak dibiarkan ramai begitu saja di kelas. Ini bukan omdo, tapi fakta, karena dialami Saya sendiri sama anak Saya sendiri.

Anak Saya SD kelas 1, namun tiap hari buku tulisnya kosong. Gurunya tidak ngajar padahal ada. Dengan agak kesal akhirnya Saya langsung pindahkan ke SD yang lebih keren yang gurunya nggak makan gaji buta.

Memang tidak semua guru seperti itu, tapi Saya menemukan banyak kasus juga di daerah lain yang diviralkan lewat media sosial. Bahkan mereka yang lebih peduli, sangat geram melihat kebobrokan yang terjadi saat ini di dunia pendidikan.

Belum lagi di bidang lainnya seperti yang sedang Saya alami di dunia perusahaan ayam. Tapi sudahlah, Saya nggak akan meneruskannya karena tema saat ini adalah tentang pengertian gaji 14.

Saya pikir artikel ini Saya akhiri dulu, semoga bermanfaat. Info lain yang sering dicari dan masih berhubungan dengan tema di atas adalah :
- apa itu gaji 14
- jumlah gaji 13
- berapa gaji 13 pns
- apa yang dimaksud gaji 13 dan 14
- beda gaji 13 dan 14
- komponen gaji ke 13
- pengertian gaji 13 adalah
- perhitungan gaji 13

Back To Top